Rabu, 18 Desember 2013

Ala Ali Hamdani


KREATIF IS MY BLOOD



Kewirausahaan adalah
Menurut pandangan saya wirausaha bisa diartikan sebuah kemampuan atau keberanian yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan bisnis atau peluang usaha dan mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan cepat untuk mengambil keuntungan dalam rangka meraih kesuksesan dalam usahannya.
Dan arti dari sebuah Etika yaitu teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal dan cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma moral yang menentukan tingkah prilaku seseorang dalam hidupnya.
Etika dalam perkembangannya sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Etika memberi manusia orientasi bagaimana ia menjalani hidupnya melalui rangkaian tindakan sehari-hari. Itu berarti etika membantu manusia untuk mengambil sikap dan bertindak secara tepat dalam menjalani hidup ini. Etika pada akhirnya membantu kita untuk mengambil keputusan tentang tindakan apa yang perlu kita lakukan dan yang pelru kita pahami bersama bahwa etika ini dapat diterapkan dalam segala aspek atau sisi kehidupan kita.
Proesi dapat diartikan bahwa profesi sudah pasti menjadi sebuah pekerjaan, namun sebuah pekerjaan belum tentu menjadi sebuah profesi. Profesi memiliki mekanisme serta aturan yang harus  dipenuhi sebagai suatu ketentuan, sedangkan kebalikannya, pekerjaan tidak memiliki aturan yang rumit seperti itu.
Setiap profesi biasanya menggunakan sistem etika terutama untuk menyediakan struktur yang mampu menciptakan disiplin tata kerja dan menyediakan garis batas tata nilai yang bisa dijadikan acuan para profesional untuk menyelesaikan dilema etik yang dihadapi saat menjalankan fungsi pengemban profesinya sehari-hari.
Profesi dalam pekerjaan yang dilakukan yang berupa kegiatan pokok yang mengandalkan suatu keahlian dan keterampilan tertentu, sebagai mata pencaharian untuk menghasilkan nafkah hidup.
Dan dapat saya disimpulkan hubungan antara kewirausahaan dengan etika profesi yaitu bahwa setiap manusia yang ingin sukses dan berhasil dalam usaha maupun peluang bisnisnya harus lah dibarengi dengan niat yang baik, tulus dan ikhlas dalam semua hal yang dilakukannya. demi terwujudnya suatu keberhasilan yang ingin di proleh oleh seseorang
Ada banyak cara untuk menjadi wirausaha dan tentunya wirausaha mempunyai ilmu yaitu kreatifitas untuk menjalankan usaha dan ada juga cara cara dalam pemasarannya dan berikut ini cara atau mitos dalam memajukan usaha tersebut :
 Key Partnership       : merupakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk mewujudkan proposisi nilai, tetapi tidak dimiliki oleh organisasi tersebut
Key Activities            : kegiatan utama perusahaan untuk dapat menciptakan Proposisi Nilai
Key resources              : sumber daya milik organisasi yang digunakan untuk mewujudkan proposisi nilai
Value propotition  :   manfaat yang ditawarkan perusahaan kepada segmen pasar yang dilayani
Customer relation :  cara perusahaan menjalin ikatan dengan pelanggannya
Chanel                        : sarana bagi perusahaan untuk mencapai segmen.
 1 .  Hoki Itu Kebetulan
            Sebenarnya tidak ada kata hoki menurut saya karena  hoki itu harus diimbangi dengan usaha kita untuk memajukan perusahaan kita.
 2 . Terosobosan adalah pemborosan
            Menurut saya itu tidak benar karena meskipun terobosan adalah pemborosan ,jika kita melakukan terobosan yang efektif dan efesien akan menjadikan terobosan yang  sangat baik.
3. Terobosan bukan suatu keharusan
            Menurut saya itu tidak benar , karena manusia mempunyai sifat bosan maka dari itu jika saya atau kita mempunyai terobosan yang baik akan menimbulkan produk yang akan lebih dikenal dan orang – orang tidak akan bosan.
4.  Diferensiasi sukar untuk dikreasi
            Untuk hal ini banyak cara untuk menaacari  ide ide kreasi ,  seperti yang dijabarkan dalam bukunya Wahyu Aditya, REKAM & REMIX ,dengan meliahat krreasi orang lain kita mendapatkan referesi untuk produk saya / kita. Contohnya Produk Antangin dan Tolak Angin.
5. Kegigihan adalah segalanya
            Menurut saya ini sangat benar karena dalam suatu hal apa pun jika kita gigih dan berusaha dengan baik akan menghasilkan seseuatu yang baik. Apalagi dalam hal Kewirausahaan.
6. Perlu metode untuk menghasilkan ide
            Tidak selalu harus banyak metode untuk menghasilkan ide, karena dengan melakukan hal yang kita inginkan tidak dengan di sengaja / spontan . seperti yang dijabarkan dalam bukunya Wahyu Aditya.
7. Segala sesuatu serba terbatas
            Banyak cara untuk menjauhkan kata  ”TE RBATAS” karena jaman sekarang  sangat banyak media untuk menghasilkan sesuatu. Karena dalam kamus orang kreatif  tidak ada kata TERBATAS.
8. Laba adalah raja
            Sekarang ini banyak perusahaan atau marketer bepikiran bahwa ”Laba Adalah Raja”. Saya sebagai penerus kewirausahaan berpikir untuk harus memikirkan konsumen juga dengan cara membuat mesjid di perusahaan atau akses parkir di mall mall yang baik.




             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar