KREATIFITAS DAN KEWIRAUSAHAAN !!!
KEWIRAUSAHAAN
Untk pihak perusahaan jika ingin tetap bertahan dalam dunia persaingan
bisnis hendak lah didalam perusahaan itu terlibat Sumber Daya Manusia ( SDM)
yang kreatif dan inofatif agar dalam menunjukkan kinerjanya diperusahaan
benar-benar maksimal dan benar-benar member pengaruh yang positif untuk
keberlangsungan perusahaan. Dengan terlibanya SDM yang seperti itu mampu menjadikan
perusahaan efektif dan efisien dari segala bidangnya baik dalam pemanfaatan
waktu maupun dalam pemanfaatan epeluang-peluang nantinya.
Jiwa
wirausaha harus ditumbuhkan sejak usia muda, karena pada usia ini sebenarnya
banyak potensi-potensi yang bisa dimanfaatkan baik yang sudah tergali maupun
yang harus digali lagi.ada 5 motifasi utama kenpa Jiwa Wirausaha harus
ditumbuhkan dari usia muda, yaitu:
1.
Penduduk
Usia Kuliah, yang bisa menikmati bangku perguruan tinggi, hanya masih berkisar
diangka 10%-20%,
Ini menunjukkan bahwa dipundak mahasiswa
ada beban yang harus ditanggung, pemuda-pemuda yang mampu menduduki bangku
perkuliahan harusnya mampu member peluang kepada orang-orang yang tidak
seberuntung dia, peluang dengan menciptakan lapangan usaha, sehingga bisa
menyedot tenaga kerja dari sekitar lingkungan sehingga bisa mengurangi
pengangguran dan membantu menaikkan taraf hidup masyarakat
2.
TKI/TKW
Dengan adanya pemuda/pemudi yang kreatif
dan mampu membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat setidaknya bisa
mengurangi, hasrat orang untuk menjadi TKI keluar negri, tidak ada lagi yang
harus disiksa diluarsana karena profesinya yang hanya seorang pembantu
3.
Kelas
Menengah Meningkat
Melihat kondisi sekarang yang kebanyakan
orang yang berpenghasilan menengah cukup mengalami penigkatan terbukti dengan
ramainya tempat angkringan, ramainya mall, ramai nya pengunjung food court, dan
lainnya, melihat hal seperti ini harusnya banyak orang yang bisa menggunakan
peluang ini untuk menyediakan fasilitas- fasilitas guna menarik keuntungan dari
kondisi masyarakat sekarang.
4.
Segala
hal yang menunjang untuk belajar berwirausaha sudah mudah ditemukan, banyak
kesempatan yang disediakan oleh perusahaan, pemerintah untuk meningkatkan minat
wirausaha muda agar mampu berwirausaha setidaknya menjadikan mamdiri dalam
kehidupannya sendiri kalaupun belum mampu untuk memberikan kesempatan kerja
kepada orang lain
5.
Sudah
banyak fasilitas premium dan gratis, tinggal bagaimana pemuda melihat peluang
itu, misalnya dunia online, membuka kesempatan untuk berwirausaha tanpa ribet
misalnya melaui twitter, facebook, blog dan lain sebagainya yang sekarang
gratis.
MARKETING
IS BULSHIT
1.
Hoki
itu kebetulan :
Sejatinya hoki itu bukan kebetulan, hoki
itu terletak pada bagaimana usaha kita dalam mempromosikan produk kita agar
mendapat tempat dihati masyarakat, seberapa gencar kita melakukan promosi,
seberapa besar kreatifitas kita dalam menuju target pasar yang ingin dicapai.
2.
Terobosan
adalah pemborosan
Sebenarnya terobosan itu bukalan
pemborosan, tapi terobosan itu harus dilakukan untuk mendapatkan
inovasi-inovasi terbaru untuk menunjang keberhasilan proses promosi agar produk
yang di usung mendapat tempat dihati masyarakat.
3.
Terobosan
bukan keharusan,
ini mitos karena terobosan demi terobosan harus dilakukan
karena, setiap zaman akan mengalami perubahan demi perubahan termasuk selera
konsumen terhadap produk jiak tampilannya hanya seperti itu saja dari masa ke
masa, maka konsumen akan merasa bosan.
4.
Diferensiasi
sukar untuk dikreasi,
ini merupakan mitos karena diferensiasi itu sebenarnya
sangat mudah untuk dikreasi, misalnya dengan produk yang sama mungkin hanya
dikreasi dari kemasan atau dari namanya saja cukup membuat orang merasa
penasaran dan mungkin bisa tertarik untuk mencobanya.
5.
Kegigihan
adalah segalanya
Ini juga mitos, karena kegigihan itu
bukan segala-galanya yang diutuhkan adalah daya kreatifitas kita ketika ingin
mempromosikan produk
6.
Perlu
metode untuk hasilkan ide
Mitos lagi, karena sejujurnya ide itu muncul
tanpa ada metode khusus, boleh dibilang ide itu spontanitas namun juga harus
difikirkan tindakan ketika ide itu muncul.
7.
Segala
sesuatunya serba terbatas,
apapun itu sebenarnya tidak terbatas misalkan untuk
ide saja,, kalau kita tidak bisa memunculkansecara spontan mungkin bisa mencari
referensi melalui internet, seminar juga bisa menjadi inspirasi bagi
orang-orang yang jeli meliat peluang
8.
Laba
adalah raja
Laba
itu sebenarnya bukan raja, untuk zaman sekarang tak banyak orang yang masih
menganggap laba itu raja karena banyak
sisi yang harus diperhatikan terhadap suatu produk.
Keterampilan Berpikir yang anda
butuhkan untuk Memecahkan Aneka Masalah secara Kreatif (http://selaluadasolusinya.blogspot.com/2011/01/marketing-is-bullshit.html)
MARKETING
1.
M.1.O
Dalam jenis ini yang mendominasi adalah
rasional seseorang karena, ketika prinsip ini berlaku, yang merasa beruntung
adalah yang emiliki modal besar dan fasilitas cukup. Karena pada jenis ini
prinsipnya adalah ; bikin produk- jual-bikin produk-jual. Inilah siklus yang
selalu berlangsung
2.
M.2.O
ini lebih maju sedikit dari M.1.O karena
disini orang tidak hanya memikirkan hasil barang jadi saja, disnis sudah mulai
dipertimbangkan sebenarnya selera konsumen itu sperti apa dankebutuhan konsumen
itu bagaimana. Sehingga sudah mulai selektif disini.
3.
M.3.O
dari
ketiga jenis ini, mungkin inilah yang paling bagus diterapkan karena disini
banyak hal yang dipertimbangkan :
·
Mempertimbangkan sisi religi, misalkan produk
makanan halal atau tidak
·
Mempertimbangkan
efek terhadap konsumen apakah benar-benar dibutuhkan atau hanya pelengkap saja
·
Konsumen
juga semakin cerdas dan selektif
Contoh kasusnya
: pabrik roti yang mempekerjakan orang cacat ental yang untung dari pabrik roti
itu dibagi dengan yayasan yang merawat orang- orang cacat mental sehingga,
membuat hati konsumen tersentuh untuk membeli roti itu karena tahu untung yang
diperoleh tidak untuk perusahaan semuanya tapi dibagi dengan yayasan sehingga
ada nilai sosialnya disini.
BISNIS MODEL
KANFAS
·
VP
: adalah nilai lebih suatu produk, karena zaman sekarang orang tidak hanya memikirkan harga murah saja tapi juga
memikirkan kenyamanan dalam mendapatkan produk tersebut.
·
CS
( Costumer Segmen) : mengkategorikan
konsumen/ calon pelanggan berdasarkan kategori-kategori tertentu. Misalkan
berdasarkan gaya hidup agar tidak salah sasaran
·
Chanel
: setelah diputuskan segmen mana yang akan diambil, maka chanel yang digunakan
juga harus tepat agar produk sampai ketangan
konsumen dan tidak boros biaya
·
CR(
Costumer Relationship) disinilah peran
produsen yang harus memikirkan bagaimanapuncaranya agar konsumen yang tadi bli
hanya coba-coba,pada akhirnya menjadi langganan
·
K.
Aktifitas : aktifitas utama untuk menjaga dan mempertahankan value yang ada
dalam produk
·
K.
resources : pemilihan sumber bahan baku
benar- benar dijaga agar produk bertahan kualitasnya.
·
K.
partnership : menjaga hubungn saling menguntungkan dan tepat akan menikkan brand kita
·
Revenue Steam : bagaimana caranya menjaga
penghasilan lebih tinggi dari pada biaya-biaya agar tidak mengalami kerugian
·
Cost
structure : disini untuk menaikkan brand, mungkin biaya tidak jadi masalah.
KREATIF SAMPAI MATI
ulasan :
ada 17 poin penting disini
- cari dunia mu
- berfikir berbagai arah
- rekam dan remix
- lakukan hal spontan
- bagaimana kalau
- bikin lengket
- rangkul keterbatasan
- informa ke formal
- introvert is cool
- jangan kalah start
- mampu mengurai
- hadapi si otak kadal
- out of the box
- setiap karya ada peminatnya
- tetap gembol selalu
- fleksibel saja
- monoton ? no way!
bagaimanapun keadaan kita, sebenarnya tidak jadi masalah yang penting disni adalah bagaimana kita memanfaatkan kesem[patan yang ada : entah itu kita seorang introvert atau pun yang multi tasking, kesempatan sukses ada di setiap hadapan kita, tergantung bagaimana kita mencari dan memanfaatkan keadaan karena dalam buku Sila ke 6 karya Wahyu aditia, disana dituangkan semua yang mungkin pernah dialami oleh orang-orang. kata kunci untuk memperoleh kesuksesanadalah kreatif dan inovatif.
ketika kita merasakan ada benturan masalah pasti selalu ada jalan yang disediakan contohnya saja pada butir "ragkul keterbatasan" mungkin Allah memberi kecacatan fisik pada orang tersebut, sehingga geraknya terbatas, disisi lain allah memberikan suatu kelebihan yang tak ternilai harganya, dia memiliki otak yang brilian, yang mampu melahirkan ide yang begitu luar biasa, sehingga walau dengan keterbatasan yang ada dia tetap bisa merasakan sukses dari sisi lainnya,.
poin yang mungkin paling banyak dialami orang adalah " otak kadal" maksudnya adalah terlalu memikirkan semua efek-efek yang mungkin timbul dengan kata utama yang keluar adalah "takut" takut gagal... takut salah.. takut ini... takut itu,,, dan segala macanm.. padahal kata takut itu harusnya diperuntukkan buat yang menciptakan kita saja,, sehingga otak kadal seperti ini harus di hadapi jika kita ingin merasakan proses kesuksesan kita, sehingga dengan begitu banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperluas wawasan dan pengtahuan salah satunya melalui wirausaha.
DITULIS OLEH : WIKE ERYANDA : )
okeeeh
BalasHapus