Kamis, 19 Desember 2013

Antonius Septianus


 KEWIRAUSAHAAN

Terbagi antara “Enterpreship” dan “Interpreneur”
·        Enterpreship terdiri atas
1)    Mindset : Pola Pikir
2)    Method : Pola Tindakan
·        Interpeneur : dibutuhkan dan dipertahankan perusahaan/berupa asset







Seperti orang-orang “kreaktif”’(yang dibutuhkan perusahaan) atau yang bernilai (value).



Kreaktivitas Bisnis lahir dari :
1.     Masuk kedunia kita
Setiap orang memiliki passionnya masing-masing, maka dari itu kita jangan takut untuk keluar dari apa yang sesungguhnya bukan passion kita. Karena bekerja atau melakukan sesuatu dengan yang kita cintai akan lebih ringan bebannya.
2.     Rekam dan Remix
Tidak selalu harus menciptakan suatu yang baru sama sekali belum ada tetapi dapat juga hal yang baru itu dan hal yang lama dikembangkan menjadi hal yang baru dan bernilai.
3.     Introvert itu cool
tidak selamanya orang introvert/pendiam itu tidak bias menciptakan hal yang bernilai buktinya dengan diamnya, bias menghasilkan karya yang bagus dan bernilai.



Berbicara kewirausahaan, terdapat mitos yang harus dipatahkan :
1.     Hoki itu kebutulan
Siapa bilang hoki itu kebetulan ?  Ternyata tidak. Jusrru hokilah membawa keberuntungan mendapat keuntungan bagi pengusaha. Contohnya : Perubahan nama grup band Peterpan menjadi Noah masih disukai lagu-lagunya meskipun beberapa personil diganti masih tetap dikenang lagu-lagunya selama ini bahkan melakukan konser keliling asia saat nazriel irham keluar dari penjara
2.     Terobosan adalah pemborosan
Tidak semua terobosan itu mahal loh. Terobosan adalah kesuksesan bahkan memerlukan pengeluaran yang sangat besar menjadi terobosan. Contohnya : Indomaret yang dipatiukur  dia berani bangun kayak tempat makan (food court) diatasnya bayangkan pengeluaran yang banyak membangun tempat makan seperti itu.
3.     Terobosan bukan keharusan
Justru perlu banget !  karena banyak pesaing bisnis yang sedang melakukan terobosan untuk menarik pasar lebih luas. Contoh : KFC tempat makan itu melakukan terobosan yaitu berjualan kaset original bahkan beli paket banyak dapat kaset gratis dan bebas memilih.
4.     Diferensiasi sukar untuk dikreasi
Justru sangat mudah dilakukan !  karena perbedaan dari nama produk atau menambahkan sesuatu hal di produk kita. Contoh : pulpen standart dengan pulpen pilot sama-sama sering dipakai semua orang tetapi perbedaannya pulpen standart tintanya biasa sedangkan pilot agak tebal.
5.     Kegigihan adalah segalanya
Supaya mendapatkan segalanya tidak perlu gigih. Contoh : tukang gorengan dulu sering keliling-keling sekarang tukang gorengan khusus diam di tempat yang strategis dapat pelanggan yang banyak.
6.     Perlu metode untuk menghasikan ide
Tidak perlu seperti itu, ide-ide yang baru terpikirkan bias menjadikan hal yang bernilai, bahkan tidak perlu metode yang di rancang.
7.     Segala sesuatu serba terbatas
Tidak ada segalanya serba terbatas, semuanya meluas tanpa ada keterbatasan. Contoh : kita mengunakan fasilitas yang ada untuk kemajuan bisnis kita.
8.     Laba adalah raja
Orang yang pelit takut mengeluarkan biaya, karena menurut dia keluarin uang banyak dapat membuat kebangkrutan padahal mah tidak karena menjalankan bisnis itu harus mengambil resiko.





Antonius Septianus
170103110043

Tidak ada komentar:

Posting Komentar