wibawa mukti
Kewirausahaan
Menjadi wirausaha jadilah
wirausaha yang kreatif, karena orang yang kretif adalh orang yang mempunyai
nilai tambah dari segi efektifitas, efisien, value yag berbeda agar orang
tertarik.apabila menjadi wirausaha akan membuat positif yaitu bisa membuka
lapangan pekerjaan.
Dalam bisnis ada 8 mitos
yang berkaitan dengan bisnis dan orand-orang selalu beranggpan itu adalah
kebutuhan dan juga harus di hindari dan itu semua hanya mitos . inilah 8 mitos tersebut:
1.
Hoki itu kebetulan: memang hoki
itu adalah berkah tapi hoki juga bukan keberhasilan dalam usaha tapi bagai
marketing,promosi, dan kretivitas dalam usaha yang membuat usaha menjadi maju
2.
Terobosan adalah pemborosan:
orang yang berpikir terobosan adalah pemborosan adalah orang yang tidak mau maju,
terobosan perlu dilakukan untuk membuat orang /konsumen tidak bosan
3.
Terobosan bukan suatu keharusan:
jangan selalu melakukan terobosan karena terobosan bukan suatu keharusan , tapi
tindakan mendapatkan pasar.
4.
Differsiasi sukar u/dilakukan:
differensiasi harus dilakuakn karena sebagai identitas dan juga mempositioning
produk/jasa pada masyarakat.
5.
Kegigihan adalah segala-galanya:
kegigihan bukalah segala-galanya,karena kegigihan saja hanya sia-sia ,jadilah
orang kreatif, karena orang kreatif dia hanya perlu melihat peluang dan
bagaiman dijadikan value yang memliki efektivitas, dan efesiensi usaha.
6.
Segala sesuatu serba terbatas:
kalau sudah berpikri seperti itu adalah pkiran orangt yang gampang menyerah
buatlah/cari relasi untuk modal,carilah relasi yang bisa di ajak kerjasama agar
keterbatasan bisa di atasi
7.
Perlu metode untuk hasilkan ide:
kalau mencari ide pakai metode terlalu lama dan bisa-bisa ide yang ada mlah
hilang, kalau ada ide cepat buat/gambar. Lakukan dengan reflek seperti mengerem
motor.
8.
Laba adalah raja : kalau
berpikir laba adalah raja anda salah, kareana laba malah bisa membuat anda
tidak maju usaha , kalau laba dijadikan raja , malah untuk kemajuan usaha pelit untuk mengeluarkan usaha. Dan sedkah
sedikit laba anda karena dengan menginfakan sedikit uang anda telah membatu
orang yang kesusahan.dan itu akan dib alas oleh ALLAH SWT berlipat-lipat ganda
dengan berbagai bentuk kenikmatan.
Dalam usaha ada istilah m point o
Mo 1 =dalam usaha bikin produk yang banyak
lalu jual/rational marketing. Ini dulu pernah dilakukan Indofood dalam membuat
farina rasa mie.tapi sudah tidak dilakukan karena sudah banyak pesaing yang
sama.
Mo 2 =motional/sesuai kebutuhan: membuat
produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan masyarakat bukan sesuai kebutuhan
perusahaan itu sendiri. Dan itu perlu marketing research.contoh perusahaan
Samsung.dia bukan hanya membuat hp yang design bagus saja tapi juga memikirkan
apa sih kebutuhan masyarakat contoh nya perkotaan, mereka membutukan vitur yang
nyaman saat dipakai ada aplikasi yang membantu pada saat bekerja, dan itu
dilakuakan Samsung.
Mo 3= human spiritual mengarah pada hati
nurani, dalam bisnis untuk sekarang ini banayak orang sudah memahami bagaimana
menjadi konsumen yang baik .contohnya di inggris mereka menjual berlian dari
daerah konflik di afrika utara yang dimn pekerjatambang nya adalah budak
tawanan, setelah itu terkuak di media banyak orang yang enggan memaka berlian
dari inggris karena menurut konsumen yang menyukai berlian hal itu bertentangan
dengan hati nurani, kami berdemo menuntut untuk meng hentikan pergadangan
berlian dari daerah konflik
Intergrasi
marketing dengan bisnis
Dalam intergrasi marketing dengan bisnis ada metode segi tiga super
Positioning
adalah menentukan segmen pasar siapa dan
strategi yang di buat agar melekat di otak konsumen tentang si produk
untuk jangka panjang
Differensition adala
taktik untuk bersaing dengan pesaing yan sama mulai mdari produk nya promosi
dan harga nya
Brand hubungan dengan proses dan service ,karena brand
adalah hal yang langsung dirasakan konsumen dan akan menciptkan pengalaman
,apabila hal tersebut positif konsumen akan mempromosiakn produk atau jasa
tamapa dibayar atau di sebut heart brand yaitu konsumen yang suadh mencoba satu
produk dia merasa nyaman biasa dia suka menyaran kana tau mem promokan produk
tsb . contohnya : masuk angin minum aja tolak angin enak bokan obat tapi jamu
ga ada efek samping.
Kalau mau malakukan usaha lebih baik
dari sekarang karena:
Orang
kaya
Orang
menengah
Orang
miskin
Digambar itu menjelaskan bahwa
orang untuk jaman sekarang banyak yang
sudah becukupan dan itu lah peluang pasar usaha karena banyak orang kalangan
menengah yang bisa menjadi konsumen.
Dibandingkan
dengan tahun 70 an
kaya
m menengah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar