Minggu, 15 Desember 2013

Hartadi Aji

YANG MUDA YANG KREATIF , KREATIF? SAMPE MATEEEE..

Kewirausahaan adalah proses pengembangan ide dan hasil proses yang bisa dituangakan kedalam penciptaan baru yang berisiko dan ketidak pastian.

Mengapa didunia ini kita harus berbisnis? Karena dengan bisnis kita akan bisa memodali hidup kita kedepannya, tetapi dalam bisnis juga tidak asal asalan karema harus ada perencaan yang matang dan konsep yang jelas agar bisnis kita bisa berkembang, untuk mempelajari bisnis sekarang sudah mudah karena bisnis sekrang sudah transparan sudah bisa diketahui melalui internet ataupun bertanya face to face kepada orang yang sudah handal dalam berbisnis.

Dalam berbisnis ada dua pilihan :

1. Intrepreneur : yaitu bekerja pada orang lain dan membantu perusahaan orang lain untuk lebih berkembang dengan ide ide yang kita punya

2. Entrepreneur : yaitu bekerja dan memiliki perusahaan sendiri, menuangakan ide dan pikiran agar perusahaan kita berkembang sebagaimana mestinya.

Dalam bisnis ada yang namannya deskripsi bisnis / kerangka bisnis, seperti:



K.P : yaitu key partners membangun kerjasama dengan pihak lain

K.A : yaitu key activities aktivitas utama agar terus menjaga value

K.R : yaitu key resources menjaga bahan bahan utama yang menjadi andalan

V.P : yaitu value preposition nilai yang ditawarkan perusahaan kepada customer

C.R : yaitu customer relationship menjaga hubungan baik dengan customer ataupun relasi dan partner

Channel : untuk menyalurkan VP menuju CS

C.S : yaitu customer segment untuk menentukan dan menetapkan pealanggan berdasarkan kategori tertentu.

Tentu dalam berbisnis kita harus mempunyai jurus marketting dan ada beberapa mitos yang menurut orang berpengaruh dalam berbisnis:

1 . HOKI ITU KEBETULAN
Ternyata itu hanya mitos karena dalam dunia bisnis tidak ada yang namanya hoki , tetapi dalam bisnis perusahaan bisa hoki dan lebih laku karena lebih gencar dalam melakukan promosi.

2 . TEROBOSAN ADALAH PEMBOROSAN
Ternyata itu hanya mitos , karena perusahaan yang berani melakukan terobosan adalah perusahaan yang akan sukses dan mendapatkan profit yang besar dan modal yang dipakai akan segera kembali.

3 . TEROBOSAN ADALAH KEHARUSAN
Ternyata itu hanya mitos, karena dalam bisnis terobosan sangat penting karena kalau produk hanya itu itu saja, customer akan cepat bosan

4 . DIFFERENSIASI SUKAR DIKREASI
Ternyata itu hanya mitos, karena differensiasi itu mudah diciptakan dan biasanya dengan differensiasi perusahaan akan lebih cepat berkembang, dan contoh yang paling simple dengan merubah nama saja itu sudah disebut differensiasi.

5. KEGIGIHAN ADALAH SEGALANYA
Ternyata itu hanya mitos, karena dengan kegigihan saja tidak cukup untuk membuat perusahaan menjadi berkembang, butuh ide kreatif untuk lebih mengembangkan usaha.

6. PERLU METODE UNTUK MENGHASILKAN IDE
Ternyata itu hanya mitos , karena tidak perlu metode untuk membuat ide kreatif, hal yang spontan pun biasanya bisa membuat perusahaan menjadi lebih maju dengan ide yang ada dan spontan, tetapi ide spontan biasanya harus langsung di eksekusi atau di proses.

7. SEGALA SESUATU SERBA TERBATAS
Ternyata itu hanya mitos, untuk hasilkan ide itu tidak mengenal batasan, semua nya serba bisa di kreasi dan semua orang bisa membuat ide yang cemerlang.

8. LABA ADALAH RAJA
Ternyata itu hanya mitos, biasanya perusahaan yang lebih mementingkan laba adalah perusahaan yang jarang berhasil, jadi perusahaan juga harus membuat fasilitas yang sepele tetapi penting bagi customer. Contoh : memperbesar mushola atau memperbesar WC.

Tetapi inti dari marketting kita harus mempunya rasa kepercayaan diri yang tinggi karena denga kepercayaan diri kita bisa mengkreasi semua ide menjadi ide yang lebih berkelas dan bernilai, dan biasanya dengan percaya diri, seseorang tidak akan berputus asa walaupun menemui kegagalan. seperti kutipan dan artikel kutipan dibawah ini :

"Kepercayaan diri adalah keyakinan seseorang yang diperoleh melalui monolog dengan dirinya sendiri yang bersifat internal, keyakinan yang mendukung pencapaian pelbagai tujuan hidupnya untuk tidak berputus asa walaupun menemui kegagalan" (Dr. Robert Anthony)

Sebenarnya manusia diberikan kebebasan penuh untuk menentukan pikiran kita. Kebanyakan manusia sekarang ini mudah mengeluh. Susah sedikit mengeluh, salah sedikit mengeluh, kalah sedikit mengeluh. Bahkan belum apa apa sudah mengeluh. Yang menjadi tantangannya itu adalah bagaimana kita mengubah apa yang kita dapatkan sebagai keluhan atau penyemangat hidup. Kita yang bisa menentukan apa yang akan kita lakukan dengan semua hal yang kita dapatkan. Berpikir positif salah satunya. Kita bisa memilih untuk berpikir positif dibanding terus menerus mengeluh. Berpikir positif itu mudah, semudah kita untuk negatif thinking terhadap sesuatu. Intinya, semua itu pilihan. Jika positif thingking dan negatif thingking sama mudahnya, maka yang harus kita lakukan adalah berusaha sekeras mungkin untuk berpikir positi bukan berpikir negatif. Positif thingking tidak akan selaras tanpa adanya positif feeling. Apa bedanya? Bedanya adalah jika pikiran itu berasal dari kerja otak maka perasaan berasal dari hasil kerja hati. Positif thinking tidak akan dapat berjalan jika tidak diiringi dengan positif feeling. Maka dari itu pikiran yang positif harus diiringi juga dengan perasaan kita yang positif pula. Melihat dari pernyataan beberapa filsafat yang tercantum dalam buku Psikologi Pengembangan Diri karya Hery Wibowo “How the World work is depending on us” seringkali apa yang kita inginkan dan pikirkan tidak tercapai. Itu karena kita belum menyinkronkan perasaan kita. Oleh karena itu alangkah baiknya apabila kita memiliki positif feeling agar terjadi suatu keselarasan yang sangat besar pengaruhnya.

Satu tingkat lebih tinggi dari positif thingking adalah berpikir apresiatif. Berpikir apresiatif adalah upaya menghargai apa yang ada pada diri kita, mengambil hikmah dari setiap kejadian yang kita lalui (Hery Wibowo.2010.Psikologi Pengembangan Diri.hal.31). Jika dalam cerita diatas, berpikir apresiatif tercantum pada dialog ayah. Dia tidak begitu menyesali kegagalan anaknya lolos pada jalur tersebut, namun mengapresiasi usaha keras si anak. Karena memang benar, kita tetap harus menghargai apa yang telah kita lakukan, waluapun itu berupa hal hal kecil. Kita harus bersyukur juga dengan segala hasil yang telah kita dapatkan. Karena sekeras apapun usaha kita jika Allah belum menakdirkan kita ya itu memang bukan takdir kita. Lagipula, semuanya itu pasti ada hikmahnya. Cepat atau lambat semua itu ada hikmah yang tersembunyi dan pasti baik untuk kita.

Motivasilah yang kita perlukan. Motivasi adalah energi yang mendorong kita untuk melakukan sesuatu. Dimana artinya jika kita tidak memiliki motivasi, maka kita akan susah sekali terdorong untuk maju. Empat area utama motivasi manusia adalah makanan, cinta, seks, dan pencapaian (Wade, Carol; Tavris, Carol. Psikologi: Jilid 2, Jakarta: Erlangga, 2007, hal. 142-152). Tujuan-tujuan yang mendasari motivasi ditentukan sendiri oleh individu yang melakukannya, individu dianggap tergerak untuk mencapai tujuan karena motivasi intrinsik(keinginan beraktivitas atau meraih pencapaian tertentu semata-mata demi kesenangan atau kepuasan dari melakukan aktivitas tersebut), atau karena motivasi ekstrinsik, yakni keinginan untuk mengejar suatu tujuan yang diakibatkan oleh imbalan-imbalan eksternal. disamping itu terdapat pula fsktor yang lain yang mendukung diantaranya ialah faktor internal yang datang dari dalam diri orang itu sendiri. Jadi, mengacu pada pendapat-pendapat para ahli di atas, Cut Zurnali (2004) mengemukakan bahwa motivasi karyawan dipengaruhi oleh motif, harapan dan insentif yang diinginkan.

Kegagalan itu yang harus kita jadikan motivasi untuk maju. Sekali pun ada orang yang menyombongkan dirinya kepada kita. Justru jadikan kesombongan mereka itu sebagai penyemangat kita dan jadikan motivasi pula untuk semakin maju

Karena kita lah penguasa diri kita. Kita yang bisa menentukan jalan hidup kita. Kita pula yang mengendalikan jalan pikir kita. Jangan sampai justru kita yang di kendalikan.


Oke, kembali ke marketing, marketing itu mempunyai 3 macam :

1 . M.1.0 : marketing yang digunakan perusahaan hanya untuk membuat dan menjual produk saja dan ini biasanya digunakan dulu oleh perusahaan karena dulu tidak ada pesaing dan sekarang marketing ini sudah jarang dipakai oleh perusahaan

2 . M.2.0 : marketing ini digunakan oleh perusahaan , karena tidak hanya menjual, perusahaan mempertimbangkan terlebih dahulu selera orang, dan melakukan survey terlebih dahulu untuk membuat produk lalu menjualnnya (emotional marketing)

3 . M.3.0 : marketing ini sekarang banyak digunakan karena disebut juga marketing sosial, karena perusahaan juga membantu orang yang cacat mental untuk bekerja dan uang dari pelanggan pun tidak sepenuhnnya masuk ke bos besar tetapi ke orang yang membuthkan, intinya pelanggan pun akan membeli produk yang bisa membantu orang banyak itupun kalau memang produk sama enaknya atau sama kualitasnya (human spiritual marketting)

Dan untuk lebih kreatif dalam mengembangkan ide, penulis mempunyai buku “KREATIF SAMPAI MATI” karangan wahyu aditya. Karena menurut penulis buku ini cukup enak untuk dibaca dan banyak ilmu yang bisa didapat didalamnya, contohnnya dalam isi bukunya yaitu banyak cara untuk menjadi pengusaha muda sukses.



Penulis akan menjelaskan sedikit buku terebut dan memberitahu isi apa saja yang ada didalam buku tersebut:

 - Yang pertama di buku itu ada butir butir bagaimana kita harus sukses dengan cara apa saja kita bisa sukses dan lebih kreatif.

 - Yang kedua di buku itu terdapat kata kata penyemangat yang menjadi kita menjadi lebih bersemangat.

 - Yang ketiga dibuku banyak sekali kutipan yang bisa kita ambil ke kehidupan kita sehari hari.

Oke, penulis akan menjelaskan secara singkat butir butir yang ada didalam buku tersebut:

1 . Cari Duniamu

Untuk lebih sukses dan berkembangan dalam hidup kita harus cari dunia kita sendiri karena dengan dunia kita sendiri kita akan lebih menikmati pekerjaan kita ataupun hidup kita sekalipun.

2 . Berpikir Berbagai Arah

Untuk lebih kreatif kita harus berpikir ke semua arah, jangan hanya ke satu arah saja karena ide kita tidak akan berkembang kalau hanya berpikir ke satu arah.

3 . Rekam dan Remix

Kreatif juga bisa dengan cara kita meremix yang sudah ada tetapi ditambah dengan polesan yang berbeda dan membuat orang menjadi lebih tertarik.

4 . Lakukan Hal spontan

Kreatif tidak perlu metode. Dengan cara spontan bisa tertuangkan ide dan biasanya orang pun menjadi tertarik, tetapi ide spontan harus langsung di eksekusi karena harus sesuai dengan moment.

5 . Bagaimana Kalau?

Kreatif harus diawali dengan pertanyaan “bagaiaman kalau?” dengan pertanyaan itu ide kita akan semakin berkembang dan kita menjadi lebih kreatif.

6 . Bikin lengket

Ide yang dituangkan harus membuat orang lengket dengan ide yang kita berikan dan memang butuh pemikiran kreatif untuk membuat orang menjadi lengket terhadap produk yang kita berikan. Contohnya : polisi dibuat semenarik mungkin agar lengket dan dekat dengan anak kecil, polisi di di indonesia sekarang mukanya sangar sangar dan membuat anak kecil takut J

7 . Rangkul Keterbatasan

Untuk kreatif kita harus bisa merangkul keterbatasan , karena di dunia ini tidak ada yang sempurna. Orang yang cacat mental pun biasanya bisa lebih kreatif dari orang normal, maka dari itu rangkulah orang yang “cacat mental” ataupun orang yang “abnormal” untuk bisa mendorong ide kreatif kita.

8 . Informal ke formal

Untuk kreatif kita harus mempunya differensiasi, dan dari formal ke informal. Contohnya : almamater universitas, kenapa dibuat jas kaku? Yang hanya digunakan ketika seminar. Kenapa tidak dibuatkan jaket atau sweater yan bisa digunakan kapan saja.

9 . Introvert Itu Cool

Introvert itu orang pendiam, tetapi di balik sifat pendiam dia bisa menimbulkan ide yang kreatif dan biasanya lebih menarik. Maka dari itu intovert itu cool :D

10 . Jangan Kalah Start

Percuma kita memmpunya ide yang cemerlang tetapi kita kalah start dengan kompetitors kita, maka dari itu start harus lebih awal.

11 . Mampu mengurai

Mengurai bentuk lama menjadi bentuk baru, contohnya : garis acak acak bisa diurai menjadi gambar yang menarik. Kreatif bukan ?

12 . Hadapi Si Otak Kadal

Kreatiif oke , start oke tetapi tidak bisa mengalahkan otak kadal ? sama aja dengan mempercepat bisnis kita untuk bangkrut. Otak kadal itu ketakutan dan ini harus dikalahkan agar bisnis kita berkembang.

13 . Out Of The Box

Kreatif harus berbeda dengan yang lain, tetapi yang beda belum tentu semuanya menarik dan diminati. Butuh uraian untuk membuat berbeda itu menarik.

14 . Setiap Karya Ada Peminatnya

Jangan takut ide kita tidak akan berhasil , karena orang kreatif selalu berpikir “SEMUA KARYA PASTI ADA PEMINATNYA”

15 . Tetap Gembol Selalu

Kreatif itu harus gembol selalu, jangan kaku dalam membuat suatu produk, harus lebih gaul dan menarik agar orang tidak bosan.

16 . Fleksibel Saja

Kita harus kuat dengan cercaan orang mencerca karya kita, tetapi fleksibel saja orang mencerca agar kita bisa lebih berkembang dan lebih kreatif lagi. Positif bukan ?

17 . Monoton ? no way!

Orang kreatif itu tidak boleh monton , harus ada ide yang berbeda di setiap karynaya, jangan mentang mentang yang pertama sukses jadi terus memakai ide itu. Harus lebih kreatif agar tidak terlihat membosankan.

Banyak sekali cara untuk menjadi pengusaha sukses dan berkembang berawal dari deskripsi bisnis / kerangka bisnis , dilanjutkan dengan mitos mitos bisnis dan bagaimana cara mengalahkan rasa tidak percaya diri dan terakhir buku kreatif sampai mati. Selamat sukses dan semoga bermanfaat. HIDUP KREATIF DAN HIDUP PENGUSAHA MUDA!!!!
CREATED  BY : HARTADI AJI RUKMAWAN




Tidak ada komentar:

Posting Komentar