Pengertian Kewirausahaan
Kewirausahaan
adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru atau berbeda
dari yang lainnya. Hingga memiliki sebuah nilai yang berarti atau sesuatu yang
bernilai tinggi dan berguna untuk diri sendiri dan juga orang lain.
Pentingnya Kewirausahaan
Kewirausahaan sudah terbilang suatu
kegiatan yang sudah tidak asing lagi bahkan banyak orang Indonesia membuka
usaha sendiri untuk memenuhi kebutuhannya, kewirausahaan penting untuk
meningkatkan perekonimian seseorang bahkan mengurangi pengangguran yang
merajalela di Indonesia. Maka dari itu banyak pelajarilah tentang kewirausahaan
yang sangat bermanfaat untuk kehidupan
diri sendiri dan juga orang lain. Adanya kesuksesan yaitu berkat adanya
kemampuan berfikir yang inovatif dan kreatif. Yang harus selalu kita ingat juga
yaitu dibalik kesuksesan kita berkat adanya orang-orang yang selalu memberikan dorongan
atau doa yang menjadikan motivasi kita sampai terjadinya sebuah kesuksesan.
Dua
pilihan dalam berbisnis :
1. Intrapreneur : yaitu seseorang yang berinisiatif mengambil tugasnya atau
mengambil keputusan untuk membuat perusahaan orang lain menjadi lebih maju dan
lebih dikenal dari ke kreatifan orang tersebut.
2. Enterpreneur : yaitu seseorang yang melakukan aktifitas dan membuat sesuatu
yang baru atau lebih kreatif dari yang lainnya. Yang bisa disebut sebagai
seseorang yang memiliki sebuah usaha sendiri atas pola pikir diluar
kebiasaannya menjadi usaha yang biasa
dilakukannya.
K.P : Key Partner yaitu menjalin kerjasama dengan
pihak lain.
K.A : Key Activities yaitu aktivitas yang terus
menjaga value.
K.R : Key Resources yaitu menjaga bahan baku utama
yang menjadi andalan.
V.P : Value Preposition yaitu nilai yang ditawarkan
perusahaan kepada customer.
C.R : Customer Relationsip yaitu menjaga hubungan
baik dengan para customer.
Chanel : Chanel yaitu memudahkan customer dan membeli
produk atau jasa.
C.S : Customer Segment yaitu mendeskripsikan calon
pelanggan berdasarkan
Kategori tertentu.
Cost Structure : adalah Struktur Biaya adalah
proporsi relatif yang tetap, variabel, dan Biaya campuran yang ditemukan dalam sebuah
organisasi usaha
Revenue Stream : adalah sumber-sumber pendapatan perusahaan.
Marketing
ada 3 macam yaitu :
1.
M.1.O => Marketing One Point “o”
Adalah
marketing yang berfokus pada produk dan melakukan kegiatan yang diarahkan
sesuai dengan keinginan produsen. Akan tetapi pada saat ini marketing one point
o sudah jarang dipakai oleh perusahaan.
2.
M.2.O => Marketing Two Point “o”
Adalah
marketing yang berfokus pada pelanggan, yang mempertimbangkan terlebih dahulu
selera konsumen dan memenuhi kebutuhannya dengan cara survey terlebih dahulu
untuk membuat produk lalu menjualnya (emotional marketing).
3.
M.3.O => Marketing Three Point “o”
Adalah
marketing yang berfokus pada kemanusiaan maksudnya disini yaitu tidak hanya
menjual produk saja akan tetapi peduli akan efek untuk pembeli barang tersebut
dan membeli produk yang membantu orang banyak (human spiritual marketing).
Buku
sila ke-6 KREATIF SAMPAI MATI
Buku
sila ke-6 Kreatif Sampai Mati ini bisa membantu berfikir untuk lebih kreatif
atau lebih maju dari sebelumnya banyak sekali manfaat yang tertulis dibuku ini
bahkan warna dan isi buku yang menarik membuat ketertarikan tersendiri untuk
membacanya. Banyak hal yang tidak kita ketahui sebelumnya menjadi tau bagaimana
kreatif atau apa kreatif itu. Bisa membaca buku ini jika inging mengetahui
lebih lanjut isi atau manfaatnya.
Buku Petunjuk
Pengalaman Kreativitas bagi rakyat dari Kementrian Desain Republik Indonesia.
Di dalam buku ini
terdapat isi butir-butir yaitu :
Kreatif Bisnis Lahir Dari
:
Butir 1. Cari Duniamu
Butir 2. Berfikir Berbagai Arah
Butir 3. Rekam dan Remix
Butir 4. Lakukan Hal
Spontan
Butir 5. Bagaimana Kalau ?
Butir 6. Bikin Lengket
Butir 7. Rangkul Keterbatasan
Butir 8. Informal ke Formal
Butir 9. Introvert Itu Cool!
Butir 10.Jangan Kalah
Start
Butir 11.Mampu Mengurai
Butir 12.Hadapi Si
Otak Kadal
Butir 13.Out Of The
Box?
Butir 14.Setiap Karya Ada Peminatnya
Butir 15.Tetap Gembol
Selalu
Butir 16.Fleksibel Saja
Butir 17.Monoton? No
Way!
Disini saya akan menjelaskan secara singkat tentang
point-point dari isi buku yang berjudul Kreatif Sampai Mati :
Butir 1. Cari Duniamu
Untuk lebih kreatif atau sukses
harus di seratai dengan mencari duniamu sendiri karena dalam melakukan
pekerjaan atau sesuatu yang kita sukai akan merasa lebih hidup karena ini lah
diri sendiri atau dunia yang dicari selama ini.
Butir 2. Berfikir Berbagai Arah
Berfikir berbagai arah yaitu
bagaimana kita mengubah sesuatu yang biasa menjadi luar biasa atau sesuatu yang
biasa menjadi sebuah nilai. Maka diperlukan berfikir ke berbagai arah agar
menimbulkan ide-ide baru dan Kreatif adalah bisa mencari jalan keluar.
Butir 3. Rekam dan Remix
Rekan dan Remix disini yaitu
menambahkan sesuatu yang sudah ada menjadi lebih kreatif dari sebelumnya.
Butir 4. Lakukan Hal Spontan
Dengan cara spontan bisa langsung
mendapatkan ide dan langsung dilakukan akan tetapi hal spontan ini harus sesuai
dengan moment yang sedang ada atau yang sedang buming.
Butir 5. Bagaimana Kalau
Bagaimana kalau merubah atau
menambahkan sesuatu ide baru yang tidak orang lain ketahui sebelumnya, lebih
kreatif dari yang lainnya.
Butir 6. Bikin lengket
Membuat ide yang membuat orang lain lengket dengan hal
yang sudah ada dirubah menjadi ketertarikan tersendiri , produk yang terbilang
biasa di buat menjadi produk yang unik.
Butir 7. Rangkul
Keterbatasan
Rangkul
Keterbatasan kita harus bisa merangkul keterbatasan karena keterbatan bisa saja
menjadi kelebihan tersendiri.
Butir 8. Informal Ke
Formal
Informal ke formal contohnya disini ada almamater kampus
yang dibuat menjadi sweater agar bisa digunakan kapan saja, yang asalnya formal
dirubah menjadi informal.
Butir 9 . Introvert Itu
Cool
Introvert itu cool yaitu orang pendiam, tetapi di balik
sifat pendiam dia bisa menimbulkan ide yang kreatif dan biasanya lebih menarik.
Butir 10 . Jangan Kalah
Start
Jangan kalah start dengan orang jepang disini kotoran
saja bisa menjadi suatu nilai yang dibuat menjadi gantungan kunci yang
bernilai, ide kreatif harus langsung dilakukan jika memiliki sebuah karya,
kreativitas perlu keberanian.
Butir 11 . Mampu
mengurai
Mampu Mengurai gambar yang hanya garis biasa saja bisa
menjadi suatu gambir yang menarik.
Butir 12 . Hadapi Si
Otak Kadal
Otak kadal adalah rasa ketakutan dalam diri sendiri jika
akan melakukan hal apapun, cara menghadapinya yaitu harus melawan rasa takut
tersebut.
Butir 13 . Out Of The
Box
Out Of The Box melakukan hal yang berbeda dari yang
lainnya, rasa ingin menjadi seorang pemimpin
Butir 14 . Setiap Karya
Ada Peminatnya
Setiap Karya Ada Peminatnya walaupun membuat karya yang
tidak luar biasa akan tetapi pasti ada saja peminatnya jangan takut jika
membuat sesuatu yang tidak ada peminatnya
Butir 15 . Tetap Gembol
Selalu
Tetap gambol selalu yaitu membuat sesuatu yang modern dan
tidak membuat yang monoton atau itu-itu saja
Butir 16 . Fleksibel
Saja
Fleksibel saja yaitu melakukan hal yang simple saja yang
ada tapi lebih dari yang lainnya, tidak selalu diambil pusing.
Butir 17 . Monoton ? No Way!
Monoton ? no way! Orang
kreatif akan selalu membuat hal yang baru dan tidak monoton yang membuat orang
melihatnya bosan, tetapi membuat orang yang melihatnya tertarik.
MARKETING
IS BULSHIT
1.
Hoki itu Kebetulan
Tidak
benar Itu hanyalah mitos belakang karena hoki itu ada dari bagaimana kita
melakukan promosi secara extra kepada para konsumen, dan bagaimana kita
melakukan promosi kepada target pasarnya maka dari situ bisa adanya hoki.
2.
Terobosan adalah Pemborosan
Itu
hanyalah mitos belakang terobohan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar
karena dengan biaya yang secukupnya saja bisa membuat terobosan.
3.
Terobosan Bukan Keharusan
Terobosan
adalah keharusan karena tanpa terobosan tidak akan terjadinya suatu perubahan
yang baru atau yang lebih modern.
4.
Diferensiasi sukar untuk Dikreasi
Ini
adalah mitos karena diferensiasi itu sebenarnya mudah untuk dikreasi, dengan
merubah nama saja sudah cukup disebut dengan diferensiasi.
5.
Kegigihan adalah segala-galanya
Kegigihan
adalah segala-galanya itu adalah mitos, karena yang dibutuhkan adalah daya
kreatifitas kita ketika ingin melakukan promosi terhadap produk yang dimiliki.
6.
Perlu Metode untuk Hasilkan Ide
Tidak
itu hanyalah mitos perlu metode untuk membuat ide kreatif, hal yang spontan pun
biasanya bisa membuat perusahaan menjadi lebih maju dengan ide yang ada dan
spontan.
7.
Segala Sesuatu Serba Terbatas
Itu
hanyalah mitos karena untuk membuat ide itu tidak ada batasnya, semakin banyak
kita memiliki ide semagin baik untuk hal yang akan dilakukannya.
8.
Laba adalah Raja
Laba
itu sebenarnya bukan raja ini mitos, banyak orang yang masih menggap laba itu
adalah raja dan banyak yang harus selalu di perhatikan terhadap produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar