Senin, 16 Desember 2013

Ria Andriyani






Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru atau berbeda dari yang lainnya. Hingga memiliki sebuah nilai yang berarti atau sesuatu yang bernilai tinggi dan berguna untuk diri sendiri dan juga orang lain.
Pentingnya Kewirausahaan
            Kewirausahaan sudah terbilang suatu kegiatan yang sudah tidak asing lagi bahkan banyak orang Indonesia membuka usaha sendiri untuk memenuhi kebutuhannya, kewirausahaan penting untuk meningkatkan perekonimian seseorang bahkan mengurangi pengangguran yang merajalela di Indonesia. Maka dari itu banyak pelajarilah tentang kewirausahaan  yang sangat bermanfaat untuk kehidupan diri sendiri dan juga orang lain. Adanya kesuksesan yaitu berkat adanya kemampuan berfikir yang inovatif dan kreatif. Yang harus selalu kita ingat juga yaitu dibalik kesuksesan kita berkat adanya orang-orang yang selalu memberikan dorongan atau doa yang menjadikan motivasi kita sampai terjadinya sebuah kesuksesan.
Dua pilihan dalam berbisnis :
1.      Intrapreneur    : yaitu seseorang yang berinisiatif mengambil tugasnya atau mengambil keputusan untuk membuat perusahaan orang lain menjadi lebih maju dan lebih dikenal dari ke kreatifan orang tersebut.
2.      Enterpreneur   : yaitu seseorang yang melakukan aktifitas dan membuat sesuatu yang baru atau lebih kreatif dari yang lainnya. Yang bisa disebut sebagai seseorang yang memiliki sebuah usaha sendiri atas pola pikir diluar kebiasaannya menjadi usaha  yang biasa dilakukannya.
        
      K.P      :  Key Partner yaitu menjalin kerjasama dengan pihak lain.

K.A     :  Key Activities yaitu aktivitas yang terus menjaga value.
K.R     :  Key Resources yaitu menjaga bahan baku utama yang menjadi andalan.
V.P      :  Value Preposition yaitu nilai yang ditawarkan perusahaan kepada customer.
C.R      :  Customer Relationsip yaitu menjaga hubungan baik dengan para customer.
Chanel :  Chanel yaitu memudahkan customer dan membeli produk atau jasa.
C.S      :  Customer Segment yaitu mendeskripsikan calon pelanggan berdasarkan        
                Kategori tertentu.
Cost Structure     : adalah Struktur Biaya adalah  proporsi  relatif  yang  tetap, variabel, dan  Biaya campuran yang ditemukan dalam sebuah organisasi usaha
Revenue Stream  : adalah sumber-sumber pendapatan perusahaan.
(Sumber :  http://www.cgamedia.org/ rtn- jobnkarir.wordpress.com)

Marketing ada 3 macam yaitu :
1.      M.1.O => Marketing One Point “o”
Adalah marketing yang berfokus pada produk dan melakukan kegiatan yang diarahkan sesuai dengan keinginan produsen. Akan tetapi pada saat ini marketing one point o sudah jarang dipakai oleh perusahaan.
2.      M.2.O => Marketing Two Point “o”
Adalah marketing yang berfokus pada pelanggan, yang mempertimbangkan terlebih dahulu selera konsumen dan memenuhi kebutuhannya dengan cara survey terlebih dahulu untuk membuat produk lalu menjualnya (emotional marketing).
3.      M.3.O => Marketing Three Point “o”
Adalah marketing yang berfokus pada kemanusiaan maksudnya disini yaitu tidak hanya menjual produk saja akan tetapi peduli akan efek untuk pembeli barang tersebut dan membeli produk yang membantu orang banyak (human spiritual marketing).

Buku sila ke-6 KREATIF SAMPAI MATI
Buku sila ke-6 Kreatif Sampai Mati ini bisa membantu berfikir untuk lebih kreatif atau lebih maju dari sebelumnya banyak sekali manfaat yang tertulis dibuku ini bahkan warna dan isi buku yang menarik membuat ketertarikan tersendiri untuk membacanya. Banyak hal yang tidak kita ketahui sebelumnya menjadi tau bagaimana kreatif atau apa kreatif itu. Bisa membaca buku ini jika inging mengetahui lebih lanjut isi atau manfaatnya.




Buku Petunjuk Pengalaman Kreativitas bagi rakyat dari Kementrian Desain Republik Indonesia.
Di dalam buku ini terdapat isi butir-butir yaitu :

Kreatif Bisnis Lahir Dari :
Butir 1. Cari Duniamu                                                                                     
Butir 2. Berfikir Berbagai Arah       
Butir 3. Rekam dan Remix                                                                            
Butir 4. Lakukan  Hal Spontan                                                                         
Butir 5. Bagaimana Kalau ?                                                                          
Butir 6. Bikin Lengket                                                                                   
Butir 7. Rangkul Keterbatasan                                                                           
Butir 8. Informal ke Formal                                                                          
Butir 9. Introvert Itu Cool!                                                                                    
Butir 10.Jangan Kalah Start                                                                          
Butir 11.Mampu Mengurai                                                                               
Butir 12.Hadapi Si Otak Kadal                                                                       
Butir 13.Out Of The Box?                                                                              
Butir 14.Setiap Karya Ada Peminatnya                                                             
Butir 15.Tetap Gembol Selalu                                                                      
Butir 16.Fleksibel Saja                                                                                    
Butir 17.Monoton? No Way!

Disini saya akan menjelaskan secara singkat tentang point-point dari isi buku yang berjudul Kreatif Sampai Mati :
Butir 1. Cari Duniamu
Untuk lebih kreatif atau sukses harus di seratai dengan mencari duniamu sendiri karena dalam melakukan pekerjaan atau sesuatu yang kita sukai akan merasa lebih hidup karena ini lah diri sendiri atau dunia yang dicari selama ini.

Butir 2. Berfikir Berbagai Arah
Berfikir berbagai arah yaitu bagaimana kita mengubah sesuatu yang biasa menjadi luar biasa atau sesuatu yang biasa menjadi sebuah nilai. Maka diperlukan berfikir ke berbagai arah agar menimbulkan ide-ide baru dan Kreatif adalah bisa mencari jalan keluar.

Butir 3. Rekam dan Remix
Rekan dan Remix disini yaitu menambahkan sesuatu yang sudah ada menjadi lebih kreatif dari sebelumnya.
Butir 4. Lakukan Hal Spontan
Dengan cara spontan bisa langsung mendapatkan ide dan langsung dilakukan akan tetapi hal spontan ini harus sesuai dengan moment yang sedang ada atau yang sedang buming.

Butir 5. Bagaimana Kalau
Bagaimana kalau merubah atau menambahkan sesuatu ide baru yang tidak orang lain ketahui sebelumnya, lebih kreatif dari yang lainnya.

Butir 6. Bikin lengket
            Membuat ide yang membuat orang lain lengket dengan hal yang sudah ada dirubah menjadi ketertarikan tersendiri , produk yang terbilang biasa di buat menjadi produk yang unik.

Butir 7. Rangkul Keterbatasan
Rangkul Keterbatasan kita harus bisa merangkul keterbatasan karena keterbatan bisa saja menjadi kelebihan tersendiri.

Butir 8. Informal Ke Formal
            Informal ke formal contohnya disini ada almamater kampus yang dibuat menjadi sweater agar bisa digunakan kapan saja, yang asalnya formal dirubah menjadi informal.

Butir 9 . Introvert Itu Cool
            Introvert itu cool yaitu orang pendiam, tetapi di balik sifat pendiam dia bisa menimbulkan ide yang kreatif dan biasanya lebih menarik.

Butir 10 . Jangan Kalah Start
            Jangan kalah start dengan orang jepang disini kotoran saja bisa menjadi suatu nilai yang dibuat menjadi gantungan kunci yang bernilai, ide kreatif harus langsung dilakukan jika memiliki sebuah karya, kreativitas perlu keberanian.

Butir 11 . Mampu mengurai
            Mampu Mengurai gambar yang hanya garis biasa saja bisa menjadi suatu gambir yang menarik.

Butir 12 . Hadapi Si Otak Kadal
            Otak kadal adalah rasa ketakutan dalam diri sendiri jika akan melakukan hal apapun, cara menghadapinya yaitu harus melawan rasa takut tersebut.

Butir 13 . Out Of The Box
            Out Of The Box melakukan hal yang berbeda dari yang lainnya, rasa ingin menjadi seorang pemimpin

Butir 14 . Setiap Karya Ada Peminatnya
            Setiap Karya Ada Peminatnya walaupun membuat karya yang tidak luar biasa akan tetapi pasti ada saja peminatnya jangan takut jika membuat sesuatu yang tidak ada peminatnya

Butir 15 . Tetap Gembol Selalu
            Tetap gambol selalu yaitu membuat sesuatu yang modern dan tidak membuat yang monoton atau itu-itu saja

Butir 16 . Fleksibel Saja
            Fleksibel saja yaitu melakukan hal yang simple saja yang ada tapi lebih dari yang lainnya, tidak selalu diambil pusing.

Butir 17 . Monoton ? No Way!
            Monoton ? no way! Orang kreatif akan selalu membuat hal yang baru dan tidak monoton yang membuat orang melihatnya bosan, tetapi membuat orang yang melihatnya tertarik.

MARKETING IS BULSHIT
1.      Hoki itu Kebetulan
Tidak benar Itu hanyalah mitos belakang karena hoki itu ada dari bagaimana kita melakukan promosi secara extra kepada para konsumen, dan bagaimana kita melakukan promosi kepada target pasarnya maka dari situ bisa adanya hoki.
2.      Terobosan adalah Pemborosan
Itu hanyalah mitos belakang terobohan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena dengan biaya yang secukupnya saja bisa membuat terobosan.
3.      Terobosan Bukan Keharusan
Terobosan adalah keharusan karena tanpa terobosan tidak akan terjadinya suatu perubahan yang baru atau yang lebih modern.
4.      Diferensiasi sukar untuk Dikreasi
Ini adalah mitos karena diferensiasi itu sebenarnya mudah untuk dikreasi, dengan merubah nama saja sudah cukup disebut dengan diferensiasi.
5.      Kegigihan adalah segala-galanya
Kegigihan adalah segala-galanya itu adalah mitos, karena yang dibutuhkan adalah daya kreatifitas kita ketika ingin melakukan promosi terhadap produk yang dimiliki.
6.      Perlu Metode untuk Hasilkan Ide
Tidak itu hanyalah mitos perlu metode untuk membuat ide kreatif, hal yang spontan pun biasanya bisa membuat perusahaan menjadi lebih maju dengan ide yang ada dan spontan.
7.      Segala Sesuatu Serba Terbatas
Itu hanyalah mitos karena untuk membuat ide itu tidak ada batasnya, semakin banyak kita memiliki ide semagin baik untuk hal yang akan dilakukannya.
8.      Laba adalah Raja
Laba itu sebenarnya bukan raja ini mitos, banyak orang yang masih menggap laba itu adalah raja dan banyak yang harus selalu di perhatikan terhadap produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar