Kamis, 19 Desember 2013

Ariyana Dewa





KEWIRAUSAHAAN


Kewirausahaan Wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya atau hidupnya. Ia bebas merancang, menentukan mengelola, mengendalikan semua usahanya. Sedangkan kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Kewirausahaan meruapakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta, berkarsa dan bersaahaja dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegaitan usahanya atau kiprahnya. Seorang yang memiliki jiwa dan sikap wirausaha selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapainya. Dari waktu-ke waktu, hari demi hari, minggu demi minggi selalu mencari peluang untuk meningkatkan usaha dan kehidupannya. Ia selalu berkreasi dan berinovasi tanpa berhenti, karena dengan berkreasi dan berinovasi lah semua peluang dapat diperolehnya. Wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya oleh karena itu banyak nya masalah soial di negara kita.


“Kewirausahaan adalah salah satu jalan keluarnya kewirausahaan sosial tepatnya resepnya. Keirausahaan sosial mencerminkan gerakan dari bawah keatas, gerakan ini mencerminkan proaktivitas dari anggkota masyarakat untuk tidak meunggu kebutuhan mereka dipenuhi oleh pemerintah.kewirausahaan sosial mencerminkan potensi generasi muda untuk bergerak dengan idealismenya sendiri, tanpa harus terikat aturandan di dikte oleh pihak – pihak lain, maka, pantas jika gerakan ini perlu di populerkan dan penanganan masalah sosial telah terbukti semakin dapat disatukan/dilebur, dengan skema-skema bisnis, emnjadi sebuah gerakan yang memiliki dua mata pisau, yaitu mata bisnis dan mata sosial. Dengan semakin berkembangnya gerakan ini, diharpkan akan semakin banyak tumbuh usaha-usaha baru yang tidak hanya memntingkan profit semata, namun juga manfaat sosial yang dapat diberikan (heri wibowo)


Mengapa kita harus berbisnis ? karena hidup di jaman yang modern ini persaingan dalam dunia kerja sangatlah banyak dengan pengahsilan yang seadanya dan tidak berkembang jika perusahaan mengalami kerugian dan berujung bankrut karyawan lah yang harus mengundurkan diri dan menjadi pengangguran, di indonesia banyak lah sekali menjadi pengaggur dikarenakan sekarang saingan semakin banyak di sisi lain lapangan pekerjaan belum tentu tersedia, jumlah angkatan kerja baru setiap tahun bertambah sementara kesempatan kerja semakin terbatas, sedih juga ya, ketika jaman sekolah susah terus ketika selesai sekolah malah sulit mencari pekerjaan. Dengan kita berbisnis bisa menjadi satu solusi mandiri untuk masyarakat kita karena membuka lapangan kerja baru, kita bisa mengembangkan diri dan ikut membantu orang lain juga dan mengurangi volume pengguran di negara kita itulah mengapa kita harus berbisnis.


Kewiraushaan dapat menjadi solusi bagi beberapa maslah di bangsa ini, sebut masalah pengangguran dan masalah perekonomian (Billy Boen)


Ada 2 cara memunculkan sebuah ide bisnis yang bisa kalian miliki yaitu


1. Bisnis dari keahilan atau kemampuan diri


2. Bisnis dari melihat peluang, kebutuhan, atau masalah di masyarakat


#1. Bisnis dari keahlian atau kemampuan diri


Apapbila kita memiliki kemampuan atau teknologi unutk membuat sesuatu (baik barang atau jasa) yang memiliki nilai komersial kita cenderung akan membuat bisnis berdasarkan kemampuan kita tersebut. Pengusaha yang berlatar belakang teknologi akakn membuat bisnis dengan memanfaatkan teknologi yang dikuasainya, jika kita membuat produk yang berkualitas sangat enak, atau dibuat dengan teknologi yang canggih, produk kita belum sesuai dan sukses dipasaran mungkin produk atau layanan kitu tidak dibutuhkan oleh masyrakat, akan sangat membuangan waktu dan tenaga apabila kita sudah susuah membuat produk, namun saat dijual dipasaran mungkin tidak dibtuhkan oleh dipasaran, selain itu sebaiknya mencari solusi untuk mecari rekan bisnis yang handal dalam pemasaran agar ia bisa berfokus ke memperluas pasar dengan produk dan layanan yang mungkin dibutuhkan dan selalu menciptkan produk atau layanan yang baik lagi.


#2. Bisnis dari melihat peluang, kebutuhan, atau masalah dimasyarakat


Disini kita kita memperhatikan masyarakat terlenih dahulu, kita harus memperhatikan sekelompok masyarakat (yang akan menjadi target pasar) apakah memiliki masalah yang belm terpecahkan atau kebutuhan yang belum terpenuhi atau produk apa saja yang akan ditawarkan kepada masyarakat, setelah menganalisis target pasar kita nah kita bisa melihat peluang, kebutuhan yang atau menjadi masalah dimasyrakat, setelah menemukan peluang lalu menciptakan solusi menjamin bisnis kita sukses ? tidak juga dikarenakan kita pertama harus memvalidasi ide benarkah ada cukup banyak orang mengalami masalah yang sama sehingga layak kita jadikan target pasar, karena setiap manusia mempunyai selara masing masing dan mempunyai kebutuhan yang berbeda, solusinya seharusnya kita harus melakukan uji coba produk atau layanan kita ke target pasar. Sama seperti sebelumnya bila kita mencari bidang ahli pemasaran, sebaiknya kita cari rekan bisnis yang dapat melengkapi diri kita dari segi produk atau teknologi (Billy Boen ; 101 Young CEO)


di dalam dunia bisnis kita harus membutuhkan berbagai kreatifitas agar menjadi bisnis yang kita jalankan berbeda dan mempunyai keunikan tersendiri didalam buku Kreatif sampai mati karya wahyu aditya di dalam buku terdapat butir butir kreatif yang harus diterapkan dalam dunia bisnis agar bisa menjadi kreatif dan sukses


1. Cari duniamu


Pertama temukanlah apa yang menjadi passion mu, sudah karena passion mu akan terus membingbing kita terus berkarya, apabila sudah mengerjakan sesuatu dengan passion, berbagai peluang akan terbuka.


2. Berbpikir ke berbagai arah


Setelah menemukan passion mu berpikirlah ke berbagai arah karena orang kreatif itu tidak hanya terpaku oleh satu arah saja teatapi harus berpikir ke berbagai arah agar tidak monoton


3. Rekam remix


Rekamlah yang sesuai dengan passion kamu dan remix lah itu akan menjadi sebuah differensiasi menjadi pembeda agar tidak monoton dan terlihat membosankan


4. Lakukan hal spontan


Orang kreatif slalu melakukan hal hal yang baru dan lakukanlah hal yang spontan karena spontan itu tidak ada paksaan dari siapapun semuanya muncul dari inisiatif kita.


5. Bagaimana Kalau


Proses pencarian ide kreatif kadang – kadang tidak bisa mengharpkan dengan menunggu, berpikirlah ke berbagai arah dan lakukanlah hal yang sponatan


6. Bikin lengket


Manjakanlah customer dengan memberikan produk atau layanan yang berkualitas dan sesaui kebutuhannya customer akan selalu lengket dan tidak berkelain hati.


7. Rangkul keterbatasan


Pasti setiap manusia mempunyai keterbatasan karena manusia tidak ada yang sempurna, yang sempurna adalah hanya milik gusti Allah SWT, dan lagu Andra and the backbone Sempurnaaa hehehehe,keterbatasan bukan menjadi kita lemah tapi menjadi sebuah kekuatan karena keterbatasanlah yang membuat kita tumbuh, menggiring kemajuan dan mengutarakan kita pada sebuah karya baru,


8. Informal Ke formal


Orang yang kreatif tidak kalah pikir pasti akan mencari sebuah eksperimen mencari sesua tu yang baru dan tidak monoton.


9. Introvert itu cool


Kita harus memahami bahwa introvert bukan tentang masalah bahwa dia tidak bisa bersosialisasi, bukan berarti seorang introvert selalu kreatng orang dia tidak pandai berkomunikasi mungkin dia sedang berfikir untuk menciptakan sebuah karya yang kreatif.


10. Jangan kalah start


Jangan kalah start Kalau kita membikin suatu produk kita harus meilhat peluang, kebutuhan di pasar bikin lah suatu produk yang berbeda dengan mempunyai keunikan dan sesuai kebutuhan itu akan menjadi sebuah terobosan baik.


Tidak hanya dibuku kreatif sampai mati saja ditemukannya mitos mitos kreatif untuk bisa berbisnis yang kreatif dan sukses di buku marketing is bullshit karya ippo santosa diantaranya


Bullshit#1 Hoki itu kebetulan






Banyak nya orang yang ketika melihat kesuksesan orang ia mengatakankebetulan belaka atau hanya HOKI semata, namun ternyata hoki itu kebutlan semata dan bisa diciptakan. Yakni dengan berbagai hal ini.


· Memastikan kreativitas


Tentunya dengan mengaktifkan kemampuan otak kanan kita jauhkan lah si otak kadal yang suka mengganggu rencana yang kita akan hadapi.


· Manfaatkan ide sendiri atau ide orang lain


Namun tentu dengan cr=ara yang legal, bisa kita sebut “mau pol kudu POL” maksudnya kalo mau sukses habis habisan kudu bisa dan memanfaatkan POL(punya orang lain) dimana itu membutuhkan kreativitas


· Memastikan persiapan dan kesempatan


Kita harus mempersiapkan diri kita, potensi kita, kemampuan kita, sehingga ketika kesempatan itu datang kita bisa langsung menangkapnya.


Bullshit#2 Terobosan adalah pemborosan


Sampai saat ini setiap produk yang keluar pasti akan memakan banyak biaaya untuk marketing, berujung setiap terobosan menjadi sebuah pemborosan padahal belum tentu berhasil. Demikian terobosan tidak harus berujung pada pemborosan, tetap bisa dihemat bahkan cenderung hebat, dengan beberapa ini


· Meninjau kembali komponen yang betul betul dibutuhkan’


· Mengolah bahan bahan sisa


· Menetapkan harga yang pasti dan wajar


· Berkomunikasi bia internet


· Berpromosi via telepon genggam


· Menjadikan konsumen sebagai co-produceratau bahasa kasarnya disuruh, namun hal ini dapat membuat pelanggan puas karena mereka terlibat langsung


Bullshit#3 Terobosan bukan keharusan


Terobosan adalah keharusan, karena tana terobosan maka publik akan bosan, cara untuk melakukan terobosan adalah :


· Penamanaan yang greget


Nama itu harus tajam dan menghujam untuk menarik perhatian konsumen. Bahkan membuat nama yang dianggap buruk itu bagus “to bad can be a good”. Kalau suatu barang terlalu perfect makan konsumen akan risih.


· Promosi yang greget


· Eksploitasi internet










Bullshit#4 Diffrensiasi sukar untuk dikreasi


Untuk memulai usaha, tanpa differensiasi akan basi, differensiasi tidak akan sukar untuk dikreasi.


· Superior or inferiority


Memanfaatkan fenomean superior seperti halnya tertinggi, terbasar, atau satu-satunya.


· Software or Hardware


Karakter dan tema kartu spongebob yang berbeda dari kartun lain membuat ratingnya melesat tinggi mengalahkan kartun yang temanya umum. Kartun yang ada pada saat itu kebanyak bertema kebaikam melawan kejahatan. Sehingga tentu akan membuatn penonton bosan


· Place promo


Promosi memang penting, tetapi distribusi lebih penting lagi.


Bullshit #5kegigihan adalah segala galanya


Kegigihan adalah segala galanya, maka apa yang kita lakukan bukan hanya sekedar- sekedar


· Keyakinan bukan sekedar keinginan


Keinginan itu itu penting, tetapi keyakinan lebih utama.


· Kecerdikan, bukan sekedar kegigihan


Kegigihan akan mengalahkan penolakan


· Kenekatan, bukan sekedar keberanian


Keberanian itu masih berlandaskan pengetahuan


· Persiapan bukan sekedar pelayanan


Durasi persiapan lebih lama dibandingkan pelayanan. Pelaynan, mana mungkin dijamah ? mana mungkin disimpan? Produksi dan konsumsi serentak. Dampak pun sukar diseragamkan. Gagal mempersiapkan, maka mempersiapkan gagal.


· Penghasilan, bukan sekedar penemuan


Jangan berbangga hari ketika menemukan sesuatu yang baru. Hal ini harus segera ditindaklanjuti, agar menjadi penghasilan bagi kita


· Sisi laba, bukan sekedar sisi liar


Sisi liar konsumen dapat diolah menjadi sisi laba bagi produser, terkadang tidak selamanya konsumen senang dianggap nice guy.


Bullshit#6 perlu metode untuk hasilkan ide


Hampir hampir tidak ada metode khusu untuk menghasilkam ide. Setidaknya itulah yang kami alami selama ini. Semua metode tidak terkecuali semua kejadian bisa menghasilakan ide bermiliaran rupiah diantaranya :


· Kondisi kepepet


· Kondisi santai


· Kondisi special


· Kondisi generalis


· Kondisi krisis


· Kondisi merantau


· Kondisi muda


Bullshit #7 segala sesuatu serba terbatas


Orang kreatf adalah orang tanpa batas (the infinitive). Mereka menolak gagasan segala sesuatau serba terbatas’. Karena dengan beragam pendekatan, bukan saja berhasil mengatasi keterbatasan, mereka juga berhasil mengelola :


· Intuititf jadi infinitive


· Thoughts jadi things


· Sakit jadi duit


· Konvensional jadi controversial


· Social jadi komersial


Bullshit#8 laba adalah raja


Tidak ada gunanya kreativitas tanpa profitibilitas? Apa gunanya profitibilitas, kalau tanpa integritas? Semakin jelas bukan laba bukan raja di raja, sambil mengumpulkan roda bisnis sudah seharusnya seorang marketer juga mengumpulkannilai tambah :


· Bulid the integrity


· Bulid the self-esteem


· Build the network


· Build the network


· Build the relationship





· Build the benefits








Posisitioning


Tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitanya dengan para pesaingnya.


Differensiasi


Tindakan merancang satu set perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawarn asing, produk differnsiasi merupakan hal yang potensial untuk menjadikan pembeda perusahaan dapat membedakan produknya berdasarkan keistimewaa, kualitas kinerja, kualitas kesesuaian, daya tahan, keandalan, mudah diperbaiki, gaya dan rancangan


Brand




Brand adalah sebuah analogi pertemanan, mengurus brand sama dengan mengurus pertemanan, brand sukses adalah yang diterima oleh konsumennya, diminati, dan menjadi teman sejati intinya adalah rasional.













Key partner : perusahaan mencari partner agar bisa bekerja sama


Key aktivities : inti dari perushaan bagaimana cara menatapkan standar dari perusahaan ini.


Key resources : sumber yang memiliki value lebih


Value Propotion : ialah dimana merasakan produk kita mendapatkan nilai lebih yang kita dapatkan pula.


Custom relations : bagaimana cara si konsumen bisa loyal atau setia dengan perusahaannya.


Channel : saluran distribusi


Customer segment : segmen yang akan ditujukan ke perusahaan misalnya melihat dari demografi, geografi, atau psikologis


Cost structure : anggaran untuk membrandingkan produk


Revenue : adalah dana hasil yang kita dapatkan yang setelah promosi yang telah dilakukan.






ERA KEWIRAUSAHAAN SOSIAL


Marketing 1.0


Atau disebut juga rational marketing, perusahaan membuat produk dan langsung dijual.


Marketing 2.0


Atau disebut juga emotional marketing, perusahaan melakukan marketing researh, segmen mana yang akan ditujukan atau yang akan dipilih.


Marketing 3.0


Disebut juga human spriritual marketing, bisnis nya tuh konsepnya peduli sosial sehingga para pengusaha dijaman sekarang ini tidak hanya sekedar mencari laba atau making profit tetapi mereka juga mulai melakukan aksi aksi sosial didalam bisnisnya.





Ditulis Oleh : Ariyana Kusuma Dewa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar