YUSTIN MEGAWATI
APA ITU KEWIRAUSAHAAN ?
Proses mengidentifikasi,
mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa
ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil
akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada
kondisi resiko atau ketidakpastian.
Banyak orang yang beralih menjadi
wirausaha, mengapa ? inilah alasan kenapa harus berwirausaha.
L
- Lowongan kerja makin ketat kompetisinya ( oversupply ). Di semua level, bahkan di level doktoral pun, mencari kerja tidak semudah bayangan.
- . Bahkan yang sudah mapan karirnya pun, tidak selalu mapan kelangsungannya. Contohnya perusahaan Nokia, Blackberry perusahaan yang sudah besar merekapun limbung, melakukan pemangkasan besar-besaran jumlah karyawannya. Tidak tanggung-tanggung, ppengurangan hingga puluhan ribu ( lebih dari 25%). Kalau sudah begini, tidak berani resign pun, minimal para pegawai harus mulai memikirkan jika kena PHK mau berwirausaha sebagai apa. Karena kalau sudah terlanjur di PHK mau berwirausaha apa. Karena jika sudah terlanjur di PHK tapi tidak punya planning apa-apa.
- . Wirausaha menjanjikan hasil tak terbatas, dalam arti, hasilnya tergantung seberapa keras dan cerdas usaha kita. Kuncinya Cuma pada ketekunan, kesabaran dan pantang menyerah.
Berbinis dibagi 2 yaitu :
1
- Intrepreneur : yaitu bekerja pada orang lain dan membantu perusahaan orang lain untuk lebih berkembang dengan ide-ide yang kita punya.
- Entrepreneur : yaitu kemampuan dan kemauan nyata seorang individu, yang berasal dari diri sendiri, dalam tim di dalam luar organisasi yang ada, untuk menemukan dan menciptakan peluang ekonomi baru.
KETERANGAN :
·
K.P adalah key partners membangun kerjasama
dengan pihak lain.
·
K.A adalah key activities utama agar trus
menjaga value
·
K.R adalah key resources menjaga bahan bahan
untama yang menjadi andalan
·
V.P adalah preposition nilai yang ditawarkan perusahaan
kepada customer
·
C.R adalah customer relationship menjaga
hubungan baik dengan customer ataupun relasi dan partner
·
Channel adalah untuk menyalurkan VP menuju CS
·
C.S adalah customer segment untuk menentukan dan
menetapkan pelanggan berdasarkan katagori tertent
8 hal bohong dalam pemasaran,
karena pemasaran hanyalah omong kosong tanpa kreativitas.
- BULLSHIT # HOKI ITU KEBETULAN
Hoki itu bukan
suatu kebetulan semata dan bisa diciptakan, yakni dengan beberapa hal ini
- Memastikan persiapan dan kesemparan
Mempersiapkan diri menggali potensi kita sehingga
ketika kesempatan itu datang kita bisa langsung menangkap, saat siap dan datang
kesempatan.
- Komunikasi 3 lapis
Komunikasi sesama manusia ( hati – hatilah ketika
berbicara dengan orang lain ), komunikasi dengan diri sendiri ( hati – hatilah
berbicara karena bisa menjadi law of attraction, dan tuhan pun sebagaimana
prasangka hambanya ) terakhir komunikasi dengan tuhan ( karena itu akan
memperlancar segalanya )
- Memanfaatkan ide sendiri atau ide orang lain
“ MAU POL KUDU POL “ maksudnya kalo mau sukses
habis-habisan kudu bisa dan pintar memanfaatkan POL ( punya orang lain ) dimana
itu menuntut kreativitas. Karena ketika kita memanfaatkan punya orang lain ,
bagaimana caranya orang itupun merasa di untungkan.
- Memastikan penghematan, kehebatan dan kecepatan
Salah satu kehebatan ini harus dimiliki seorang marketing,
karena kalau kita mangutak-atik ketiganya, maka tidak akan tercapai.
2. BULLSHIT#
TEROBOSAN ADALAH PEMBOROSAN
Perusahaan yang
berani melakukan terobosan adalah perusahaan yang akan sukses dan mendapatkan
profit yang besar dan modal yang dipakai akan segera kembali.
2 3. BULLSHIT#
TEROBOSAN BUKAN KEHARUSAN
Terobosan adalah
sebuah keharusan, karena tanpa terobosan maka publik akan cepat merasa bosan.
1 4. BULLSHIT#
DIFERENSIASI SUKAR UNTUK DIKREASI
Differensiasi itu
mudah diciptakan dan biasanya dengan differensiasi perusahaan akan lebih cepat
berkembang, dan contoh yang paling simple dengan merubah nama saja itu sudah
disebut differensiasi.
1 5. BULLSHIT#
KEGIGIHAN ADALAH SEGALA-GALANYA
Kegigihan itu
adalah segala-galanya, maka apa yang kita lakukan hanya sekadar-kadarnya.
Maksudnya adalah
:
-
Keyakinan bukan sekadar keinginan
-
Kecerdikan, bukan sekedar kegigihan
-
Kenekatan, bukan sekedar keberanian
-
Persiapan, bukan sekedar pelayanan
-
Penghasilan, bukan sekedar penemuan
-
Sisi laba, bukan sekedar sisi liar
6. BULLSHIT#
PERLU METODE UNTUK HASILKAN IDE
Tidak perlu
metode untuk membuat ide kreatif, hal yang spontan pun biasanya bisa membuat
perusahaan menjadi lebih maju dengan ide yang ada dan spontan, tetapi ide
spontan biasanya harus langsung di eksekusi atau di proses.
1 7. BULLSHIT#
SEGALA SESUATU SERBA TERBATAS
Orang yang kreatif
itu adalah orang yang tanpa batas mempunya ide-ide cemerlang. Mereka menolak
gagasan ssegala sesuatu serba terbatas. Karena dengan beragam pendekatan, bukan
saja berhasil mengatasi keterbatasan, mereka juga berhasil mengelola.
1 8. BULLSHIT#
LABA ADALAH RAJA
Biasanya
perusahaan yang lebih mementingkan laba adalah perusahaan yang jarang berhasil,
jadi perusahaan juga harus membuat fasilitas yang sepele tetapi penting bagi
customer. Contoh : memperbesar mushola atau memperbesar WC.
Tetapi inti dari
marketting kita harus mempunya rasa kepercayaan diri yang tinggi karena denga
kepercayaan diri kita bisa mengkreasi semua ide menjadi ide yang lebih berkelas
dan bernilai, dan biasanya dengan percaya diri, seseorang tidak akan berputus
asa walaupun menemui kegagalan
MARKETING
MEMPUNYAI 3 MACAM :
1 . M.1.0
Marketing yang
digunakan perusahaan hanya untuk membuat dan menjual produk saja dan ini
biasanya digunakan dulu oleh perusahaan karena dulu tidak ada pesaing dan
sekarang marketing ini sudah jarang
dipakai oleh perusahaan
2 . M.2.0 :
Marketing ini
digunakan oleh perusahaan , karena tidak hanya menjual, perusahaan
mempertimbangkan terlebih dahulu selera orang, dan melakukan survey terlebih
dahulu untuk membuat produk lalu menjualnnya (emotional marketing)
3 . M.3.0 :
Marketing ini
sering sekarang banyak digunakan karena disebut juga marketing sosial, karena
perusahaan juga membantu orang yang cacat mental untuk bekerja dan uang dari
pelanggan pun tidak sepenuhnnya masuk ke bos besar tetapi ke orang yang
membuthkan, intinya pelanggan pun akan membeli produk yang bisa membantu orang
banyak itupun kalau memang produk sama enaknya atau sama kualitasnya (human
spiritual marketting).
Sebagai referensi
menambah untuk mengembangkan ide-ide kreatif novel “ SILA KE 6 KREATIF SAMPAI
MATI “ Karangan Wahyu Aditya sangatlah bagus untuk mengasah pengetahuan tentang
kreatif.
Menurut
penulis 3 kata “ kreatif sampai mati “ harus menjadi cambukan untuk otak kita.
Kenapa ? sadar atau tidak, dunia ini semakin rumit. Akan sellau muncul
tantangan yang sudah diprediksi dan penuh misteri.
Buku
ini membantu merangkul kembali benih kreatif. Menemani untuk dipupuk hingga
subur kembali. Beragam referensi dari pengetahuan dan pengalaman kerabat maupun
pribadi. Penulis coba sampaikan sebgai bahan referensi kalian. Menjadikannya
inspirasi dan stimulan baru dalam berkarya.
Kreatif
adalah solusi bagi berbagai hal. Misalnya apa yang dilakukan jepang
mentransformasi imajinasi menjadi industri konten dan menghasilkan llebih dari
1.000 triliun rupiah, setiap tahunnya dan pendapat 4 sektor saja yaitu video,
percetakan, musik, dan games.
1.
BUTIR 1 # CARI DUNIAMU
Seseorang jika ingin dirinya sukses, kita harus
mencari dunia kita sendiri, karena dengan kita mencari dunia sendiri kita akan
lebih mengetahui, mendalami, mengerti dengan perkerjaan yang kita tekuni.
2.
BUTIR 2 # BERPIKIR BERBAGAI ARAH
Yang dimaksud dengan berpikir berbagai arah yaitu kita
harus berpikir ke berbagai arah janganlah satu arah karna itu yang membuat kita
susah untuk berkembang, dan ide-ide pun akan bermunculan.
3.
BUTIR 3 # REKAM DAN REMIX
Kreatif itu diperbolehkan mengambil ide yang sudah ada
tetapi ditambah dengan ide-ide yang baru agar lebih terlihat sempurna dan
membuat lebih tertarik.
4.
BUTIR 4 # LAKUKAN HAL SPONTAN
Ide biasanya datang dengan spontan, ide yang datang
dengan spontan biasanya lebih diminati. Tetapi ide yang datang dengan spontan
itu harus cepat dibicarakan agar sesuai dengan momentnya.
5.
BUTIR 5 # BAGAIMANA KALAU ?
Bagaimana kalau ? kata itu cocok dikeluarkan untuk
mengembangkan suatu ide, ide jika ditambahkan dengan bagaimana kalau ? akan
menumbuhkan hasil yang lebih sempurna.
6.
BUTIR 6 # BIKIN LENGKET
Ide yang dituangkan harus membuat lengket, kenapa
? menerapkan kepada konsumen untuk
lengket pada produk kita itu bukan hal yang mudah, banyak usaha yang dilakukan
oleh pengusaha agar barang/jasa nya meneerap dibenak konsumen. Maka dari itu
dibutuhkan pemikiran yang kreatif.
7.
BUTIR 7 # RANGKUL KETERBATASAN
Di dunia ini tidak ada yang sempurna, setiap orang
punya kelebihan atau kekurangan. Maka
dari kekurangan yang dimiliki seseorang
kita bisa merangkul keterbatasan. Contohnya, orang yang cacat mental biasanya mereka mempunyai ide yang lebih
kreatif, dari itulah rangkul keterbatasan.
8.
BUTIR 8 # INFORMAL KE NORMAL
Untuk membuat suatu ide yang kreatif kita harus
mempunyai differensiasi. kenapa harus dibuat informal? Jika normal itu lebih
menguntungkan.
9.
BUTIR 9 # INTROVERT ITU COOL
Jangan menyepelekan seseorang, seseorang yang
mempunyai sifat pendiam biasanya mendapatkan perlakuan yang tidak biasa,
padahal mereka itulah yang menumbuhkan ide lebih kreatif.
10.
BUTIR 10 # JANGAN KALAH START
Kompetisi sangatlah terasa, orang-orang berlomba untuk
menjadi yang terdepan, dengan ide yang cemerlang kalau kita kalah start dengan
orang yang lebih cepat itu semua menjadi percumah.
11.
BUTIR 11# MAMPU MENGURAI
Barang yang sudah lama/tidak terpakai jangan dibuang,
dari barang yang sudah lama/tidak terpakai itu kita bisa membuat hal yang
kreatif. Contohnya, batok kelapa yang biasa dibuang kita bisa membuat teko atau
cangkir.
12.
BUTIR 12# HADAPI OTAK KADAL
Kalahkan otak kadal, itulah yang harus kita lakukan
agar kelangsuangan bisnis kita selalu terjaga.
13.
BUTIR 13# OUT OF THE BOX
Agar sesuatu bisa dinikmati oleh halayak banyak kita
harus mempunyai perbedaan. Tapi dengan adanya perbedaan itu pun belum tentu
bisa dinikmati, maka dari itulah gali ide yang se kreatif mungkin.
14.
BUTIR 14# SETIAP KARYA ADA PEMINATNYA
Percayalah dengan kutipan kata diatas, jangan takut
mengeluarkan ide, karna setiap ide yang kita keluarkan akan menghasilkan dan
pasti ada peminatnya.
15.
BUTIR 15# TETAP GEMBOL SELALU
Janganlah kaku, buatlah sesuatu yang unik, yang masa
kini. Agar peminat lebih tertarik dengan produk kita.
16.
BUTIR16# FLEKSIBEL SAJA
Anggaplah semua ujian dalam berbisnis itu angin lalu, tapi
kita harus selalu belajar dari setiap kesalahan yang kita lakukan menerima
setiap kritik dan saran yang masuk untuk usaha kita. Dengan itu kita bisa
membangun lebih baik.
oke, mantap!
BalasHapus