Artikel kewirausahan
Karyawan keriatif aset bagi perusahaan ?
Mengapa karyawan yang kereatif
aset bagi perusahaan ? Dimasa moderen ini kita perlu berlomba untuk menjadi
orang kereatif kebayakan perusahaan mencari orang –orang yang kereatif
untuk mempetahankan perusahaanya. Bagi Perusahaan memiliki aset yang paling
baik ia itu Sumber Daya Manusia. Tidak semua karyawan dikatakan sebagai aset
perusahaan. karyawan yang dimaksud adalah karyawan yang kurang kereatif malas
dalam bekerja. Dikarnakan kemampuaan kerja yang tidak baik kurang nyah inofasi
dan kereatif. Tidak dapat dikatakan sebagai karyawan kereatif
Value
Proposition
Value prposition adalah
nilai tambah yang didapatkan selain manfaat utama produk ketika kita membeli
produk barang atau jasa pada suatu perusahaan. Karyawan yang mampu
mengembangkan value proposition, dapat memungkinkan dirinya untuk berada pada
posisi sebagai CEO di perusahaan tersebut Value proposition dapat dilakukan
dalam berbagai cara, diantaranya adalah melalui :
·
Design
Dari desing produk ternama HP awal
kemunculan nyah langsung mengguncang kalangan menengah keatas dikarnakan dari
desain itu sendiri sangat menarik
·
Brand
Perusahaan depat
memberikan Brand terhadap prusahaan karna itu menjadi status perusahaan
tersebut contoh: starbuck perusahan yang berdiri di tempat mall yang ternama
perusahaan tersebut menyajikan keeleganan bukan dari rasa kopi nyah tersebut
perusahan ini sangat diminati oleh kalangan menengah keatas
·
Harga
Harga dapat membedakan segmenpasar
contoh : air asia yang terkenal dengan
harga yang sangat murah dikarnakan target pasar mereka yaitu semua kalangan
Business Model Canvas
1.
Key Partnership
Sumber daya yang diperlukan oleh organisasi untuk mewujudkan
proposisi nilai yang berasal dari eksternal perusahaan.
2. Key Activities
Kegiatan
utama perusahaan untuk dapat menciptakan dan menjaga value proposition.
3. K ey Resources
Sumber
daya baik sumber daya berupa tenaga kerja maupun bahan baku yang dimilki
perusahaan untuk menciptakan value proposition.
4. Value Proposition
Manfaat
atau nilai lebih yang ditawarkan oleh perusahaan dari suatu produk yang
dihasilkan. Value proposition akan menentukan segmentasi pasar yang akan
dipilihnya, atau dapat juga sebaliknya.
5. Customer Relationship
Menjaga
hubungan dan mengembangkan hubungan dengan konsumen.
Chanel
Sarana
bagi perusahaan untuk menyampaikan value proposition kepada segmen pasar yang
dilayani. Channel berfungsi dalam beberapa tahapan mulai dari kesadaran
pelanggan sampai ke pelayanan purna jual.
7. Customer Service
Kegiatan
yang ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen melalui pelayanan yang
memuaskan.
8. Cost
Structure
Komposisi biaya untuk mengoperasikan perusahaan mewujudkan
proposisi nilai yang diberikan kepada pelanggan. Struktur biaya yang efisien,
menjadi kunci besarnya laba yang diperoleh perusahaan.
Jurus
Marketing
Ø Hoki itu kebetulan
(mitos)
Di dalam sebuaha usaha tidak ada
yanga nama nyah HOKI karna hoki tersebut di lakukan bagai mana cara dia
mempromosikan produk
Ø Terobosan adalah
pemborosan (mitos)
Bayak orang yang mengatakan
terobosan ialah pemborosan dan banyak menguras energi tetapi dalam teknik
pemasaran orang pertama yang melakukan terobosan dia yang pertaman berhasil
Terobosan adalah keharusan (mitos)
Mengingat dalam dunia bisnis yang
sangat ketat persaingan nyah maka terobosan bukan paksaaan melainkan keharusan dijaman moderen ini
Ø Diferesiansi Sukar Untuk Dikreasi (mitos)
Pembeda dari produk lain tetapi
pembeda dari brand lain untuk membedakan dengan produk sendiri tetapi dalam
butir rekam dan remix itu sendiri menjiplak tetapi menambahkan tidak di kelain
menjadi milik sendiri
Kegigihan adalah segalanya (mitos)
Kegigihan bukan segala-galanya. Tanpa kreativitas,
gigih saja tidak cukup. Banyak usaha yang tidak maju akibibat hanya
mengandalkan kegigihan, tanpa melakukan inovasi dan kreasi yang baru.
Ø Perlu Metode Untuk Menghasilkan Ide
(mitos)
Untuk mendapatkan suatu ide, kita tidak memerlukan
metode. Ide akan datang dengan sendiri nya apabila kita mau memikirkan sesuatu
yang baru. Ide yang muncul dengan spontan harus segara direalisasikan kedalam
bentuk nyata.
Ø Segala Sesuatu Serba Terbatas (mitos)
Tidak ada ide yang terbatas dan alat penunjang yang
terbatas. Dengan memanfaatkan perkembangan informasi dan teknologi, semuanya
dapat dilakukan dengan mudah.
Ø Laba adalah Raja (mitos)
Pengusaha yang masih menganggap laba adalah
segalanya, cenderung usaha nya malah tidak berhasil. Pengusaha sebaiknya
memikirkan bahwa laba bukanlah segalanya, melainkan perlu juga melakukan
pelayanan terhadap lingkungan sosial.
.
Perkembangan
Kewirausahaan
·
M
1.0 (Rational Marketing)
Adalah marketing dimana perusahaan
hanya memanfaatkan alat produksi dengan cara memproduksi dan menjual barang.
Hal ini dilakukan karena pada saat itu belum banyak persaingan usaha dibidang
usaha yang sama. Jenis marketing itu sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke
marketing yang lainnya.
·
M
2.0 (Emotional Marketing / Marketing Research)
Marketing dimana perusahaan sudah
mempertimbangkan selera dan kebutuhan pasar. Untuk mengetahui dan memahami
kebutuhan pasar, perusahaan melakukan market research dengan berbagai cara.
·
M
3.0 (Human Spiritual Marketing / Kewirausahaan Sosial)
Situasi dimana pasar sudah mulai
cerdas dalam memilih produk yang akan dibeli. Pasar turut mempertimbangkan
apakah produk yang akan dibeli, memberikan dampak kepada lingkungan sosial baik
dampak negatif maupun positif.
Integrasi
Marketing Dengan Bisnis
•
Positioning
positioning adalah bagimana kita
menempatkan produk di dalam otak konsumen dalam bentuka logo, kemasan, atau
taglain
•
Differentiation
Differentiation adalah pembeda
dengan produk lain agar para konsumen tau bahwa itu produk buatan kita tetapi
kita harus memikirkan terobosan untuk memasarkan prodak kita
•
Brand
Brand disini sangat mendukung
bagi sebuah prodak yang kita buat karna si konsumen akan tau bahwa itu adalah
brand yang kita buat tetapi kita tidak boleh sembarang uantuk mebuat brand itu
sendiri dari brand itu kita dapat nilai(value) + bagi brand kita
Butir
3 Rekam Dan Remix
Meniru dulu sebelum menghasilkan
karya baru. Terkadang orang sudah mencitakan sesuatu mereka meniru terlebih
dahulu hasil karya orang lain baru lah dari situ mereka me ngembangkan hasil karya
dari sudah ada. Meniru bukan plagiat tetapi plagiat adalah melakuakan “copy paste” tanpa menambahkan makna dari
hasil karya. Melaikan hasil seolah olah menjadi milik sendiri
Butir
6 Bikin Lengket
Maksud dari bikin lengket ialah
bagaimana orang bisa langsung mengingat ke sebuah ikon atau cirikas dari daerah
yang telah mereka kunjungi contoh : kalo kita main ke london pasti kita ingat
langsung ke bapa polisi dengan topi kas nyah yang unik
Butir
10 Jangan Kalah Start
Indonesia dengan jepang perbedaan
yang sangat jauh KENAPA? Anda pernah berjalan jalan di tokyo jepang
? kalo anda pernah, pasti anda akan
bayak masukan atau inspirasi yang bayak di temukan di tokyo jepang karna disanah bayak gambar yang musthil dalam
segi apa pun mulai dari animasi yang kurang layak di pangpang atau di jadikan
supernir
By: Fanca Raga Anugrah
Kita jangan merasa puas apa yang
telah kita hasilkan tetapi harus berkarya terus menerus seperti kreatif sampai mati
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar