Kamis, 19 Desember 2013

Nur Latifah Isnaeni

KEWIRAUSAHAAN
Perusahaan memiliki aset untuk membangun dan mengembangkan perusahaannya. Di zaman sekarang aset terbesar suatu perusahaan ialah SDM (Sumber Daya Manusia). Dengan kata lain manusia lebih berharga bagi perusahaan dibanding aset lain seperti gedung, mesin, dan sebagainya.
SDM yang baik bagi perusahaan ialah SDM yang memiliki kemampuan dan keinginan / kemauan untuk bekerja. SDM yang baik seperti itu akan dipertahankan namun diutamakan SDM yang kreatif. Karena SDM yang kreatif akan mampu menciptakan karya / suatu inovasi. Inovasi yang dibuat tersebut mampu membuat tujuan tercapai efektif dan efisien.
PENUGASAN
Sebutkan 3 Value Proposition dari suatu perusahaan !
·         Paket yang ditawarkan terjangkau
·         Pemilihan tempat yang tepat (strategis)
·         Terdapat WIFI
·         Delivery Order
Sebuah perusahaan atau usaha lebih membutuhkan SDM yang memiliki kreativitas dibandingkan SDM yang berkemampuan seperti pada umumnya. Dengan adanya kreativitas yang ada pada SDM tersebut maka efektivitas dan efisiensi kinerja perusahaan tersebut akan meningkat seiring dengan naiknya value perusahaan tersebut.
Motivasi seseorang untuk berwirausaha di negeri ini, Indonesia diantaranya ialah :
·         Presentase lulusan kuliah : 10-20 % melanjutkan kuliah (Produksi Usia Kuliah – PUK), 80% diharapkan berwirausaha (membuka lapangan pekerjaan bagi para pengangguran di Indonesia).
·         TKI/TKW : mengurangi jumlah TKI serta TKW dengan cara membuka lapangan pekerjaan bagi mereka.
·         Presentase masyarakat kelas menengah semakin meningkat : seiring dengan semakin banyaknya jumlah masyarakat Indonesia yang masuk ke dalam kelas menengah, hal ini menjadikan peluang usaha semakin besar. Karena dengan begitu, konsumen menjadi semakin banyak dan menguntungkan pengusaha.
·         Seminar, lokakarya, pelatihan, buku, dan sebagainya : Ilmu mengenai kewirausahaan dapat diambil dari berbagai hal. Jadi tidak ada alasan tidak berwirausaha karena tidak memiliki ilmu.
·         Premium Fasilitas : fasilitas premium telah tersedia secara gratis untuk memulai usaha seperti e-mail, sosial media, dan sebagainya.

PENUGASAN
1.    Gambarkan orang naik sepeda !
2.    Sebutkan 3 usaha yang “Out of the box” (yang sudah ada) !
·      McD Drive thru
·      Cuci mobil Drive thru
·      Usaha towel cake
3.    Alasan lain mengapa orang lain harus menjadi wirausaha !
Selain untuk membuka lapangan kerja bagi yang lain, berwirausaha juga melatih mental seseorang, memperluas jaringan, mengasah kemampuan berfikir, bertindak dan berani mengambil resiko, juga mengasah kreatifitas pengusaha itu sendiri. Dan itu semua berguna untuk pengembangan diri serta karakter dari orang yang melakukan usaha.

PENUGASAN
1.    Buatlah Kelompok yang beranggotakan maksimal 3 orang dalam usaha Intrapreneur/Entrepeneur !
Nama Usaha
Sistik Hot
Deskripsi Usaha
Cemilan sistik rasa pedas
Nama
NPM
No Kontak/email
Nur Latifah Isnaeni
170103110035
085722690557/isnaenilatifah92@gmai.com
Ria Andriyani
170103110111
08562223274/cageurh_iia@yahoo.com

2.    Pilih 3 CEO dari buku 101 Young CEO yang menginspirasi !
1)      Andina Nabila Irvani – Jutawan Sepatu Lukis
Andina bersama kakaknya Nerissa sama-sama memiliki hobi mengoleksi sepatu. Bisnis bermula dari saat Dina melukis sepatu kakaknya. Dengan modal Rp. 1.000.000,- hasil pinjam dari orang tua mereka memulai usahanya. Dina sebagai produksi (melukis), Icha sebagai bagian keuangan dan pemasaran. Segmentasinya 15-22 tahun. Omzet jutaan dari ratusan pasang sepatu yang terjual pun mampu mereka dapatkan dari usahanya ini.
2)      Rudi Salim – Nekat Berbisnis Kredit untuk Jual Beli Online
Rudi merupakan pemilik bisnis PT. Excel Trade Indonesia. Ia mempelajari ilmu mengenai pembiayaan secara otodidak. Dalam menjalankan usahanya, ia bermodalkan uang hasil dari ia menjual mobil pemberian orang tuanya. Hal ini menjadi salah satu hambatan yang ia hadapi, karena ibunya tidak menyetujui usaha yang ditekuninya. Namun berkat kejelian Rudi dalam melihat peluang, serta keahliannya dalam memperluas saluran penjualannya (melalui moderator kaskus), alhasil ia mampu menjalankan usahanya. Sekalipun ia pernah mengalami kerugian puluhan juta rupiah karena kasus penipuan, dengan ketekunannya dalam menjalankan usaha ini kredit macet yang sebelumnya berkisar 3% berangsur-angsur menurun hingga 0,8%. Hal tersebut merupakan suatu prestasi dari usaha yang dijalaninya, terlebih dengan kenekatannya mendapatkan modal.
3)      Ahmad Abdul Hadi – Eksportir Buah Unggulan Indonesia
Mahasiswa Manajemen Ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon berhasil membuat sebuah usaha ekspor buah unggulan yang berasal dari Indonesia. Dengan latar belakang keluarga pemilik perkebunan mangga gedong gincu seluas +/- 1ha di Cirebon, Ahmad mencoba untuk berbisnis ekspor buah dari daerah asalnya. Dari usaha yang dijalaninya ini, ia berhasil mensejahterakan puluhan karyawan serta ribuan petani mitranya. Dalam satu tahun ia mampu mengekspor +/- 500 ton buah dari berbagai kota termasuk dari perkebunannya. Semua ini tentu berkat usaha kerasnya dalam menekuni bisnis ekspor. Selain memperbanyak mitra perkebunan di berbagai kota, Ahmad banyak mencari tahu tentang pemasaran buah di internet.

Canvas Business Model
1.    Customer Segment
Customer segment adalah kelompok target konsumen yang akan atau sedang kita bidik untuk menjadi pelanggan kita. Hal yang harus diperhatikan dalam segmentasi pelanggan adalah, kita harus benar2 bisa mendefinisikan secara spesifik siapa segment target pelanggan kita.
2.    Value Preposition
Value proposition atau mudahnya produk, adalah hal yang kita tawarkan ke target konsumen kita. Misalnya kita jualan bahan makanan organik ke komunitas vegetarian, jualan kreasi dari batik untuk anak muda, jualan aplikasi untuk android misalnya, atau kita menawarkan jasa pelatihan bisnis ke mahasiswa dan UKM, atau arsitek yang jualan jasa desain ke pelanggan yang mau renovasi rumahnya dll.
3.    Channel
Channel adalah cara yang digunakan untuk memberikan value proposition kita ke konsumen. Cara ini bisa sangat bermacam2 tergantung dari segmen konsumen yang kita bidik. Chanel ini adalah salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan, karena kalo kurang tepat kita ga bisa meraih target segmen kita. Channel bisa juga disebut bagaimana cara kita menyampaikan produk kepada konsumen. Channel tersebut bisa berupa penjualan langsung, bisa juga melalui distributor, melalui tenaga marketing, bisa juga melalui website, bisa melalui forum jual beli, atau melalui thread kaskus.
4.    Customer Relationship
Customer Relationship adalah wadah untuk terus berhubungan dan semakin mempererat hubungan dengan pelanggan kita. Di era nya teknologi informasi dan komunikasi sangat banyak cara untuk membuat hubungan dengan konsumen. Sebut aja website, facebook, twitter, kaskus, thread n forum, bbm, ym, whatsapp dll. Semua itu bisa dijadikan cara untuk menjalin hubungan dengan konsumen. Dengan hubungan yang lancar tersebut kita bisa dengan mudah menyampaikan sesuatu kepada konsumen kita misalnya produk baru, diskon, penawaran khusus dan lain-lain.
5.    Revenue
Pada umumnya bisnis, terutama perdagangan menghasilkan uang dari keuntungan penjualan, atau kadang disebut laba atau profit. Laba atau profit adalah salahsatu model revenue stream yang sederhana. Profit didapat dari selisih semua pendapatan penjualan (omzet) dikurangi semua biaya. Conto kalo kita jualan makanan buka puasa misalnya es teler, berarti profit secara sederhana adalah semua uang dari penjualan dikurangi biaya bahan+upah kerja+biaya listrik+sewa tempat+kemasan.
6.    Key Resource
Key resource adalah syarat yang harus dipenuhi atau resource yang harus kita miliki untuk melakukan aktivitas utama bisnis kita, apabila kita kehilangan key resource ini bisnis kita tidak akan berjalan.
7.    Key Activities
Aktifitas utama yang harus dijaga terus kualitasnya, supaya value prepotition nya dapat diciptakan

SILA KE 6 : “KREATIF SAMPAI MATI”
1.      cari dunia mu
2.      berfikir berbagai arah
3.      rekam dan remix
4.      lakukan hal spontan
5.      bagaimana kalau
6.      bikin lengket
7.      rangkul keterbatasan
8.      informa ke formal
9.      introvert is cool
10.  jangan kalah start
11.  mampu mengurai
12.  hadapi si otak kadal
13.  out of the box
14.  setiap karya ada peminatnya
15.  tetap gembol selalu
16.  fleksibel saja
17.  monoton ? no way!



MARKETING IS BULLSHIT

BULLSHIT #1 : HOKI ITU KEBETULAN
Ternnyata HOKI itu bisa diciptakan, bukan kebetulan belaka. Karena menara HOKI itu disangga oleh pilar persiapan dan pilar kesempatan. Sedang pondasinya adalah komunikasi 3 lapis : kepada diri sendiri, kepada sesama dan kepada ALLAH yang maha kuasa. Sehingga kita harus berhati-hati dengan apa yang kita ucapkan. Karena apa yang kita ucapkan akan terealisasi. Seperti LOA. Bukankah RASUL pernah bersabda bahwa ALLAH itu seperti prasangka hambanya.
Anda juga harus mengetahui sidik jari hoki anda karena setiap orang punya sidik jari hoki sendiri-sendiri.

BULLSHIT #2 : TEROBOSAN ADALAH PEMBOROSAN
Yup karena terobosan tidak harus dengan pemborosan. Hemat pun bisa jadi hebat seperti yang dicontohkan oleh perusahaan Tata dengan mobil murahnya atau jason osbon dan jason wright yang membesut feed granola. Dengan kreativitas, sampahpun bisa jadi rupiah. Tidak percaya? Tengok  aja yuliastoni yang membuat hiasan dari bulu angsa SISA pembuatan shuttle cock. Bahkan debok pisang berubah jadi dompet cantik di tangan yanto suhardani. Dengan kreativitas pula, pelanggan jadi pesuruh seperti restoran dengan konsep self-service, efisien jadi efektif, high tech jadi high touch.

BULLSHIT #3 : TEROBOSAN BUKAN KEHARUSAN
Bahkan yang namanya terobosan itu adalah suatu keharusan karena tanpa terobosan maka publik akan bosan. Dan terobosan senilai puluhan bahkan ratusan juta dapat anda lakukan dengan berbagai macam cara.

BULLSHIT #4 : DIFERENSIA SUKAR DIKREASI
Diferensia dapat direkatakan oleh apa saja, diferensia tidaklah sukar dikreasi. Yang jelas tanpa diferensia, semua jadi basi.

BULLSHIT #5 : KEGIGIHAN ADALAH SEGALA-GALANYA
Ternyata kegigihan dan kebranian semata tidak cukup.  Intinya terletak pada “bukan sekedar-sekedar” yang maksudnya :
·      Keyakinan, bukan sekedar keinginan
·      Kecerdikan bkan sekedar kegigihan
·      Kenekatan bukan sekedar kebranian
·      Persiapan bukan sekedar pelayanan
·      Penghasilan bukan sekedar penemuan
·      Sisi laba bukan sekedar sisi liar

BULLSHIT #6 : PERLU METODE UNTUK MENGHASILKAN IDE
Tidak penting metode yang penting dapet ide. Karena memang tidak ada metode khusus untuk menghasilkan ide. Semua metode bisa menghasilkan ide diantaranya :
·      Kondisi kepepet
·      Kondisi santai
·      Kondisi spesialis
·      Kondisi generalis
·      Kondisi krisis
·      Konidisi merantau
·      Kondisi muda
BULLSHIT #7 : SEGALA SESUATU SERBA TERBATAS
Orang kreatif adalah orang tanpa batas, menolak gagasan “segala sesuatu serba terbatas”. Ada beberapa pedekatan yang sudah teruji untuk menjadi kreatif :
·      Be distinctive, amati dan cermati persoalan dengan cara yang berbeda
·      Be imaginative, bayangakan!
·      Be productive, hasilkan! Walaupun ahirnya nanti menuai kegagalan
·      Be combinative, buatlah perpaduan yang baru!
·      Be coonective, buatlah hubungan-hubungan.
·      Be contrary,  dua gagasan yang bertolak belakang tapi dua-duanya berfungsi
·      Be metaphoric, membuat perumpamaan
·      Be proactive, tidak takut kegagalan

BULLSHIT #8 : LABA ADALAH RAJA
Apa gunanya kreativitas tanpa profitabilitas? Apa gunanya profitabilitas tanpa integritas? Semakin jelas bahwa laba buka raja di raja. Sembari memutar roda bisnis, sudah semestinya seorang marketer juga mengumpulkan nilai tambah :
·      Bulid the integrity
·      Build the self-esteem
·      Bulid the network
·      Build the relationship
·      Build the benefits

Sumber : http://maherzen.com/ringkasan-buku-marketing-is-bullshit/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar