KEWIRAUSAHAAN
Terbagi antara
“Enterpreship” dan “Interpreneur”
·
Enterpreship terdiri atas
1)
Mindset : Pola Pikir
2)
Method : Pola Tindakan
Seperti orang-orang
“kreaktif”’(yang dibutuhkan perusahaan) atau yang bernilai (value).
Kreaktivitas Bisnis
lahir dari :
1.
Masuk kedunia kita
Setiap
orang memiliki passionnya masing-masing, maka dari itu kita jangan takut untuk
keluar dari apa yang sesungguhnya bukan passion kita. Karena bekerja atau melakukan
sesuatu dengan yang kita cintai akan lebih ringan bebannya.
2.
Rekam dan Remix
Tidak
selalu harus menciptakan suatu yang baru sama sekali belum ada tetapi dapat
juga hal yang baru itu dan hal yang lama dikembangkan menjadi hal yang baru dan
bernilai.
3.
Introvert itu cool
tidak
selamanya orang introvert/pendiam itu tidak bias menciptakan hal yang bernilai
buktinya dengan diamnya, bias menghasilkan karya yang bagus dan bernilai.
Berbicara
kewirausahaan, terdapat mitos yang harus dipatahkan :
1.
Hoki itu kebutulan
Siapa
bilang hoki itu kebetulan ? Ternyata
tidak. Jusrru hokilah membawa keberuntungan mendapat keuntungan bagi pengusaha.
Contohnya : Perubahan nama grup band Peterpan menjadi Noah masih disukai
lagu-lagunya meskipun beberapa personil diganti masih tetap dikenang
lagu-lagunya selama ini bahkan melakukan konser keliling asia saat nazriel
irham keluar dari penjara
2.
Terobosan adalah pemborosan
Tidak
semua terobosan itu mahal loh. Terobosan adalah kesuksesan bahkan memerlukan
pengeluaran yang sangat besar menjadi terobosan. Contohnya : Indomaret yang
dipatiukur dia berani bangun kayak
tempat makan (food court) diatasnya bayangkan pengeluaran yang banyak membangun
tempat makan seperti itu.
3.
Terobosan bukan keharusan
Justru
perlu banget ! karena banyak pesaing
bisnis yang sedang melakukan terobosan untuk menarik pasar lebih luas. Contoh :
KFC tempat makan itu melakukan terobosan yaitu berjualan kaset original bahkan
beli paket banyak dapat kaset gratis dan bebas memilih.
4.
Diferensiasi sukar untuk dikreasi
Justru
sangat mudah dilakukan ! karena
perbedaan dari nama produk atau menambahkan sesuatu hal di produk kita. Contoh
: pulpen standart dengan pulpen pilot sama-sama sering dipakai semua orang
tetapi perbedaannya pulpen standart tintanya biasa sedangkan pilot agak tebal.
5.
Kegigihan adalah segalanya
Supaya
mendapatkan segalanya tidak perlu gigih. Contoh : tukang gorengan dulu sering
keliling-keling sekarang tukang gorengan khusus diam di tempat yang strategis
dapat pelanggan yang banyak.
6.
Perlu metode untuk menghasikan ide
Tidak
perlu seperti itu, ide-ide yang baru terpikirkan bias menjadikan hal yang
bernilai, bahkan tidak perlu metode yang di rancang.
7.
Segala sesuatu serba terbatas
Tidak
ada segalanya serba terbatas, semuanya meluas tanpa ada keterbatasan. Contoh : kita
mengunakan fasilitas yang ada untuk kemajuan bisnis kita.
8.
Laba adalah raja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar