Senin, 16 Desember 2013

Rara Devi Lestari






KEWIRAUSAHAAN

Pengertian Kewirausahaan

            Kewirausahaan (Entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

Kewirausahaan memiliki arti yang berbeda-beda antar para ahli atau sumber acuan karena berbeda-beda titik berat dan penekanannya. Richard Cantillon(1775), misalnya, mendefinisikan kewirausahaan sebagai bekerja sendiri (self-employment).Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi risiko atau ketidakpastian. Berbeda dengan para ahli lainnya, menurut Penrose(1963) kegiatan kewirausahaan mencakup indentfikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi sedangkan menurut Harvey Leibenstein(1968, 1979) kewirausahaan mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya dan menurut Peter Drucker, kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausahawan. Muncul pertanyaan mengapa seorang wirausahawan (entrepreneur) mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul.

Seperti yang dikutip pada blog inovation-thinking.blogspot.com oleh Hery Wibowo “Gerakan kewirausahaan sosial beberapa tahun terakhir ini telah menjadi sebuah gerakan global yang mendunia (Bornstein 2006, Nicholls, 2008). Kajian dari SWA (swa.co.id diunduh 6/3/2011) menyatakan bahwa kewirauasahaan sosial kian terbukti mampu menyembuhkan berbagai penyakit sosial seperti kemiskinan, keterbelakangan dan kesehatan masyarakat. Hal ini berarti bahwa gerakan kewirausahaan telah semakin diyakini mampu memberikan harapan dan manfaat bagi masyarakat luas.

Artinya, tanpa kita sadari, di dunia ini telah terbentuk suatu gerakan yang berasal dari prakarsa masyarakat, untuk memecahkan masalahnya sendiri, dan juga memenuhi kebutuhannya sendiri. Dan tanpa kita ketahui, telah hadir ribuan aktor pemrakarsa yang tidak bisa hanya diam saja melihat kondisi disekitarnya jauh dari ideal. Hadirnya gerakan kewirausahaan sosial ini, secara umum di dukung oleh dua hal yaitu belum efektifnya pelayanan publik (sehingga mendorong warga untuk bergerak mandiri), dan juga meningkatnya tingkat pendidikan masyarakat, sehingga mampu mendorong pendayagunaan informasi secara mobilisasi kreatif dari sumber daya yang ada.” 

Sejauh ini pendidikan di Indonesia terlihat sangat tidak seimbang karna selalu mengedepankan sisi akademis dan sementara itu seni dan kreatifitas seolah hanya menjadi pelengkap saja. Yang setiap aanak hanya mengandalkan pembelajaran dari seolah nya saja. Berikut terbagi dalam 17 butir (bab) Wahyu Adityakesadaran akan pentingnya berpikir dan bertindak kreatif, mencoba menawarkan pupuk untuk menumbuhkan benih-benih kreatif dalam diri kita yang sejatinya sudah ada di setiap individu manusia. “Tidak hanya berpusar di kehidupan Wahyu Aditya, ada banyak tokoh kreatif yang keren juga dimunculkan di buku ini sebagai contoh dan penginsiprasi, seperti Phil Hansen yang memiliki keterbatasan tidak mampu menggambar garis lurus karena kerusakan syaraf di tangannya, lalu di dengan kreatif memanipulasi keterbatasannya menjadi suatu style khas dirinya”.

Butir favorite saya adalah Rekam dan Remix ‘Bisa merekam dan meremix karya yang sudah ada sebelumnya menjadi lebih bagus lagi. Bahkan hasil karya yang pernah kita lihat sebelumnya merupakan beragam pengalaman yang sewaktu-waktu bisa kita putar, dan kita remix’Dan butirHadapi Si Otak Kadal ‘Di bagian otak manusia ada bagian yang di sebut amygdala, bagian otak ini berfungsi mengatur rasa takut, marah,dan nilai-nilai negative. Dan di bagian otak ini yang mengontrol rasa takut dalam berkreatifitas, dan bagian otak ini yang menahan kita untuk tidak berkreatifitas. Maka dari itu seharusnya kita bisa mengalahkan otak kadal ini agar kreatifitas terus tumbuh dan berkembang sehingga bisa menghasilkan karya yang menjanjikan.’

Ketika cita-cita saya ingin menjadi seorang enterpreneur muda, ada sebuah buku yang menjadi inspirasi saya, yaitu terdapat pada buku “101 Young CEO”dan ada beberapa enterpreneur-enterpreneur muda dibuku tersebut yang sangat menginspirasi. Salah satu nya adalah Andradea Putridengan idenya “Sensasi Teh di Spa”. Yang awal mula berdirinya usaha ini karna mulai dari hobby Dea yang gemar pergi ke salon maka akhirnya ia memiliki ide untuk membuka Spa dengan menggunakan bahan dari Teh. Usaha nya sangat unik dan membuat saya berfikir keras tentang idenya tersebut ketika saya mulai membaca biografi nya yang terdapat pada buku “101 Young CEO”, karna yang saya tahu bahan baku dari Teh biasanya hanya digunakan untuk olahan kuliner saja, tetapi dengan ide yang sangat cemerlang dari Deaini maka terbentuklah Spa yang menggunakan bahan dari Teh yang kini beromset 950jt pertahun. Kemudian ide cemerlang lagi muncul dari Anggara Kasih Nugroho Jatipencipta Bakso Unik, Bakso Kepala Sapi. Bakso adalah makanan favorit rakyat Indonesia, karena dimana-mana kita bisa melihat warung bakso. Sekilas yang kita ketahui membuka usaha seperti warung bakso ini tidak menjanjikan karena banyak nya pesaing. Anggara Kasih Nugroho Jati ini menciptakan bakso yang memiliki nilai tambah yang berbeda dari warung bakso lainnya. Bakso kepala sapi yang total omset yang didapatnya adalah 1 miliar pertahun. Saya sangat penasaran dengan ide yang diberikan oleh Anggara ini karena awal saya mengetahui ada warung bakso kepala sapi, saya ragu untuk mencoba karna yang saya pikir sangat aneh bila kepala sapi menjadi olahan bakso. Tetapi rasa penasaran saya lebih besar, akhirnya saya mencoba bakso kepala sapi dan ternyata tidak seburuk yang saya pikir. Ide bakso dengan bahan daging campuran kepala sapi dan kuah kaldu kepala sapi. Kepala sapi memiliki lemak dan kolesterol lebih sedikit dibandingkan daging di bagian tubuh lainnya, sehingga bakso kepala sapi aman dimakan oleh siapapun.



Jurus marketing

1. Hoki Itu Kebetulan
Hoki itu bukan kebetuan tetapi mempromosikannya lebih sering

2. Terobosan Adaah Prmborosan
Harus melakukan terobosan

3. Terobosan Bukan Keharusan
Tidak boleh terpaksa untuk melakukan terobosan tetapi harus melalui kesadaran

4. Diferensiasi Sukar Untuk Dikreasi
Diferensiasi sangat mudah untuk diluncurkan (pembeda)

5. Kegigihan Adalah Segalanya
Kegigihan bukan segala-galanya tetapi harus disatukan dengan kreatifitas

6. Perlu Metode Untuk Hasilkan Ide
ide bisa muncul kapan saja dan dimana saja tanpa metode (berfikir berbagai arah)

7. Segala Sesuatu Serba Terbatas
Ide itu tidak terbatas

8. Laba Adalah Raja
Masih merajakan laba


HRD ABAD 21

Creative
Produksi Efektif dan Efisensi
Value


Spesific Skill : Unggul di suatu wilayah/perusahaan. Contohnya WISNUTAMA NET. Buat apa pegawai jika banyak tapi tidak kreatif kalau tidak punya skill hanya jadi seorang buruh saja.

Multitasking : dua keahlian/lebih akan diperhitung setelah masuk kerja



M.1,O = Produk Marketing (Sudah Mulai Ditinggalkan)
· Marketing hanya perusahaan yang mempunyai alat/tempat saja. Memproduksi dan jual saja, karena pada jaman dahulu belum banyak pesaing.



M.2,O = Emotional Marketing / Marketing Research
· Mempertimbangkan kebutuhan orang, survey untuk mengetahui selera.
Contoh: Bank BRI yang berada di desa-desa. Karna pada umumnya di desa terpencil tidak terdapat Bank atau apapun yang dibutuhkan, tidak seperti di kota.

M.3,O = Human Spiritual Marketing (disebut sebagai kewirausahaan sosial)
· Orang yang sudah memikirkan barang yang dibeli membahayakan/tidak dan kemajuan kedepannya dan mempertimbangkan efek si pembeli dan penjual.
Contoh: Kosmetik yang merusak ozon.





Strategy : Rencana jangka panjang
Tactic : Membuat diferensiasi bisa melalui iklan, kemasan dll
Value : Apa yang bisa kita janjikan kepada pelanggan

Integrasi Marketing Dengan Bisnis terdapat 3 tahapan yaitu Positioning-Brand-Diferentiation. Yang masing-masing memiliki fungsi. Dibawah ini fungsi dari masing-masing tahapan tersebut :


  1. Positioning
  2. Segmenting
  3. Targeting

Positioning

merupakan salah satu strategi yang berusaha menciptakan diferensiasi yang unik dalam benak pelanggan sasaran sehingga terbentuk produk yang lebih unggul dibandingkan produk pesaing. Positioning lebih kepada Mind Share yang bagaimana produk kita ada di benak konsumen /pelanggan. Contohnya adalah produk minuman berenergi, yang perlu anda ketahui minuman berenegi tidak hanya Extra Joss, tetapi dibenak masyarakat minuman berenergi lebih kepada produk yang pertama keluar ke pasaran yaitu Extra Joss.

Jika ada Postioning, kita juga harus memperhatikan Segmenting dan Targeting nya. Berikut pengertian Segmenting dan Targeting :


Segmenting

sekelompok orang-orang atau organisasi yang memiliki satu atau lebih karakteristik yang sama menyebabkan mereka memiliki produk yang serupa.Tujuan segmentasi pasar adalah membuat para pemasar mampu menyelesaikan bauran pemasaran untuk memenuhi kebutuhan satu atau lebih segmen pasar tertentu.

- All Segmen (membidik Semuanya)
- Niche Segmen (hanya beberapa kalangan saja/kalangan kecil)

Targeting

merupakan sebuah sasaran, siapa yang dituju. Dalam menentukan targeting maka dilakukan beberapa survey untuk dapat mengetahui keadaan pasar nantinya, agar ketika proses pemasaran tidak salah sasaran.


Differentiation

Selling/Marketing mix

- Product

- Price

- Promotion

- Place

Product :Sebuah produk dipandang sebagai item yang memenuhi apa permintaan konsumen . Ini adalah baik nyata atau produk service.Tangible berwujud adalah mereka yang memiliki keberadaan fisik independen. Contoh umum diproduksi secara massal , benda nyata adalah mobil motor dan pisau cukur sekali pakai . Sebuah layanan yang diproduksi secara massal kurang jelas, tetapi di mana-mana adalah sebuah sistem operasi komputer .

Setiap produk tunduk pada siklus hidup termasuk fase pertumbuhan diikuti oleh fase kematangan dan akhirnya periode akhirnya penurunan sebagai jatuh penjualan . Pemasar harus melakukan penelitian yang cermat pada berapa lama siklus hidup produk yang mereka pemasaran mungkin akan dan memusatkan perhatian mereka pada tantangan yang berbeda yang muncul sebagai langkah produk .

Pemasar juga harus memperhatikan bauran produk . Pemasar dapat memperluas bauran produk saat ini dengan meningkatkan kedalaman lini produk tertentu atau dengan meningkatkan jumlah lini produk . Pemasar harus mempertimbangkan bagaimana posisi produk , bagaimana memanfaatkan merek , bagaimana memanfaatkan sumber daya perusahaan dan bagaimana mengkonfigurasi bauran produk sehingga setiap produk melengkapi yang lain . Pemasar juga harus mempertimbangkan strategi pengembangan produk .



Price : Jumlah pelanggan membayar untuk produk. Harga sangat penting karena menentukan keuntungan perusahaan dan karenanya, kelangsungan hidup. Menyesuaikan harga memiliki dampak yang mendalam pada strategi pemasaran, dan tergantung pada elastisitas harga produk, seringkali akan mempengaruhi permintaan dan penjualan juga. Pemasar harus menetapkan harga yang melengkapi unsur-unsur lain dari bauran pemasaran.

Ketika menetapkan harga, pemasar harus menyadari nilai yang dirasakan pelanggan untuk produk. Tiga strategi penetapan harga dasar adalah: harga skimming pasar, penetrasi pasar harga dan harga netral. 'nilai referensi' (di mana konsumen mengacu pada harga produk yang bersaing) dan 'nilai diferensial' (pandangan konsumen terhadap atribut produk ini versus atribut produk lainnya) harus diperhitungkan.



Promotion : Semua metode komunikasi yang pemasar dapat digunakan untuk memberikan informasi kepada pihak yang berbeda tentang produk. Promosi terdiri dari unsur-unsur seperti:. Periklanan, public relations, organisasi penjualan dan promosi penjualan.

Advertising mencakup komunikasi yang dibayar, dari iklan bioskop, iklan radio dan Internet melalui media cetak dan billboard. Public relations adalah di mana komunikasi tidak langsung dibayar dan termasuk siaran pers, penawaran sponsorship, pameran, konferensi, seminar atau pameran perdagangan dan acara. Word-of-mulut adalah komunikasi rupanya informal mengenai produk oleh individu biasa, pelanggan yang puas atau orang-orang khusus yang terlibat untuk menciptakan word of momentum mulut. Staf penjualan sering memainkan peran penting dalam dari mulut ke mulut dan hubungan masyarakat (lihat 'produk' di atas).



Place : Merujuk pada untuk menyediakan produk di tempat yang nyaman bagi konsumen untuk mengakses. Berbagai strategi seperti distribusi intensif, distribusi selektif,dan distribusi eksklusif waralaba dapat digunakan oleh pemasar untuk melengkapi aspek-aspek lain dari bauran pemasaran



Brand

Produknya melekat dihati pelanggan. Jadi, pelanggan yang sudah mengetaui produk kita menawarkan kepada orang lain walaupun tidak dibayar oleh si produk.

Ø Service : Customer Experience (word of mouth)

jumlah dari semua pengalaman pelanggan telah dengan pemasok barang dan / atau jasa, selama durasi hubungan mereka dengan pemasok itu. Hal ini dapat mencakup kesadaran, penemuan, tarik, interaksi, pembelian, penggunaan, budidaya dan advokasi. Hal ini juga dapat digunakan untuk berarti pengalaman individu atas satu transaksi, perbedaan biasanya jelas dalam konteks.

Analis dan komentator yang menulis tentang pengalaman pelanggan dan customer relationship management telah semakin menyadari pentingnya mengelola pengalaman pelanggan.

Kemampuan perusahaan untuk memberikan pengalaman yang membedakannya di mata pelanggan berfungsi untuk meningkatkan jumlah belanja konsumen dengan perusahaan dan, secara optimal, menginspirasi loyalitas terhadap merek.

Ø Process : Bagaimana barang itu sampai ke kita

Jadi proses dimana produk tersebut sampai ditangan kita melalui positioning dan defferentiation yang telah kita ciptakan untuk konsumen.



1. K.A (Key Activites) : aktivitas utama supaya menjaga value dan Kegiatan yang paling penting dalam melaksanakan proposisi nilai perusahaan. Contoh untuk Bic akan menciptakan rantai pasokan yang efisien untuk menurunkan biaya



2. K.R (Key Resources) :Sumber daya yang diperlukan untuk menciptakan nilai bagi pelanggan . Mereka dianggap aset bagi sebuah perusahaan , yang diperlukan untuk mempertahankan dan mendukung bisnis . Sumber daya ini bisa menjadi manusia , keuangan , fisik dan intelektual .



3. K.P (Key Partner) : Dalam rangka mengoptimalkan operasi dan mengurangi risiko model bisnis , organisasi biasanya membangun hubungan pembeli - pemasok sehingga mereka dapat fokus pada kegiatan inti mereka . Aliansi bisnis pelengkap juga dapat dipertimbangkan melalui usaha patungan , aliansi strategis antara pesaing atau non – pesaing.



4. VP (Value Proposition) :Pengumpulan produk dan layanan bisnis menawarkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan . Menurut Osterwalder , ( 2004) , proposisi nilai perusahaan adalah apa yang membedakan dirinya dari para pesaingnya . Proposisi nilai memberikan nilai melalui berbagai elemen seperti kebaruan , kinerja , kustomisasi , " mendapatkan pekerjaan dilakukan " , desain , merek / status, harga , pengurangan biaya , pengurangan risiko , aksesibilitas , dan kemudahan / kegunaan . Nilai proposisi mungkin :



· Kuantitatif - harga dan efisiensi
· Pengalaman pelanggan kualitatif - secara keseluruhan dan hasilpelanggan


5. Chanel : bagaimana menyalurkan Value Proposition kepada Customer Relationship, Sebuah perusahaan dapat memberikan proposisi nilai kepada pelanggan sasaran melalui saluran yang berbeda . Saluran yang efektif akan mendistribusikan proposisi nilai perusahaan dengan cara yang cepat, efisien dan biaya yang efektif . Suatu organisasi dapat mencapai klien baik melalui saluran sendiri ( depan toko ) , saluran mitra ( distributor utama ) , atau kombinasi keduanya .



6. Customer Reationship :Untuk menjamin kelangsungan hidup dan keberhasilan setiap bisnis , perusahaan harus mengidentifikasi jenis hubungan yang ingin mereka ciptakan dengan segmen pelanggan mereka . Berbagai bentuk hubungan pelanggan meliputi:

· Bantuan Personal : Bantuan dalam bentuk interaksi karyawan - pelanggan . Bantuan tersebut dilakukan baik selama penjualan , purna jual , dan / atau keduanya .



7. Revenue Stream :Cara perusahaan membuat pendapatan dari setiap segmen pelanggan. Beberapa cara untuk menghasilkan aliran pendapatan:

· Asset Sale - (jenis yang paling umum) Jual hak kepemilikan baik fisik. yaitu Wal-Mart
· Penggunaan Biaya - Uang yang dihasilkan dari penggunaan layanan tertentu yaitu UPS
· Biaya Berlangganan - Pendapatan yang dihasilkan dengan menjual pelayanan yang berkesinambungan. yaitu Netflix
· Pinjaman / Leasing / Menyewa - Memberikan hak eksklusif untuk aset untuk jangka waktu tertentu. yaitu Leasing Mobil
· Perizinan - Pendapatan yang dihasilkan dari pengisian untuk penggunaan kekayaan intelektual dilindungi.
· Biaya Broker - Pendapatan yang dihasilkan dari layanan perantara antara 2 pihak. i.e.Broker menjual rumah untuk komisi
· Iklan - Pendapatan yang dihasilkan dari pengisian biaya untuk iklan produk.



8. Cost Structure :ini menjelaskan konsekuensi moneter yang paling penting
saat beroperasi di bawah model bisnis yang berbeda. DOC Sebuah perusahaan.







Semoga bermanfaat guys!





Ditulis oleh : Rara Devi Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar