KEWIRAUSAHAAN
Perusahaan
memiliki aset untuk membangun dan mengembangkan perusahaannya. Di zaman
sekarang aset terbesar suatu perusahaan ialah SDM (Sumber Daya Manusia). Dengan
kata lain manusia lebih berharga bagi perusahaan dibanding aset lain seperti gedung,
mesin, dan sebagainya.
SDM
yang baik bagi perusahaan ialah SDM yang memiliki kemampuan dan keinginan /
kemauan untuk bekerja. SDM yang baik seperti itu akan dipertahankan namun
diutamakan SDM yang kreatif. Karena SDM yang kreatif akan mampu menciptakan
karya / suatu inovasi. Inovasi yang dibuat tersebut mampu membuat tujuan
tercapai efektif dan efisien.
PENUGASAN
Sebutkan
3 Value Proposition dari suatu
perusahaan !
·
Paket yang ditawarkan terjangkau
·
Pemilihan tempat yang tepat (strategis)
·
Terdapat WIFI
·
Delivery
Order
Sebuah
perusahaan atau usaha lebih membutuhkan SDM yang memiliki kreativitas
dibandingkan SDM yang berkemampuan seperti pada umumnya. Dengan adanya
kreativitas yang ada pada SDM tersebut maka efektivitas dan efisiensi kinerja
perusahaan tersebut akan meningkat seiring dengan naiknya value perusahaan tersebut.
Motivasi
seseorang untuk berwirausaha di negeri ini, Indonesia diantaranya ialah :
·
Presentase lulusan kuliah : 10-20 %
melanjutkan kuliah (Produksi Usia Kuliah – PUK), 80% diharapkan berwirausaha
(membuka lapangan pekerjaan bagi para pengangguran di Indonesia).
·
TKI/TKW : mengurangi jumlah TKI serta
TKW dengan cara membuka lapangan pekerjaan bagi mereka.
·
Presentase masyarakat kelas menengah
semakin meningkat : seiring dengan semakin banyaknya jumlah masyarakat
Indonesia yang masuk ke dalam kelas menengah, hal ini menjadikan peluang usaha
semakin besar. Karena dengan begitu, konsumen menjadi semakin banyak dan
menguntungkan pengusaha.
·
Seminar, lokakarya, pelatihan, buku, dan
sebagainya : Ilmu mengenai kewirausahaan dapat diambil dari berbagai hal. Jadi
tidak ada alasan tidak berwirausaha karena tidak memiliki ilmu.
·
Premium Fasilitas : fasilitas premium
telah tersedia secara gratis untuk memulai usaha seperti e-mail, sosial media,
dan sebagainya.
PENUGASAN
1. Gambarkan
orang naik sepeda !
2. Sebutkan
3 usaha yang “Out of the box” (yang
sudah ada) !
· McD
Drive thru
· Cuci
mobil Drive thru
· Usaha
towel cake
3. Alasan
lain mengapa orang lain harus menjadi wirausaha !
Selain untuk membuka
lapangan kerja bagi yang lain, berwirausaha juga melatih mental seseorang,
memperluas jaringan, mengasah kemampuan berfikir, bertindak dan berani
mengambil resiko, juga mengasah kreatifitas pengusaha itu sendiri. Dan itu
semua berguna untuk pengembangan diri serta karakter dari orang yang melakukan
usaha.
PENUGASAN
1. Buatlah
Kelompok yang beranggotakan maksimal 3 orang dalam usaha Intrapreneur/Entrepeneur !
Nama Usaha
|
“Sistik Hot”
|
|
Deskripsi Usaha
|
Cemilan
sistik rasa pedas
|
|
Nama
|
NPM
|
No Kontak/email
|
Nur
Latifah Isnaeni
|
170103110035
|
085722690557/isnaenilatifah92@gmai.com
|
Ria
Andriyani
|
170103110111
|
08562223274/cageurh_iia@yahoo.com
|
2. Pilih
3 CEO dari buku 101 Young CEO yang menginspirasi !
1) Andina
Nabila Irvani – Jutawan Sepatu Lukis
Andina bersama kakaknya
Nerissa sama-sama memiliki hobi mengoleksi sepatu. Bisnis bermula dari saat
Dina melukis sepatu kakaknya. Dengan modal Rp. 1.000.000,- hasil pinjam dari
orang tua mereka memulai usahanya. Dina sebagai produksi (melukis), Icha sebagai
bagian keuangan dan pemasaran. Segmentasinya 15-22 tahun. Omzet jutaan dari
ratusan pasang sepatu yang terjual pun mampu mereka dapatkan dari usahanya ini.
2) Rudi
Salim – Nekat Berbisnis Kredit untuk Jual Beli Online
Rudi merupakan pemilik
bisnis PT. Excel Trade Indonesia. Ia mempelajari ilmu mengenai pembiayaan
secara otodidak. Dalam menjalankan usahanya, ia bermodalkan uang hasil dari ia
menjual mobil pemberian orang tuanya. Hal ini menjadi salah satu hambatan yang
ia hadapi, karena ibunya tidak menyetujui usaha yang ditekuninya. Namun berkat
kejelian Rudi dalam melihat peluang, serta keahliannya dalam memperluas saluran
penjualannya (melalui moderator kaskus), alhasil ia mampu menjalankan usahanya.
Sekalipun ia pernah mengalami kerugian puluhan juta rupiah karena kasus
penipuan, dengan ketekunannya dalam menjalankan usaha ini kredit macet yang
sebelumnya berkisar 3% berangsur-angsur menurun hingga 0,8%. Hal tersebut
merupakan suatu prestasi dari usaha yang dijalaninya, terlebih dengan
kenekatannya mendapatkan modal.
3) Ahmad
Abdul Hadi – Eksportir Buah Unggulan Indonesia
Mahasiswa Manajemen
Ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon berhasil membuat sebuah usaha
ekspor buah unggulan yang berasal dari Indonesia. Dengan latar belakang
keluarga pemilik perkebunan mangga gedong gincu seluas +/- 1ha di Cirebon,
Ahmad mencoba untuk berbisnis ekspor buah dari daerah asalnya. Dari usaha yang
dijalaninya ini, ia berhasil mensejahterakan puluhan karyawan serta ribuan
petani mitranya. Dalam satu tahun ia mampu mengekspor +/- 500 ton buah dari
berbagai kota termasuk dari perkebunannya. Semua ini tentu berkat usaha
kerasnya dalam menekuni bisnis ekspor. Selain memperbanyak mitra perkebunan di
berbagai kota, Ahmad banyak mencari tahu tentang pemasaran buah di internet.
Canvas
Business Model
1.
Customer
Segment
Customer segment adalah
kelompok target konsumen yang akan atau sedang kita bidik untuk menjadi
pelanggan kita. Hal yang harus diperhatikan dalam segmentasi pelanggan adalah,
kita harus benar2 bisa mendefinisikan secara spesifik siapa segment target
pelanggan kita.
2.
Value
Preposition
Value proposition atau
mudahnya produk, adalah hal yang kita tawarkan ke target konsumen kita. Misalnya
kita jualan bahan makanan organik ke komunitas vegetarian, jualan kreasi dari
batik untuk anak muda, jualan aplikasi untuk android misalnya, atau kita
menawarkan jasa pelatihan bisnis ke mahasiswa dan UKM, atau arsitek yang jualan
jasa desain ke pelanggan yang mau renovasi rumahnya dll.
3.
Channel
Channel adalah cara
yang digunakan untuk memberikan value proposition kita ke konsumen. Cara ini
bisa sangat bermacam2 tergantung dari segmen konsumen yang kita bidik. Chanel
ini adalah salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan, karena kalo kurang
tepat kita ga bisa meraih target segmen kita. Channel bisa juga disebut
bagaimana cara kita menyampaikan produk kepada konsumen. Channel tersebut bisa
berupa penjualan langsung, bisa juga melalui distributor, melalui tenaga
marketing, bisa juga melalui website, bisa melalui forum jual beli, atau
melalui thread kaskus.
4.
Customer
Relationship
Customer Relationship
adalah wadah untuk terus berhubungan dan semakin mempererat hubungan dengan
pelanggan kita. Di era nya teknologi informasi dan komunikasi sangat banyak
cara untuk membuat hubungan dengan konsumen. Sebut aja website, facebook,
twitter, kaskus, thread n forum, bbm, ym, whatsapp dll. Semua itu bisa
dijadikan cara untuk menjalin hubungan dengan konsumen. Dengan hubungan yang
lancar tersebut kita bisa dengan mudah menyampaikan sesuatu kepada konsumen
kita misalnya produk baru, diskon, penawaran khusus dan lain-lain.
5.
Revenue
Pada umumnya bisnis,
terutama perdagangan menghasilkan uang dari keuntungan penjualan, atau kadang
disebut laba atau profit. Laba atau profit adalah salahsatu model revenue
stream yang sederhana. Profit didapat dari selisih semua pendapatan penjualan
(omzet) dikurangi semua biaya. Conto kalo kita jualan makanan buka puasa
misalnya es teler, berarti profit secara sederhana adalah semua uang dari
penjualan dikurangi biaya bahan+upah kerja+biaya listrik+sewa tempat+kemasan.
6.
Key
Resource
Key resource adalah
syarat yang harus dipenuhi atau resource yang harus kita miliki untuk melakukan
aktivitas utama bisnis kita, apabila kita kehilangan key resource ini bisnis
kita tidak akan berjalan.
7.
Key
Activities
Aktifitas utama yang
harus dijaga terus kualitasnya, supaya value prepotition nya dapat diciptakan
SILA
KE 6 : “KREATIF SAMPAI MATI”
1. cari
dunia mu
2. berfikir
berbagai arah
3. rekam
dan remix
4. lakukan
hal spontan
5. bagaimana
kalau
6. bikin
lengket
7. rangkul
keterbatasan
8. informa
ke formal
9. introvert
is cool
10. jangan
kalah start
11. mampu
mengurai
12. hadapi
si otak kadal
13. out
of the box
14. setiap
karya ada peminatnya
15. tetap
gembol selalu
16. fleksibel
saja
17. monoton
? no way!
MARKETING
IS BULLSHIT
BULLSHIT
#1 : HOKI ITU KEBETULAN
Ternnyata HOKI itu bisa
diciptakan, bukan kebetulan belaka. Karena menara HOKI itu disangga oleh pilar
persiapan dan pilar kesempatan. Sedang pondasinya adalah komunikasi 3 lapis :
kepada diri sendiri, kepada sesama dan kepada ALLAH yang maha kuasa. Sehingga
kita harus berhati-hati dengan apa yang kita ucapkan. Karena apa yang kita
ucapkan akan terealisasi. Seperti LOA. Bukankah RASUL pernah bersabda bahwa
ALLAH itu seperti prasangka hambanya.
Anda juga harus
mengetahui sidik jari hoki anda karena setiap orang punya sidik jari hoki
sendiri-sendiri.
BULLSHIT
#2 : TEROBOSAN ADALAH PEMBOROSAN
Yup karena terobosan
tidak harus dengan pemborosan. Hemat pun bisa jadi hebat seperti yang
dicontohkan oleh perusahaan Tata dengan mobil murahnya atau jason osbon dan
jason wright yang membesut feed granola. Dengan kreativitas, sampahpun bisa
jadi rupiah. Tidak percaya? Tengok aja
yuliastoni yang membuat hiasan dari bulu angsa SISA pembuatan shuttle cock.
Bahkan debok pisang berubah jadi dompet cantik di tangan yanto suhardani.
Dengan kreativitas pula, pelanggan jadi pesuruh seperti restoran dengan konsep
self-service, efisien jadi efektif, high tech jadi high touch.
BULLSHIT
#3 : TEROBOSAN BUKAN KEHARUSAN
Bahkan yang namanya
terobosan itu adalah suatu keharusan karena tanpa terobosan maka publik akan
bosan. Dan terobosan senilai puluhan bahkan ratusan juta dapat anda lakukan
dengan berbagai macam cara.
BULLSHIT
#4 : DIFERENSIA SUKAR DIKREASI
Diferensia dapat
direkatakan oleh apa saja, diferensia tidaklah sukar dikreasi. Yang jelas tanpa
diferensia, semua jadi basi.
BULLSHIT
#5 : KEGIGIHAN ADALAH SEGALA-GALANYA
Ternyata kegigihan dan
kebranian semata tidak cukup. Intinya
terletak pada “bukan sekedar-sekedar” yang maksudnya :
· Keyakinan,
bukan sekedar keinginan
· Kecerdikan
bkan sekedar kegigihan
· Kenekatan
bukan sekedar kebranian
· Persiapan
bukan sekedar pelayanan
· Penghasilan
bukan sekedar penemuan
· Sisi
laba bukan sekedar sisi liar
BULLSHIT
#6 : PERLU METODE UNTUK MENGHASILKAN IDE
Tidak penting metode
yang penting dapet ide. Karena memang tidak ada metode khusus untuk
menghasilkan ide. Semua metode bisa menghasilkan ide diantaranya :
· Kondisi
kepepet
· Kondisi
santai
· Kondisi
spesialis
· Kondisi
generalis
· Kondisi
krisis
· Konidisi
merantau
· Kondisi
muda
BULLSHIT
#7 : SEGALA SESUATU SERBA TERBATAS
Orang kreatif adalah
orang tanpa batas, menolak gagasan “segala sesuatu serba terbatas”. Ada
beberapa pedekatan yang sudah teruji untuk menjadi kreatif :
· Be
distinctive, amati dan cermati persoalan dengan cara yang berbeda
· Be
imaginative, bayangakan!
· Be
productive, hasilkan! Walaupun ahirnya nanti menuai kegagalan
· Be
combinative, buatlah perpaduan yang baru!
· Be
coonective, buatlah hubungan-hubungan.
· Be
contrary, dua gagasan yang bertolak
belakang tapi dua-duanya berfungsi
· Be
metaphoric, membuat perumpamaan
· Be
proactive, tidak takut kegagalan
BULLSHIT
#8 : LABA ADALAH RAJA
Apa gunanya kreativitas
tanpa profitabilitas? Apa gunanya profitabilitas tanpa integritas? Semakin
jelas bahwa laba buka raja di raja. Sembari memutar roda bisnis, sudah
semestinya seorang marketer juga mengumpulkan nilai tambah :
· Bulid
the integrity
· Build
the self-esteem
· Bulid
the network
· Build
the relationship
Tidak ada komentar:
Posting Komentar