Nama : Puja Jumadil
Pratama
ADMINISTRASI BISNIS A
UNIVERSITAS PADJAJARAN BANDUNG
KEWIRAUSAHAAN / ENTREPRENEURSHIP
Wirausaha adalah proses mengidentifikasi,
mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa
ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil
akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada
kondisi risiko atau ketidakpastian.
Kewirausahaan memiliki arti yang berbeda-beda
antar para ahli atau sumber acuan karena berbeda-beda titik berat dan
penekanannya. Richard Cantillon (1775), misalnya, mendefinisikan kewirausahaan
sebagai bekerja sendiri (self-employment). Seorang wirausahawan membeli barang
saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan
harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana
seseorang menghadapi risiko atau ketidakpastian. Berbeda dengan para ahli
lainnya, menurut Penrose (1963) kegiatan kewirausahaan mencakup indentfikasi
peluang-peluang di dalam sistem ekonomi sedangkan menurut Harvey Leibenstein
(1968, 1979) kewirausahaan mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan
atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi
dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya. dan
menurut Peter Drucker, kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru dan berbeda. Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausahawan.
Muncul pertanyaan mengapa seorang wirausahawan (entrepreneur) mempunyai cara
berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka mempunyai motivasi,
panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai nilai,
sikap dan perilaku sebagai manusia unggul. http://id.wikipedia.org/wiki/Kewirausahaan
Model Bisnis Kanvas
atau lebih
dikenal dengan Business Model Canvas (BMC). Konsep model bisnis yang
dikembangkan oleh Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur ini, berhasil mengubah
konsep model bisnis yang rumit menjadi sederhana. Dengan pendekatan kanvas,
model bisnis ditampilkan dalam satu lembar kanvas, berisi peta sembilan elemen
(kotak). Karena kesederhanaannya, metode kanvas dapat mendorong sebanyak
mungkin karyawan terlibat dalam pengembangan model bisnis organisasinya.
Para
akademisi menjelaskan pengertian model bisnis dalam tiga kelompok. Pertama
adalah model bisnis sebagai metode (cara), model bisnis dilihat dari aspek
komponen-komponennya, dan model bisnis sebagai strategi bisnis.
Elemen dalam
Business Model Canvas mencakupCustomer Segment, Value Proposition, Channel,
Customer Relationship, Revenue Stream, Key Resourcess, Key Activities, Key
Partnership,danCost Structure. Untuk menyusun model bisnis menggunakan
pendekatan ini dimulai dariCustomer Segment, diikuti denganValue
Proposition,Channel, Customer Relationship, Revenue Streams, Key Resources, Key
Activities, Key Partners,danCost Structure.
Elemen
pertama dari kanvas model bisnis, yaitu Customer Segment.Dalam menjalankan roda bisnisnya, pertama-tama organisasi harus
menetapkan siapa yang harus dilayani. Organisasi dapat menetapkan untuk
melayani satu atau lebih segmen. Penetapan segmen ini akan menentukan
komponen-komponen lain dalam model bisnis. Buku ini mencontohkan dua stasiun
televisi yang melayani segmen audiens berbeda, memberikan proposisi nilai yang
berbeda. Di sini juga disajikan contoh tiga organisasi penerbangan yang melayani
tiga segmen yang berbeda.
Elemen kedua dari BMC, yaitu Value Proposition.Value Propositionadalah manfaat yang
ditawarkan organisasi kepada segmen pasar yang dilayani. Tentu saja, value
proposition akan menentukan segmen pelanggan yang dipilih atau sebaliknya.Value
propositionjuga akan mempengaruhi komponen lain sepertiChanneldanCustomer
Relationship. Buku ini menyajikan contoh kreativitas perusahaan ritel di
Indonesia dalam menciptakanValue Proposition.
Elemen ketiga dalam BMC, yaitu Channels. Channelsmerupakan sarana bagi organisasi
untuk menyampaikanValue PropositionkepadaCustomer Segmentyang dilayani.Channelberfungsi
dalam beberapa tahapan mulai dari kesadaran pelanggan sampai ke pelayanan purna
jual. Dua elemen lain yang harus diperhitungkan secara cermat dalam membuat
modelChanneladalahValue PropositiondanCustomer Segment.Buku ini menyajikan
sebuah perusahaan konsultansi manajemen dan operator telepon seluler sebagai
contoh penetapanChannelyang kreatif.
Elemen keempat BMC yaitu Revenue Stream. Revenue Streammerupakan komponen yang
dianggap paling vital. Umumnya organisasi memperoleh pendapatan dari pelanggan.
Meskipun demikian banyak organisasi bisa membuka aliran masuk pendapatan dari
kantong bukan pelanggan langsung. Buku ini menyajikan contoh organisasi ritel,
jasa pengelola jalan tol, dan media penciptaan aliran pendapatan secara
kreatif.
Elemen kelima dari BMC yaitu Customer Relationship, yaitu cara
organisasi menjalin ikatan dengan pelanggannya. Menjaga Buku ini menyajikan
sebuah contoh perusahaan infrastruktur, jasa tranportasi darat, dan jasa hotel
untuk menunjukkan bahwa model hubungan dengan pelanggan perlu didesain secara
kreatif.
Elemen keenam dari BMC, yaitu Key Activities. Key Activitiesadalah
kegiatan utama organisasi untuk dapat menciptakan Proposisi Nilai. Buku ini
menyajikan contoh modelKey Activitiesperusahaan penyedia energi listrik dan
manufaktur mobil di Indonesia.
Elemen ketujuh dari BMC, yaitu Key Resources. Key Resourcesadalah
sumber daya milik organisasi yang digunakan untuk mewujudkan proposisi nilai.
Sumber daya umumnya berwujud manusia, teknologi, peralatan, channel maupun
brand. Buku ini menyajikan sebuah contoh perusahaan penerbangan yang fenomenal
dalam memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk memberikan nilai yang
dijanjikan kepada pelanggan.
Elemen kedelapan yaitu Key Partnership. Key Partnershipmerupakan sumber daya yang
diperlukan oleh organisasi untuk mewujudkan proposisi nilai, tetapi tidak
dimiliki oleh organisasi tersebut. PemanfaatanKey Partnershipoleh perusahaan
dapat berbentukoutsourcing, joint venture, joint operation, atau aliansi
strategis. Buku ini menyajikan kreativitas mendesain modelKey Partnerpada
perusahaan jasa perdaganganonlinedan ritel besar.
Cost Structure, yang merupakan elemen ke-9 dari
BMC.Cost Structureadalah komposisi biaya untuk mengoperasikan organisasi
mewujudkan proposisi nilai yang diberikan kepada pelanggan. Struktur biaya yang
efisien, menjadi kunci besarnya laba yang diperoleh organisasi. Buku ini
menyajikan dua contoh model struktur biaya perusahaan penerbangan dengan segmen
Dan proposisi nilai yang berbeda(RLR&SOE). http://ppm-manajemen.ac.id/business-model-canvas/
8 Mitos Marketing
1.
Hoki itu Kebetulan
Hal yang sering orang
sering katakan kepada para pengusaha yang sukses yaitu ‘DIA HOKINYA BAGUS’
padahal semua itu bullshit alais omong kosong karena hoki itu datang ketika
kita berusaha se-maksimal mungkin untuk menigkatkan usaha yang kita punya dan
menjadi maju disitu hoki disebut karena usaha kita yg maksimal.
2.
Terobosan adalah pemborosan
Terobosan bukan suatu
pemborosan karena dengan kita terus melakukan terobosan baru itu akan menjadi
suatu kesuksesan untuk usaha kita
3.
Terobosan
Bukan Keharusan
Dalam
usaha yang kita akan buat atau sudah miliki kita tidak boleh terus monoton
dengan produk yang kita punya, kita harus melakukan terobosan, omong kosong
kalau terobosan bukan hal yg harus kita lakukan karena itu bisa dengan
terobosan profit yg kita dapatkan akan takterduga.
4.
Defferensiasi
sukar untuk Dikreasi
Kadang
pembeda kurang untuk kita gunakan pada usaha kita, padahal dengan menggunakan
pembeda yg sederhana itu bisa membuat usaha kita lebih baik dari yg lain,
misalnya pisang aroma dan pisang hijau, sama sama pisang tapi membuat pembeda
dari segi nama dan warna.
5.
Kegigihan
adalah segala galanya
Tidak
semua kegigihan adalah segala galanya, misalnya hanya dengan mengganti nama
produk yg kita punya menjadi unik,contoh : surabi imut dan perkedel bondons
6. Perlu
metode untuk hasilkan ide
Tidak selalu ada metode untuk hasilkan ide Karena hal
yang spontan yang kita pikirkan bisa kita langsung realisasikan.
7.
SegAla sesuatu serba
Terbatas
Tidak ada yg terbatas
didunia ini yang mungkin untuk kita lakukan contohnya kita tak terbatas untuk
ber imajinasi dalam hidup kita.
8.
Laba
adalah Raja
Sering
para pengusaha merajakan laba semata
mata untuk keuntungan pribadi, padahal untuk saat ini laba bukanlah segalanya. Contoh
kita mebuat usaha yang bener benar meminimalisir modal untuk usaha yg kita
punya akan berakibat pada produk yg kita akan jual, org jadi tidak tertarik pada
produk kita.
SILA
KE-6 KREATIF SAMPAI MATI
KREATIF ITU LANGKA! KREATIF ITU BUKAN KRIMINAL! KREATIF
BUKAN HANYA MILIK SENIMAN DAN DESIGNER! KREATIF CARA BERTAHAN
HIDUP!
KREATIF IDAK BISA DIBELI! KREATIF SAMPAI
MAT!!!!
BUTIR
BUTIR KREATIF !!!!
·
CARI
DUNIA MU SENDIRI
Jangan
takut untuk tetap pada duniamu atau hal yang membuatmu terus menjadi kreatif tanpa
harus takut terjatuh dan tidak mendapatkan apa apa karena dengan kamu pada
dunia yang kamu sukai akan mejadikan kamu org yang terus kreatif. Contoh : jika kamu suka melukis?atau apapun
bidang yg kamu minati, teruslah tekuni bidang itu tanpa harus takut tidak
mendapatkan uang karena yakin!! Bila terus konsisten anda akan menjadi pelukis
kayaraya.
·
BERPIKIRLAH
BERBAGAI ARAH
Jangan
terpaku pada satu acuan misalkan bila kita tahu vampire itu identic dengan
taring yang keluar dan berlumuran darah kenapa tidak kita rubah dengan vampire yang
tampan dan bisa mencinti bahkan melindungi seperti film ‘TWILIGHT’
·
REKAM
DAN REMIX
Jangan
takut untuk merekam atau meniru produk yang orang lain punya, tapi tidak untuk
membajak! misal ada produk yang kita sukai dan kita berencana untuk membuatnya
kembali, boleh saja kita merekam tapi meremix dengan ide yang kita punya juga,
bukan hanya mejiplak tanpa menambahkan dengan bahan ide yang kita punya.
·
LAKUKAN
HAL SPONTAN
Kadang
hal spontan adalah hal yang paling bisa kita realisasikan tanpa harus befikir
lama atau menggunakan metode lain,
·
BAGAIMANA
KALAU
Coba
kalau kita pikirkan dan beranikan diri untuk mencoba sesuatu hal yang mungkin
org lain tidak bisa percaya, dengan creatif yang kita punya kita bisa kembangan
dengan menawarkan kreatif kita, ‘bagaimana kalau saya membuat gambar untuk lambang
HUT INDONESIA agar tidak monoton!!
·
BIKIN
LENGKET
Pasti
kamu tau Inggris, coba kalian perhatikan pasukan upacara inggris, mereka sangat
lengket dengan topi yang menyoncong ke atas walau itu terlihat jadul tapi
membuat para wisatwan ingin terus melihat setiap upcara yang diadakan.
·
RANGKUL
KETEBATASAN
Tidak
ada keterbatasan yang kita miliki bila kita ingin membuat sesuatu yang mungkin
itu susah karena fasilitas yang kita punya kita bisa mensederhanakan hal itu
dengan bahan yang ada atau apaun yang kita punya.
·
INFORMAL
KE FORMAL
Membuat
suatu yang informal kepada formal kalian pasti tau BUS TRANS JAKARTA lambing yang
sangat membosan kan, kalau kalian lihat di Jepang itu busnya bergambar animasi
kartun tapi tetap pada nama Bus itu sendiri.
·
SETIAP
KARYA ADA PEMINATNYA
Jangan
takut untuk berkarya karena karya yang kita buat pasti ada peminatnya, seperti
sayah sendiri membuat kemeja untuk org yang memiliki bobot badan 100kg, awalnya
takut karena sedikit peminat, ternyata setelah saya buat, banyak org yang
mempunyai bobot badan yang besar ingin dibuatkan kemeja oleh saya.
·
OUT
OF THE BOX
Terus
melakukan hal yang kreatif beda dari orang lain terus menjadi beda untuk hl
yang baru.
PERKEMBANGAN
MARKETING
M1.O
: Rasional Marketing
Pada
jaman dahulu orang yang mempunyai tempat yang bisa berjualan tanpa memikirkan
apapun hanya memproduksi dan menjual.
M2.O
: Emotional Marketing/Marketing Research
Produsen pada jaman searang sudah
memikirkan selera para konsumen tidak hanya memproduksi dan menjualnya, minuman
botol yang banyak kita ketahui saat ini tidak hanya air mineral tapi air
mineral yang mempunyai rasa dan vitamin juga saat ini ad, karena konsumen sekarang
selektif untuk mebeli produk.
M3.O
: Human Spiritual Marketing
Jaman
sekarang bnyak sekali produk yang bermunculan entah dr makanan atau minuman dan
kebutuhan lainnya, dan jaman sekarang juga konsumen lebih seleksif alam hal
pemakaina produk, contohnya bila produknya enak tapi mengandung minyak babi
konsumen cenderung tidak ingin memakainya.
Kewirausahaan Sosial
JALINAN KASIH RCTI
Apakah yang ada dalam
pikiran Anda saat melihat saudara-saudara kita terbaring tak berdaya di atas
pembaringan lantaran penyakit yang dideritanya? Sementara orang tua atau
keluarga mereka tidak dapat melakukan banyak hal untuk kesembuhan mereka karena
keterbatasan biaya. Mereka hanya bisa pasrah dan berharap ada keajaiban yang
dapat membawa anggota keluarga mereka yang sakit tersebut kembali sehat dan
berkumpul lagi bersama mereka. Lewat Program Jalinan Kasih RCTI Anda dapat
memberikan sedikit harapan bagi mereka.
Jalinan Kasih RCTI bergerak dalam hal kesehatan, yaitu memberikan bantuan jaminan pengobatan kepada masyarakat tidak mampu yang keluarga atau dirinya sendiri menderita sakit. Dalam hal ini adalah penyakit yang masih dapat disembuhkan secara medis.
Dana pengobatan kesehatan diperoleh dari sumbangan para pemirsa RCTI yang telah dengan ikhlas menyisihkan sebagian uangnya untuk membantu sebagai wujud kasih bagi mereka yang memerlukan. Selama lebih dari lima tahun sudah Jalinan Kasih RCTI menjadi fasilitator dari pemirsa untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan pengobatan.
Dalam penanganan pasien yang dibantu, Jalinan Kasih RCTI menjalin kerjasama dengan pihak rumah sakit untuk mempermudah proses pengobatan dan pemantauan perkembangan pasien. Seluruh biaya pengobatan disampaikan kepada masing-masing rumah sakit yang dirujuk untuk merawat pasien tersebut, sehingga dapat dipastikan dana pengobatan tersebut akan tepat guna karena dimanfaatkan sepenuhnya untuk pengobatan bagi kesembuhan pasien.
Biaya yang akan diberikan kepada setiap pasien disesuaikan dengan perkiraan biaya yang diperlukan untuk pengobatan dan perawatan penyakit yang diderita, hal ini tentunya sangat membantu pasien maupun keluarganya dalam mengatasi biaya yang sebelumnya tidak mampu mereka jangkau.
Masyarakat tidak mampu yang telah dibantu oleh program Jalinan Kasih RCTI dalam membiayai pengobatan keluarganya berasal dari berbagai kota, antara lain Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Palembang dan Nusa Tenggara Barat, dengan jenis penyakit yang beragam, seperti Atresia Ani (tidak memiliki saluran pembuangan), Hydrocephalus, TBC Tulang, Hirschprung (penyempitan saluran pembuangan), kelainan jantung, kista Ovarium, hernia, hemangioma (tumor pembuluh darah), katarak congenital, meningocele (tumor selaput otak yang menonjol keluar) , bibir sumbing, dan lain-lain, serta pengadaan alat bantu dengar, kaki palsu, kursi roda, protesa mata (mata palsu), dan lainnya.
Dalam melaksanakan bantuan pengobatan tersebut Jalinan Kasih RCTI bekerjasama dengan beberapa rumah sakit di Jakarta, Bogor, Tangerang, Serang, Bandung, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya dan Palembang.
Prosedur untuk mengajukan bantuan pengobatan dari Jalinan Kasih RCTI juga tidak menyulitkan bagi masyarakat kurang mampu. Pemohon cukup mengirimkan surat yang berisi maksud dan tujuan permohonan serta bantuan yang diharapkan. Pemohon juga harus menceritakan sejarah singkat jenis penyakit yang diderita pasien. Surat permohonan tersebut harus dilengkapi dengan beberapa dokumen pendamping, yaitu Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan / Kepala Desa, fotocopy identitas diri dan KK (Kartu Keluarga) atau Surat/Akte Lahir untuk pasien anak-anak yang belum terdaftar di KK, foto kondisi keadaan terakhir pasien serta surat keterangan/diagnosa dari dokter / rumah sakit tentang jenis penyakit dan tindakan yang perlu diambil serta perkiraan biaya tindakan. Surat tersebut disampaikan kepada Sekretariat Jalinan Kasih RCTI. Untuk mempermudah komunikasi dan tindaklanjut atas permohonan tersebut, data mengenai alamat tempat tinggal (jika perlu disertai peta) serta nomor telepon yang bisa dihubungi, merupakan hal yang wajib dicantumkan dalam surat permohonan.
Setelah dokumen diterima akan diverifikasi oleh tim Jalinan Kasih RCTI selanjutnya akan dilakukan survey untuk calon penerima bantuan apakah yang bersangkutan betul-betul memenuhi syarat untuk dibantu atau tidak. Namun tidak semua permohonan ke Jalinan Kasih RCTI dapat dibantu.
Jalinan Kasih RCTI bergerak dalam hal kesehatan, yaitu memberikan bantuan jaminan pengobatan kepada masyarakat tidak mampu yang keluarga atau dirinya sendiri menderita sakit. Dalam hal ini adalah penyakit yang masih dapat disembuhkan secara medis.
Dana pengobatan kesehatan diperoleh dari sumbangan para pemirsa RCTI yang telah dengan ikhlas menyisihkan sebagian uangnya untuk membantu sebagai wujud kasih bagi mereka yang memerlukan. Selama lebih dari lima tahun sudah Jalinan Kasih RCTI menjadi fasilitator dari pemirsa untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan pengobatan.
Dalam penanganan pasien yang dibantu, Jalinan Kasih RCTI menjalin kerjasama dengan pihak rumah sakit untuk mempermudah proses pengobatan dan pemantauan perkembangan pasien. Seluruh biaya pengobatan disampaikan kepada masing-masing rumah sakit yang dirujuk untuk merawat pasien tersebut, sehingga dapat dipastikan dana pengobatan tersebut akan tepat guna karena dimanfaatkan sepenuhnya untuk pengobatan bagi kesembuhan pasien.
Biaya yang akan diberikan kepada setiap pasien disesuaikan dengan perkiraan biaya yang diperlukan untuk pengobatan dan perawatan penyakit yang diderita, hal ini tentunya sangat membantu pasien maupun keluarganya dalam mengatasi biaya yang sebelumnya tidak mampu mereka jangkau.
Masyarakat tidak mampu yang telah dibantu oleh program Jalinan Kasih RCTI dalam membiayai pengobatan keluarganya berasal dari berbagai kota, antara lain Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Palembang dan Nusa Tenggara Barat, dengan jenis penyakit yang beragam, seperti Atresia Ani (tidak memiliki saluran pembuangan), Hydrocephalus, TBC Tulang, Hirschprung (penyempitan saluran pembuangan), kelainan jantung, kista Ovarium, hernia, hemangioma (tumor pembuluh darah), katarak congenital, meningocele (tumor selaput otak yang menonjol keluar) , bibir sumbing, dan lain-lain, serta pengadaan alat bantu dengar, kaki palsu, kursi roda, protesa mata (mata palsu), dan lainnya.
Dalam melaksanakan bantuan pengobatan tersebut Jalinan Kasih RCTI bekerjasama dengan beberapa rumah sakit di Jakarta, Bogor, Tangerang, Serang, Bandung, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya dan Palembang.
Prosedur untuk mengajukan bantuan pengobatan dari Jalinan Kasih RCTI juga tidak menyulitkan bagi masyarakat kurang mampu. Pemohon cukup mengirimkan surat yang berisi maksud dan tujuan permohonan serta bantuan yang diharapkan. Pemohon juga harus menceritakan sejarah singkat jenis penyakit yang diderita pasien. Surat permohonan tersebut harus dilengkapi dengan beberapa dokumen pendamping, yaitu Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan / Kepala Desa, fotocopy identitas diri dan KK (Kartu Keluarga) atau Surat/Akte Lahir untuk pasien anak-anak yang belum terdaftar di KK, foto kondisi keadaan terakhir pasien serta surat keterangan/diagnosa dari dokter / rumah sakit tentang jenis penyakit dan tindakan yang perlu diambil serta perkiraan biaya tindakan. Surat tersebut disampaikan kepada Sekretariat Jalinan Kasih RCTI. Untuk mempermudah komunikasi dan tindaklanjut atas permohonan tersebut, data mengenai alamat tempat tinggal (jika perlu disertai peta) serta nomor telepon yang bisa dihubungi, merupakan hal yang wajib dicantumkan dalam surat permohonan.
Setelah dokumen diterima akan diverifikasi oleh tim Jalinan Kasih RCTI selanjutnya akan dilakukan survey untuk calon penerima bantuan apakah yang bersangkutan betul-betul memenuhi syarat untuk dibantu atau tidak. Namun tidak semua permohonan ke Jalinan Kasih RCTI dapat dibantu.
Selain bantuan
yang diberikan secara rutin setiap bulan kepada yang memerlukan, Jalinan Kasih
RCTI bekerjasama dengan beberapa rumah sakit juga membuat program "Senyum
Indonesia" berupa operasi gratis sumbing bibir dan sumbing langit-langit,
dengan 27 tempat pendaftaran diwilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah,
Jawa Timur, Pulau Sumatera, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan
Sulawesi Utara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar