KEWIRAUSAHAAN
Pengertian Kewirausahaan
Kewirausahaan
(Entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi,
mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.Visi tersebut bisa
berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan
sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru
yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.
Kewirausahaan
memiliki arti yang berbeda-beda antar para ahli atau sumber acuan
karena berbeda-beda titik berat dan penekanannya. Richard
Cantillon(1775), misalnya, mendefinisikan kewirausahaan sebagai bekerja
sendiri (self-employment).Seorang wirausahawan membeli barang saat ini
pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan
harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana
seseorang menghadapi risiko atau ketidakpastian. Berbeda dengan para
ahli lainnya, menurut Penrose(1963) kegiatan kewirausahaan mencakup
indentfikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi sedangkan menurut
Harvey Leibenstein(1968, 1979) kewirausahaan mencakup kegiatan yang
dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat
semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas,
atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya dan menurut
Peter Drucker, kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru dan berbeda. Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan
disebut wirausahawan. Muncul pertanyaan mengapa seorang wirausahawan
(entrepreneur) mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia pada
umumnya. Mereka mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi
yang sangat terkait dengan nilai nilai, sikap dan perilaku sebagai
manusia unggul.
Seperti yang dikutip pada blog
inovation-thinking.blogspot.com oleh Hery Wibowo “Gerakan kewirausahaan
sosial beberapa tahun terakhir ini telah menjadi sebuah gerakan global
yang mendunia (Bornstein 2006, Nicholls, 2008). Kajian dari SWA
(swa.co.id diunduh 6/3/2011) menyatakan bahwa kewirauasahaan sosial kian
terbukti mampu menyembuhkan berbagai penyakit sosial seperti
kemiskinan, keterbelakangan dan kesehatan masyarakat. Hal ini berarti
bahwa gerakan kewirausahaan telah semakin diyakini mampu memberikan
harapan dan manfaat bagi masyarakat luas.
Artinya,
tanpa kita sadari, di dunia ini telah terbentuk suatu gerakan yang
berasal dari prakarsa masyarakat, untuk memecahkan masalahnya sendiri,
dan juga memenuhi kebutuhannya sendiri. Dan tanpa kita ketahui, telah
hadir ribuan aktor pemrakarsa yang tidak bisa hanya diam saja melihat
kondisi disekitarnya jauh dari ideal. Hadirnya gerakan kewirausahaan
sosial ini, secara umum di dukung oleh dua hal yaitu belum efektifnya
pelayanan publik (sehingga mendorong warga untuk bergerak mandiri), dan
juga meningkatnya tingkat pendidikan masyarakat, sehingga mampu
mendorong pendayagunaan informasi secara mobilisasi kreatif dari sumber
daya yang ada.”
Sejauh ini pendidikan di Indonesia
terlihat sangat tidak seimbang karna selalu mengedepankan sisi akademis
dan sementara itu seni dan kreatifitas seolah hanya menjadi pelengkap
saja. Yang setiap aanak hanya mengandalkan pembelajaran dari seolah nya
saja. Berikut terbagi dalam 17 butir (bab) Wahyu Adityakesadaran akan
pentingnya berpikir dan bertindak kreatif, mencoba menawarkan pupuk
untuk menumbuhkan benih-benih kreatif dalam diri kita yang sejatinya
sudah ada di setiap individu manusia. “Tidak hanya berpusar di kehidupan
Wahyu Aditya, ada banyak tokoh kreatif yang keren juga dimunculkan di
buku ini sebagai contoh dan penginsiprasi, seperti Phil Hansen yang
memiliki keterbatasan tidak mampu menggambar garis lurus karena
kerusakan syaraf di tangannya, lalu di dengan kreatif memanipulasi
keterbatasannya menjadi suatu style khas dirinya”.
Butir
favorite saya adalah Rekam dan Remix ‘Bisa merekam dan meremix karya
yang sudah ada sebelumnya menjadi lebih bagus lagi. Bahkan hasil karya
yang pernah kita lihat sebelumnya merupakan beragam pengalaman yang
sewaktu-waktu bisa kita putar, dan kita remix’Dan butirHadapi Si Otak
Kadal ‘Di bagian otak manusia ada bagian yang di sebut amygdala, bagian
otak ini berfungsi mengatur rasa takut, marah,dan nilai-nilai negative.
Dan di bagian otak ini yang mengontrol rasa takut dalam berkreatifitas,
dan bagian otak ini yang menahan kita untuk tidak berkreatifitas. Maka
dari itu seharusnya kita bisa mengalahkan otak kadal ini agar
kreatifitas terus tumbuh dan berkembang sehingga bisa menghasilkan karya
yang menjanjikan.’
Ketika cita-cita saya ingin
menjadi seorang enterpreneur muda, ada sebuah buku yang menjadi
inspirasi saya, yaitu terdapat pada buku “101 Young CEO”dan ada beberapa
enterpreneur-enterpreneur muda dibuku tersebut yang sangat
menginspirasi. Salah satu nya adalah Andradea Putridengan idenya
“Sensasi Teh di Spa”. Yang awal mula berdirinya usaha ini karna mulai
dari hobby Dea yang gemar pergi ke salon maka akhirnya ia memiliki ide
untuk membuka Spa dengan menggunakan bahan dari Teh. Usaha nya sangat
unik dan membuat saya berfikir keras tentang idenya tersebut ketika saya
mulai membaca biografi nya yang terdapat pada buku “101 Young CEO”,
karna yang saya tahu bahan baku dari Teh biasanya hanya digunakan untuk
olahan kuliner saja, tetapi dengan ide yang sangat cemerlang dari Deaini
maka terbentuklah Spa yang menggunakan bahan dari Teh yang kini
beromset 950jt pertahun. Kemudian ide cemerlang lagi muncul dari Anggara
Kasih Nugroho Jatipencipta Bakso Unik, Bakso Kepala Sapi. Bakso adalah
makanan favorit rakyat Indonesia, karena dimana-mana kita bisa melihat
warung bakso. Sekilas yang kita ketahui membuka usaha seperti warung
bakso ini tidak menjanjikan karena banyak nya pesaing. Anggara Kasih
Nugroho Jati ini menciptakan bakso yang memiliki nilai tambah yang
berbeda dari warung bakso lainnya. Bakso kepala sapi yang total omset
yang didapatnya adalah 1 miliar pertahun. Saya sangat penasaran dengan
ide yang diberikan oleh Anggara ini karena awal saya mengetahui ada
warung bakso kepala sapi, saya ragu untuk mencoba karna yang saya pikir
sangat aneh bila kepala sapi menjadi olahan bakso. Tetapi rasa penasaran
saya lebih besar, akhirnya saya mencoba bakso kepala sapi dan ternyata
tidak seburuk yang saya pikir. Ide bakso dengan bahan daging campuran
kepala sapi dan kuah kaldu kepala sapi. Kepala sapi memiliki lemak dan
kolesterol lebih sedikit dibandingkan daging di bagian tubuh lainnya,
sehingga bakso kepala sapi aman dimakan oleh siapapun.
Jurus marketing
1. Hoki Itu Kebetulan
Hoki itu bukan kebetuan tetapi mempromosikannya lebih sering
2. Terobosan Adaah Prmborosan
Harus melakukan terobosan
3. Terobosan Bukan Keharusan
Tidak boleh terpaksa untuk melakukan terobosan tetapi harus melalui kesadaran
4. Diferensiasi Sukar Untuk Dikreasi
Diferensiasi sangat mudah untuk diluncurkan (pembeda)
5. Kegigihan Adalah Segalanya
Kegigihan bukan segala-galanya tetapi harus disatukan dengan kreatifitas
6. Perlu Metode Untuk Hasilkan Ide
ide bisa muncul kapan saja dan dimana saja tanpa metode (berfikir berbagai arah)
7. Segala Sesuatu Serba Terbatas
Ide itu tidak terbatas
8. Laba Adalah Raja
Masih merajakan laba
HRD ABAD 21
Creative
Produksi Efektif dan Efisensi
Value
Spesific Skill : Unggul di suatu wilayah/perusahaan. Contohnya WISNUTAMA NET. Buat apa pegawai jika banyak tapi tidak kreatif kalau tidak punya skill hanya jadi seorang buruh saja.
Multitasking : dua keahlian/lebih akan diperhitung setelah masuk kerja
M.1,O = Produk Marketing (Sudah Mulai Ditinggalkan)
·
Marketing hanya perusahaan yang mempunyai alat/tempat saja. Memproduksi
dan jual saja, karena pada jaman dahulu belum banyak pesaing.
M.2,O = Emotional Marketing / Marketing Research
· Mempertimbangkan kebutuhan orang, survey untuk mengetahui selera.
Contoh:
Bank BRI yang berada di desa-desa. Karna pada umumnya di desa terpencil
tidak terdapat Bank atau apapun yang dibutuhkan, tidak seperti di kota.
M.3,O = Human Spiritual Marketing (disebut sebagai kewirausahaan sosial)
·
Orang yang sudah memikirkan barang yang dibeli membahayakan/tidak dan
kemajuan kedepannya dan mempertimbangkan efek si pembeli dan penjual.
Contoh: Kosmetik yang merusak ozon.
Strategy : Rencana jangka panjang
Tactic : Membuat diferensiasi bisa melalui iklan, kemasan dll
Value : Apa yang bisa kita janjikan kepada pelanggan
Integrasi Marketing Dengan Bisnis terdapat 3 tahapan yaitu Positioning-Brand-Diferentiation. Yang masing-masing memiliki fungsi. Dibawah ini fungsi dari masing-masing tahapan tersebut :
Tactic : Membuat diferensiasi bisa melalui iklan, kemasan dll
Value : Apa yang bisa kita janjikan kepada pelanggan
Integrasi Marketing Dengan Bisnis terdapat 3 tahapan yaitu Positioning-Brand-Diferentiation. Yang masing-masing memiliki fungsi. Dibawah ini fungsi dari masing-masing tahapan tersebut :
- Positioning
- Segmenting
- Targeting
Positioning
merupakan salah satu strategi yang berusaha menciptakan diferensiasi yang unik dalam benak pelanggan sasaran sehingga terbentuk produk yang lebih unggul dibandingkan produk pesaing. Positioning lebih kepada Mind Share yang bagaimana produk kita ada di benak konsumen /pelanggan. Contohnya adalah produk minuman berenergi, yang perlu anda ketahui minuman berenegi tidak hanya Extra Joss, tetapi dibenak masyarakat minuman berenergi lebih kepada produk yang pertama keluar ke pasaran yaitu Extra Joss.
Jika ada Postioning, kita juga harus memperhatikan Segmenting dan Targeting nya. Berikut pengertian Segmenting dan Targeting :
Segmenting
sekelompok orang-orang atau organisasi yang memiliki satu atau lebih karakteristik yang sama menyebabkan mereka memiliki produk yang serupa.Tujuan segmentasi pasar adalah membuat para pemasar mampu menyelesaikan bauran pemasaran untuk memenuhi kebutuhan satu atau lebih segmen pasar tertentu.
- All Segmen (membidik Semuanya)
- Niche Segmen (hanya beberapa kalangan saja/kalangan kecil)
Targeting
merupakan
sebuah sasaran, siapa yang dituju. Dalam menentukan targeting maka
dilakukan beberapa survey untuk dapat mengetahui keadaan pasar nantinya,
agar ketika proses pemasaran tidak salah sasaran.
Differentiation
Selling/Marketing mix
- Product
- Price
- Promotion
- Place
Product
:Sebuah produk dipandang sebagai item yang memenuhi apa permintaan
konsumen . Ini adalah baik nyata atau produk service.Tangible berwujud
adalah mereka yang memiliki keberadaan fisik independen. Contoh umum
diproduksi secara massal , benda nyata adalah mobil motor dan pisau
cukur sekali pakai . Sebuah layanan yang diproduksi secara massal kurang
jelas, tetapi di mana-mana adalah sebuah sistem operasi komputer .
Setiap
produk tunduk pada siklus hidup termasuk fase pertumbuhan diikuti oleh
fase kematangan dan akhirnya periode akhirnya penurunan sebagai jatuh
penjualan . Pemasar harus melakukan penelitian yang cermat pada berapa
lama siklus hidup produk yang mereka pemasaran mungkin akan dan
memusatkan perhatian mereka pada tantangan yang berbeda yang muncul
sebagai langkah produk .
Pemasar
juga harus memperhatikan bauran produk . Pemasar dapat memperluas
bauran produk saat ini dengan meningkatkan kedalaman lini produk
tertentu atau dengan meningkatkan jumlah lini produk . Pemasar harus
mempertimbangkan bagaimana posisi produk , bagaimana memanfaatkan merek ,
bagaimana memanfaatkan sumber daya perusahaan dan bagaimana mengkonfigurasi
bauran produk sehingga setiap produk melengkapi yang lain . Pemasar
juga harus mempertimbangkan strategi pengembangan produk .
Price
: Jumlah pelanggan membayar untuk produk. Harga sangat penting karena
menentukan keuntungan perusahaan dan karenanya, kelangsungan hidup.
Menyesuaikan harga memiliki dampak yang mendalam pada strategi
pemasaran, dan tergantung pada elastisitas harga produk, seringkali akan
mempengaruhi permintaan dan penjualan juga. Pemasar harus menetapkan
harga yang melengkapi unsur-unsur lain dari bauran pemasaran.
Ketika
menetapkan harga, pemasar harus menyadari nilai yang dirasakan
pelanggan untuk produk. Tiga strategi penetapan harga dasar adalah:
harga skimming pasar, penetrasi pasar harga dan harga netral. 'nilai
referensi' (di mana konsumen mengacu pada harga produk yang bersaing)
dan 'nilai diferensial' (pandangan konsumen terhadap atribut produk ini
versus atribut produk lainnya) harus diperhitungkan.
Promotion
: Semua metode komunikasi yang pemasar dapat digunakan untuk memberikan
informasi kepada pihak yang berbeda tentang produk. Promosi terdiri
dari unsur-unsur seperti:. Periklanan, public relations, organisasi
penjualan dan promosi penjualan.
Advertising mencakup
komunikasi yang dibayar, dari iklan bioskop, iklan radio dan Internet
melalui media cetak dan billboard. Public relations adalah di mana
komunikasi tidak langsung dibayar dan termasuk siaran pers, penawaran
sponsorship, pameran, konferensi, seminar atau pameran perdagangan dan
acara. Word-of-mulut adalah komunikasi rupanya informal mengenai produk
oleh individu biasa, pelanggan yang puas atau orang-orang khusus yang
terlibat untuk menciptakan word of momentum mulut. Staf penjualan sering
memainkan peran penting dalam dari mulut ke mulut dan hubungan
masyarakat (lihat 'produk' di atas).
Place
: Merujuk pada untuk menyediakan produk di tempat yang nyaman bagi
konsumen untuk mengakses. Berbagai strategi seperti distribusi intensif,
distribusi selektif,dan distribusi eksklusif waralaba dapat digunakan
oleh pemasar untuk melengkapi aspek-aspek lain dari bauran pemasaran
Brand
Produknya
melekat dihati pelanggan. Jadi, pelanggan yang sudah mengetaui produk
kita menawarkan kepada orang lain walaupun tidak dibayar oleh si produk.
Ø Service : Customer Experience (word of mouth)
jumlah
dari semua pengalaman pelanggan telah dengan pemasok barang dan / atau
jasa, selama durasi hubungan mereka dengan pemasok itu. Hal ini dapat
mencakup kesadaran, penemuan, tarik, interaksi, pembelian, penggunaan,
budidaya dan advokasi. Hal ini juga dapat digunakan untuk berarti
pengalaman individu atas satu transaksi, perbedaan biasanya jelas dalam
konteks.
Analis dan komentator yang menulis tentang
pengalaman pelanggan dan customer relationship management telah semakin
menyadari pentingnya mengelola pengalaman pelanggan.
Kemampuan
perusahaan untuk memberikan pengalaman yang membedakannya di mata
pelanggan berfungsi untuk meningkatkan jumlah belanja konsumen dengan
perusahaan dan, secara optimal, menginspirasi loyalitas terhadap merek.
Ø Process : Bagaimana barang itu sampai ke kita
Jadi
proses dimana produk tersebut sampai ditangan kita melalui positioning
dan defferentiation yang telah kita ciptakan untuk konsumen.
1.
K.A (Key Activites) : aktivitas utama supaya menjaga value
dan Kegiatan yang paling penting dalam melaksanakan proposisi nilai
perusahaan. Contoh untuk Bic akan menciptakan rantai pasokan yang
efisien untuk menurunkan biaya
2.
K.R (Key Resources) :Sumber daya yang diperlukan untuk
menciptakan nilai bagi pelanggan . Mereka dianggap aset bagi sebuah
perusahaan , yang diperlukan untuk mempertahankan dan mendukung bisnis .
Sumber daya ini bisa menjadi manusia , keuangan , fisik dan intelektual
.
3. K.P (Key Partner)
: Dalam rangka mengoptimalkan operasi dan mengurangi risiko model
bisnis , organisasi biasanya membangun hubungan pembeli - pemasok
sehingga mereka dapat fokus pada kegiatan inti mereka . Aliansi bisnis
pelengkap juga dapat dipertimbangkan melalui usaha patungan , aliansi
strategis antara pesaing atau non – pesaing.
4.
VP (Value Proposition) :Pengumpulan produk dan layanan bisnis
menawarkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan . Menurut Osterwalder , (
2004) , proposisi nilai perusahaan adalah apa yang membedakan dirinya
dari para pesaingnya . Proposisi nilai memberikan nilai melalui berbagai
elemen seperti kebaruan , kinerja , kustomisasi , " mendapatkan
pekerjaan dilakukan " , desain , merek / status, harga , pengurangan
biaya , pengurangan risiko , aksesibilitas , dan kemudahan / kegunaan .
Nilai proposisi mungkin :
· Kuantitatif - harga dan efisiensi
· Pengalaman pelanggan kualitatif - secara keseluruhan dan hasilpelanggan
5.
Chanel : bagaimana menyalurkan Value
Proposition kepada Customer Relationship, Sebuah perusahaan dapat
memberikan proposisi nilai kepada pelanggan sasaran melalui saluran yang
berbeda . Saluran yang efektif akan mendistribusikan proposisi nilai
perusahaan dengan cara yang cepat, efisien dan biaya yang efektif .
Suatu organisasi dapat mencapai klien baik melalui saluran sendiri (
depan toko ) , saluran mitra ( distributor utama ) , atau kombinasi
keduanya .
6. Customer
Reationship :Untuk menjamin kelangsungan hidup dan keberhasilan setiap
bisnis , perusahaan harus mengidentifikasi jenis hubungan yang ingin
mereka ciptakan dengan segmen pelanggan mereka . Berbagai bentuk
hubungan pelanggan meliputi:
· Bantuan
Personal : Bantuan dalam bentuk interaksi karyawan - pelanggan . Bantuan
tersebut dilakukan baik selama penjualan , purna jual , dan / atau
keduanya .
7. Revenue Stream :Cara perusahaan membuat pendapatan dari setiap segmen pelanggan. Beberapa cara untuk menghasilkan aliran pendapatan:
· Asset Sale - (jenis yang paling umum) Jual hak kepemilikan baik fisik. yaitu Wal-Mart
· Penggunaan Biaya - Uang yang dihasilkan dari penggunaan layanan tertentu yaitu UPS
· Biaya Berlangganan - Pendapatan yang dihasilkan dengan menjual pelayanan yang berkesinambungan. yaitu Netflix
· Pinjaman / Leasing / Menyewa - Memberikan hak eksklusif untuk aset untuk jangka waktu tertentu. yaitu Leasing Mobil
· Perizinan - Pendapatan yang dihasilkan dari pengisian untuk penggunaan kekayaan intelektual dilindungi.
·
Biaya Broker - Pendapatan yang dihasilkan dari layanan
perantara antara 2 pihak. i.e.Broker menjual rumah untuk komisi
· Iklan - Pendapatan yang dihasilkan dari pengisian biaya untuk iklan produk.
8. Cost Structure :ini menjelaskan konsekuensi moneter yang paling penting
saat beroperasi di bawah model bisnis yang berbeda. DOC Sebuah perusahaan.
Semoga bermanfaat guys!
Ditulis oleh : Rara Devi Lestari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar