KEWIRAUSAHAAN
kewirausahaan adalah kemampuan
untuk mengembangkan ide dan cara baru dalam menghadapi/memecahkan permasalahan
serta kemampuan untuk mendeteksi dan menemukan sebuah peluang yang kemudian
dapat diterapkannya hal-hal tersebut untuk menuju kesuksesannya.
Secara umum terdapat beberapa ciri
kewirausahaan, diantaranya sebagai berikut :
- Berani melangkah ( tidak takut menghadapi resiko yang ada )
- Jiwa kepemimpinan yang kuat
- Memiliki tanggung jawab
- Komitmen
- Senantiasa mencari peluang
- Pandangan fokus kedepan ( memikirkan masa depan )
- Kreatif dan inovatif
- Dll
Ada
beberapa manfaat kewirausahaan, salah satunya sebagai berikut :
- Menurunkan angka pengangguran
- Memperkuat perekonomian nasional
- Pendistribusian pendapatan nasional
- Kesejahteraan masyarakat
- Menurunkan beban negara
- Dll
SILA KE-6
KREATIF SAMPAI MATI
Wahyu
Aditya mungkin kawan sekalian jarang mendengar anak muda kelahiran Malang ini,
tapi kalau mendengar Hellofest (festival Pop Culture terbesar di Indonesia dengan
pengunjung lebih dari 20.000 orang dalam satu hari) tidak mungkin tidak. Wadit
(panggilan akrab Wahyu Aditya) berada di belakang itu semua.Dalam dunia desain
dan animasi Indonesia, Wadit dikenal sebagai aktivis dan pembicara industri
kreatif.Karya-karyanya menghiasi berbagai gerakan terutama logo yang dipakai
dalam Koin Peduli Prita pada 2009 dan provokasinya ingin membentuk Kementrian
Desain Republik Indonesia.
Kreatif
Sampai Mati yang ditulis oleh Wadit merupakan prinsip hidup, kumpulan cerita,
dan perspektifnya mengenai kehidupan kreatif. Dalam bab buku tersebut disajikan
manual atau semacam tutorial untuk menjadi kreatif. Dibagi menjadi
beberapa bagian yang merupakan langkah- langkah praktis menumbuhkan kreativitas
pada seseorang.
Dimulai
dari perspektif dan pandangannya tentang pendidikan yang mengesampingkan
pelajaran seni. Pelajaran seni dan jam kosong merupakan jam yang membuatnya
lepas dari sentuhan pelajaran ilmu pasti. Yang menurutnya membunuh dan
mengesampingkan manusia mencapai kemanusiannya, lewat jiwa cipta, rasa dan
karsa.Pengalaman dan pertemuannya dengan banyak orang tak luput diceritakan,
misalnya dalam “banyak jalan menemukan passion”. Dia
melihat kesungguhan muridnya di Hellomotion(akademi
animasi yang didirikannya pada tahun 2004), Firman Widyasmara, seorang pegawai
bank, yang akhirnya terjun mengikuti hasratnya menjadi seorang animator
berprestasi.
Dalam
bukunya, Wadit memberikan 17 langkah dan provokasi, diantaranya: rangkul
keterbatasan, think out the box?,
lakukan dengan hal spontan, tetap gembol selalu, hadapi otak kadal, dan lain-
lain. Wadit menyebut langkah-langkah ini merupakan butir-butir pengamalan
seperti pengamalan terhadap Pancasila. Bahkan ia menyebut bukunya sebagai buku
petunjuk pengamalan kreativitas bagi rakyat.
Hal
tersebut menunjukkan begitu pentingnya kreativitas dalam kehidupan masyarakat.
Desain menunjukkan keinginan untuk membuat wajah Indonesia lebih berwarna dan
segar. Wadit mencontohkan apa yang dilakukan Negeri Sakura dan Negeri Ratu
Elizabeth dalam menciptakan lingkungan yang kreatif dan menarik. Melalui bisnis
kreatif dan desain keduanya mampu menciptakan pendapatan ekonomi yang cukup
besar. Sampai kartun dari Jepang dan logo perusahaan kereta api di Inggris (Underground) mampu
memberikan sumbangsih terhadap pariwisata kedua negara.
Ia
mendorong Indonesia juga tidak kalah start untuk menciptakan wajah baru bagi
Indonesia melalui desain. Melalui sosial media bersama Gembolers (ikon ciptaannya yang didaulat sebagai
menteri sekaligus kurir di Kementerian desain).Ia menyebarkan kecintaan akan
Indonesia melalui remix terhadap tokoh khas Indonesia seperti
Gatotkaca, makanan khas seperti onde–onde, dan tarian.
Buku
dengan gambar dan ilustrasi memberikan pengalaman yang menarik bagi pembaca.
Hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk “melahap” buku racikan ala
Wadit. Setiap halamannya dihiasi panjelasan melalui gambar menarik dan lucu.Ini
memperkuat penetrasi provokasi untuk membangun masyarakat Indonesia yang
kreatif dan produktif.Kreatif sampai mati. (Eka
Mulyawan)
Ini adalah 17 point penting yang di ulas dari buku sila ke-6 Kreatif
Sampai Mati
1.
cari dunia mu
2.
berfikir berbagai arah
3.
rekam dan remix
4.
lakukan hal spontan
5.
bagaimana kalau
6.
bikin lengket
7.
rangkul keterbatasan
8.
informa ke formal
9.
introvert is cool
10.
jangan kalah start
11.
mampu mengurai
12.
hadapi si otak kadal
13.
out of the box
14.
setiap karya ada
peminatnya
15.
tetap gembol selalu
16.
fleksibel saja
17.
monoton ?no way!
Point-point
tersebut menceritakan dan mengajarkan langkah-langkah untuk menjadi seorang
wirausaha yang baik.Dan buku ini membantu kita untuk menciptakan-menciptakan
hal-hal yang lebih kreatif.
Marketing is Bullshit
BULLSHIT #1 : HOKI ITU
KEBETULAN
Ternnyata HOKI itu bisa
diciptakan, bukan kebetulan belaka.Karena menara HOKI itu disangga oleh pilar
persiapan dan pilar kesempatan. Sedang pondasinya adalah komunikasi 3 lapis :
kepada diri sendiri, kepada sesama dan kepada ALLAH yang maha kuasa. Sehingga
kita harus berhati-hati dengan apa yang kita ucapkan. Karena apa yang kita
ucapkan akan terealisasi. Seperti LOA. Bukankah RASUL pernah bersabda bahwa
ALLAH itu seperti prasangka hambanya.
Anda juga harus
mengetahui sidik jari hoki anda karena setiap orang punya sidik jari hoki
sendiri-sendiri. Beberapa trik kreatif untuk menciptakan hoki:
1.
Karangan bunga
2.
Lemming effect
3.
Klien pertama
4.
SMS request
5.
Konter informasi
6.
Bisikan pelanggan
7.
Titip nama
8.
Sisip nomor
9.
Collective branding
10.
Foto tokoh
Untuk marketer harus :
1.
Memastikan persiapan dan
kesempatan
2.
Mematikan komunikasi 3
lapis
3.
Memanfaatkan ide sendiri
atau ide orang lain
4.
Memastikan penghematan,
kehebatan atau kecepatan
5.
Memastikan kreativitas
BULLSHIT #2 : TEROBOSAN
ADALAH PEMBOROSAN
Yup karena terobosan
tidak harus dengan pemborosan. Hemat pun bisa jadi hebat seperti yang
dicontohkan oleh perusahaan Tata dengan mobil murahnya atau jason osbon dan
jason wright yang membesut feed granola. Dengan kreativitas, sampahpun bisa
jadi rupiah.Tidak percaya? Tengok aja yuliastoni yang membuat hiasan dari
bulu angsa SISA pembuatan shuttle cock. Bahkan debok pisang berubah jadi dompet
cantik di tangan yanto suhardani.Dengan kreativitas pula, pelanggan jadi
pesuruh seperti restoran dengan konsep self-service, efisien jadi efektif, high
tech jadi high touch. Berikut macam-macam cara agar terobosan tidak jadi
pemborosan :
1.
Meninjau kembali
komponen-komponen yang betul-betul dibutuhkan
2.
Mengolah kembali
bahan-bahan sisa
3.
Menjadikan barter sebagai
sistem pembayaran
4.
Menjadikan konsumen sebagai
co-producer
5.
Menetapkan harga yang
pasti dan wajar
6.
Berkomunikasi via
internet
7.
Berpromosi via telepon
genggam
BULLSHIT #3 : TEROBOSAN
BUKAN KEHARUSAN
Bahkan yang namanya
terobosan itu adalah suatu keharusan karena tanpa terobosan maka publik akan
bosan. Dan terobosan senilai puluhan bahkan ratusan juta dapat anda lakukan
dengan berbagai macam cara. Misalnya :
1.
Penamaan yang greget
2.
Penyajian produk yang
greget
3.
Promosi yang greget
4.
Eksploitasi internet
5.
Eksploitasi fad
6.
Eksplotasi budaya pop
BULLSHIT #4 : DIFERENSIA
SUKAR DIKREASI
Diferensia dapat
direkatakan oleh apa saja, diferensia tidaklah sukar dikreasi. Yang jelas tanpa
diferensia, semua jadi basi. Bebrapa yang dapat dijadikan diferensia :
1.
Superiority or
inferiority
2.
Software atau hardware
3.
Product atau experience
4.
Place or promo
5.
Ambient vs myopia
BULLSHIT #5 : KEGIGIHAN
ADALAH SEGALA-GALANYA
Ternyata kegigihan dan
kebranian semata tidak cukup. Intinya terletak pada “bukan
sekedar-sekedar” yang maksudnya :
1.
Keyakinan, bukan sekedar
keinginan
2.
Kecerdikan bkan sekedar
kegigihan
3.
Kenekatan bukan sekedar
kebranian
4.
Persiapan bukan sekedar
pelayanan
5.
Penghasilan bukan sekedar
penemuan
6.
Sisi laba bukan sekedar
sisi liar
BULLSHIT #6 : PERLU
METODE UNTUK MENGHASILKAN IDE
Tidak penting metode yang
penting dapet ide.Karena memang tidak ada metode khusus untuk menghasilkan ide.
Semua metode bisa menghasilkan ide diantaranya :
1.
Kondisi kepepet
2.
Kondisi santai
3.
Kondisi spesialis
4.
Kondisi generalis
5.
Kondisi krisis
6.
Konidisi merantau
7.
Kondisi muda
BULLSHIT #7 : SEGALA
SESUATU SERBA TERBATAS
Orang kreatif adalah
orang tanpa batas, menolak gagasan “segala sesuatu serba terbatas”. Ada
beberapa pedekatan yang sudah teruji untuk menjadi kreatif :
1.
Be distinctive, amati dan
cermati persoalan dengan cara yang berbeda
2.
Be imaginative, bayangakan!
3.
Be productive, hasilkan!
Walaupun ahirnya nanti menuai kegagalan
4.
Be combinative, buatlah
perpaduan yang baru!
5.
Be coonective, buatlah
hubungan-hubungan.
6.
Be contrary, dua
gagasan yang bertolak belakang tapi dua-duanya berfungsi
7.
Be metaphoric, membuat
perumpamaan
8.
Be proactive, tidak takut
kegagalan
Dengan beragam
pendekatan, bukan saja mengatasi keterbatasan tapi juga berhasil mengelola :
1.
Intuitif jadi infinitif
2.
Thought jadi thing
3.
Sakit jadi duit
4.
Konvensional jadi
kontroversial
5.
Sosial jadi komersial
BULLSHIT #8 : LABA ADALAH
RAJA
Apa gunanya kreativitas
tanpa profitabilitas? Apa gunanya profitabilitas tanpa integritas? Semakin
jelas bahwa laba buka raja di raja. Sembari memutar roda bisnis, sudah
semestinya seorang marketer juga mengumpulkan nilai tambah :
1.
Bulid the integrity
2.
Build the self-esteem
3.
Bulid the network
4.
Build the relationship
5.
Build the benefits
BISNIS MODEL KANVAS
§ VP : adalah nilai lebih suatu produk,
karena zaman sekarang orang tidak hanya memikirkan harga murah saja
tapi juga memikirkan kenyamanan dalam mendapatkan produk tersebut.
§ CS
( Costumer Segmen)
: mengkategorikan konsumen/ calon pelanggan berdasarkan
kategori-kategori tertentu. Misalkan berdasarkan gaya hidup agar tidak salah
sasaran
§
Chanel : setelah diputuskan
segmen mana yang akan diambil, maka chanel yang digunakan juga harus tepat agar
produk sampai ketangan konsumen dan tidak boros biaya
§
CR( Costumer Relationship) disinilah peran produsen yang harus memikirkan
bagaimanapuncaranya agar konsumen yang tadi bli hanya coba-coba,pada akhirnya
menjadi langganan
§
K. Aktifitas :
aktifitas utama untuk menjaga dan mempertahankan value yang ada dalam produk
§
K. resources
: pemilihan sumber bahan baku benar- benar dijaga agar produk
bertahan kualitasnya.
§
K. partnership :
menjaga hubungn saling menguntungkan dan tepat akan menikkan brand kita
§
Revenue Steam :
bagaimana caranya menjaga penghasilan lebih tinggi dari pada biaya-biaya agar
tidak mengalami kerugian
§
Cost structure :
disini untuk menaikkan brand, mungkin biaya tidak jadi masalah.
MARKETING
1. M.1.O
Dalam jenis ini yang mendominasi adalah rasional seseorang karena, ketika
prinsip ini berlaku, yang merasa beruntung adalah yang emiliki modal besar dan
fasilitas cukup. Karena pada jenis ini prinsipnya adalah ; bikin produk-
jual-bikin produk-jual. Inilah siklus yang selalu berlangsung
2. M.2.O
ini lebih maju sedikit dari M.1.O karena disini orang tidak hanya
memikirkan hasil barang jadi saja, disnis sudah mulai dipertimbangkan
sebenarnya selera konsumen itu sperti apa dankebutuhan konsumen itu bagaimana.
Sehingga sudah mulai selektif disini.
3. M.3.O
dari ketiga jenis ini, mungkin inilah yang paling bagus diterapkan karena
disini banyak hal yang dipertimbangkan:
·
Mempertimbangkan sisi religi, misalkan produk makanan
halal atau tidak
·
Mempertimbangkan efek terhadap konsumen apakah
benar-benar dibutuhkan atau hanya pelengkap saja.
·
Konsumen juga semakin cerdas dan selektif.
Contoh nya:
Pabrik roti yang memperkerjakan orang cacat mental yang untung dari pabrik
roti tersebut dibagi dnegan yayasan yang merawat orang-orang cacat mental
sehingga membuat hati konsumen menjadi tersentuh untuk membeli roti tersebut
karena tahu bahwa perusahaan roti tersebut tidak hanya memikirkan keuntungan
untuk sendiri namun dibagi dengan yayasan tersebut sehingga mempunyai nilai
social nya.
Ditulis Oleh : Rizki Amelia
Ditulis Oleh : Rizki Amelia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar