Senin, 16 Desember 2013

Wike Eryanda

WIKE ERYANDA

KREATIFITAS DAN KEWIRAUSAHAAN !!!

 
KEWIRAUSAHAAN


 Untk pihak perusahaan jika ingin tetap bertahan dalam dunia persaingan bisnis hendak lah didalam perusahaan itu terlibat Sumber Daya Manusia ( SDM) yang kreatif dan inofatif agar dalam menunjukkan kinerjanya diperusahaan benar-benar maksimal dan benar-benar member pengaruh yang positif untuk keberlangsungan perusahaan. Dengan terlibanya SDM yang seperti itu mampu menjadikan perusahaan efektif dan efisien dari segala bidangnya baik dalam pemanfaatan waktu maupun dalam pemanfaatan epeluang-peluang nantinya.
Jiwa wirausaha harus ditumbuhkan sejak usia muda, karena pada usia ini sebenarnya banyak potensi-potensi yang bisa dimanfaatkan baik yang sudah tergali maupun yang harus digali lagi.ada 5 motifasi utama kenpa Jiwa Wirausaha harus ditumbuhkan dari usia muda, yaitu:
1.      Penduduk Usia Kuliah, yang bisa menikmati bangku perguruan tinggi, hanya masih berkisar diangka 10%-20%,
Ini menunjukkan bahwa dipundak mahasiswa ada beban yang harus ditanggung, pemuda-pemuda yang mampu menduduki bangku perkuliahan harusnya mampu member peluang kepada orang-orang yang tidak seberuntung dia, peluang dengan menciptakan lapangan usaha, sehingga bisa menyedot tenaga kerja dari sekitar lingkungan sehingga bisa mengurangi pengangguran dan membantu menaikkan taraf hidup masyarakat

2.      TKI/TKW
Dengan adanya pemuda/pemudi yang kreatif dan mampu membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat setidaknya bisa mengurangi, hasrat orang untuk menjadi TKI keluar negri, tidak ada lagi yang harus disiksa diluarsana karena profesinya yang hanya seorang pembantu

3.      Kelas Menengah Meningkat
Melihat kondisi sekarang yang kebanyakan orang yang berpenghasilan menengah cukup mengalami penigkatan terbukti dengan ramainya tempat angkringan, ramainya mall, ramai nya pengunjung food court, dan lainnya, melihat hal seperti ini harusnya banyak orang yang bisa menggunakan peluang ini untuk menyediakan fasilitas- fasilitas guna menarik keuntungan dari kondisi masyarakat sekarang.

4.      Segala hal yang menunjang untuk belajar berwirausaha sudah mudah ditemukan, banyak kesempatan yang disediakan oleh perusahaan, pemerintah untuk meningkatkan minat wirausaha muda agar mampu berwirausaha setidaknya menjadikan mamdiri dalam kehidupannya sendiri kalaupun belum mampu untuk memberikan kesempatan kerja kepada orang lain

5.      Sudah banyak fasilitas premium dan gratis, tinggal bagaimana pemuda melihat peluang itu, misalnya dunia online, membuka kesempatan untuk berwirausaha tanpa ribet misalnya melaui twitter, facebook, blog dan lain sebagainya yang sekarang gratis.


MARKETING IS BULSHIT


Marketing is Bulshit Mampu Menyulap Sakit Menjadi Duit

Penjelasannya 
1.      Hoki itu kebetulan : 
    Sejatinya hoki itu bukan kebetulan, hoki itu terletak pada bagaimana usaha kita dalam mempromosikan produk kita agar mendapat tempat dihati masyarakat, seberapa gencar kita melakukan promosi, seberapa besar kreatifitas kita dalam menuju target pasar yang ingin dicapai.

2.      Terobosan adalah pemborosan
Sebenarnya terobosan itu bukalan pemborosan, tapi terobosan itu harus dilakukan untuk mendapatkan inovasi-inovasi terbaru untuk menunjang keberhasilan proses promosi agar produk yang di usung mendapat tempat dihati masyarakat.

3.      Terobosan bukan keharusan, 
     ini mitos karena terobosan demi terobosan harus dilakukan karena, setiap zaman akan mengalami perubahan demi perubahan termasuk selera konsumen terhadap produk jiak tampilannya hanya seperti itu saja dari masa ke masa, maka konsumen akan merasa bosan.

4.      Diferensiasi sukar untuk dikreasi, 
    ini merupakan mitos karena diferensiasi itu sebenarnya sangat mudah untuk dikreasi, misalnya dengan produk yang sama mungkin hanya dikreasi dari kemasan atau dari namanya saja cukup membuat orang merasa penasaran dan mungkin bisa tertarik untuk mencobanya.

5.      Kegigihan adalah segalanya
Ini juga mitos, karena kegigihan itu bukan segala-galanya yang diutuhkan adalah daya kreatifitas kita ketika ingin mempromosikan produk

6.      Perlu metode untuk hasilkan ide
Mitos lagi, karena sejujurnya ide itu muncul tanpa ada metode khusus, boleh dibilang ide itu spontanitas namun juga harus difikirkan tindakan ketika ide itu muncul.

7.      Segala sesuatunya serba terbatas, 
    apapun itu sebenarnya tidak terbatas misalkan untuk ide saja,, kalau kita tidak bisa memunculkansecara spontan mungkin bisa mencari referensi melalui internet, seminar juga bisa menjadi inspirasi bagi orang-orang yang jeli meliat peluang

8.      Laba adalah raja
Laba itu sebenarnya bukan raja, untuk zaman sekarang tak banyak orang yang masih menganggap laba itu raja karena  banyak sisi yang harus diperhatikan terhadap suatu produk.
Keterampilan Berpikir yang anda butuhkan untuk Memecahkan Aneka Masalah secara Kreatif (http://selaluadasolusinya.blogspot.com/2011/01/marketing-is-bullshit.html)



MARKETING
1.     M.1.O

Dalam jenis ini yang mendominasi adalah rasional seseorang karena, ketika prinsip ini berlaku, yang merasa beruntung adalah yang emiliki modal besar dan fasilitas cukup. Karena pada jenis ini prinsipnya adalah ; bikin produk- jual-bikin produk-jual. Inilah siklus yang selalu berlangsung



2.     M.2.O

ini lebih maju sedikit dari M.1.O karena disini orang tidak hanya memikirkan hasil barang jadi saja, disnis sudah mulai dipertimbangkan sebenarnya selera konsumen itu sperti apa dankebutuhan konsumen itu bagaimana. Sehingga sudah mulai selektif disini.

3.     M.3.O
dari ketiga jenis ini, mungkin inilah yang paling bagus diterapkan karena disini banyak hal yang dipertimbangkan :
·          Mempertimbangkan sisi religi, misalkan produk makanan halal atau tidak
·         Mempertimbangkan efek terhadap konsumen apakah benar-benar dibutuhkan atau hanya pelengkap saja
·         Konsumen juga semakin cerdas dan selektif
Contoh kasusnya : pabrik roti yang mempekerjakan orang cacat ental yang untung dari pabrik roti itu dibagi dengan yayasan yang merawat orang- orang cacat mental sehingga, membuat hati konsumen tersentuh untuk membeli roti itu karena tahu untung yang diperoleh tidak untuk perusahaan semuanya tapi dibagi dengan yayasan sehingga ada nilai sosialnya disini.




BISNIS MODEL KANFAS






·         VP : adalah nilai lebih suatu produk, karena zaman sekarang orang tidak hanya  memikirkan harga murah saja tapi juga memikirkan kenyamanan dalam mendapatkan produk tersebut.



·         CS ( Costumer Segmen) :  mengkategorikan konsumen/ calon pelanggan berdasarkan kategori-kategori tertentu. Misalkan berdasarkan gaya hidup agar tidak salah sasaran

·         Chanel : setelah diputuskan segmen mana yang akan diambil, maka chanel yang digunakan juga harus tepat agar produk sampai ketangan  konsumen dan tidak boros biaya

·         CR( Costumer Relationship)  disinilah peran produsen yang harus memikirkan bagaimanapuncaranya agar konsumen yang tadi bli hanya coba-coba,pada akhirnya menjadi langganan

·         K. Aktifitas : aktifitas utama untuk menjaga dan mempertahankan value yang ada dalam produk

·         K. resources :  pemilihan sumber bahan baku benar- benar dijaga agar produk bertahan kualitasnya.

·         K. partnership : menjaga hubungn saling menguntungkan  dan tepat akan menikkan brand kita

·          Revenue Steam : bagaimana caranya menjaga penghasilan lebih tinggi dari pada biaya-biaya agar tidak mengalami kerugian

·         Cost structure : disini untuk menaikkan brand, mungkin biaya tidak jadi masalah. 



  KREATIF SAMPAI MATI
http://www.persakademika.com/wp-content/uploads/2013/05/suaraekonomi.com_.jpg


ulasan :
ada 17 poin penting disini
  1. cari dunia mu
  2. berfikir berbagai arah
  3. rekam dan remix
  4. lakukan hal spontan
  5. bagaimana kalau
  6. bikin lengket
  7. rangkul keterbatasan
  8. informa ke formal
  9. introvert is cool
  10. jangan kalah start
  11. mampu mengurai
  12. hadapi si otak kadal
  13. out of the box
  14. setiap karya ada peminatnya
  15. tetap gembol selalu
  16. fleksibel saja
  17. monoton ? no way!
dari 17 poin tersebut penulis mencoba menarik kesimpulanbahwa :
bagaimanapun keadaan kita, sebenarnya tidak jadi masalah yang penting disni adalah bagaimana kita memanfaatkan kesem[patan yang ada : entah itu kita seorang introvert atau pun yang multi tasking, kesempatan sukses ada di setiap hadapan kita, tergantung bagaimana kita mencari dan memanfaatkan keadaan karena dalam buku Sila ke 6 karya Wahyu aditia, disana dituangkan semua yang mungkin pernah dialami oleh orang-orang. kata kunci untuk memperoleh kesuksesanadalah kreatif dan inovatif.
ketika kita merasakan ada benturan masalah pasti selalu ada jalan yang disediakan contohnya saja pada butir "ragkul keterbatasan" mungkin Allah memberi kecacatan fisik pada orang tersebut, sehingga geraknya terbatas, disisi lain allah memberikan suatu kelebihan yang tak ternilai harganya, dia memiliki otak yang brilian, yang mampu melahirkan ide yang begitu luar biasa, sehingga walau dengan keterbatasan yang ada dia tetap bisa merasakan sukses dari sisi lainnya,.

poin yang mungkin paling banyak dialami orang adalah " otak kadal" maksudnya adalah terlalu memikirkan semua efek-efek yang mungkin timbul dengan kata utama yang keluar adalah "takut" takut gagal... takut salah.. takut ini... takut itu,,, dan segala macanm.. padahal kata takut itu harusnya diperuntukkan buat yang menciptakan kita saja,, sehingga otak kadal seperti ini harus di hadapi jika kita ingin merasakan proses kesuksesan kita, sehingga dengan begitu banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperluas wawasan dan pengtahuan salah satunya melalui wirausaha.



DITULIS OLEH : WIKE ERYANDA   : )























1 komentar: